Simak 8 Kesalahan Umum IELTS Reading Berikut Ini!

Mendapatkan skor IELTS yang tinggi sebagai persyaratan masuk universitas atau menembus beasiswa luar negeri bukan hal yang mustahil namun beberapa kesalahan kecil yang dilakukan peserta tes saat mengerjakan IELTS, termasuk IELTS Reading, membuat nilai IELTS menjadi turun dan tidak sesuai harapan. 

Apa saja kesalahan umum IELTS Reading yang sering dilakukan peserta tes? Simak ulasan singkatnya berikut ini. 

Kesalahan umum IELTS reading

Berikut adalah beberapa kesalahan umum IELTS Reading yang biasa dilakukan.

1. Tidak membaca instruksi dengan benar

Salah satu kesalahan umum IELTS Reading adalah tidak membaca instruksi dengan hati-hati. IELTS memiliki beberapa jenis pertanyaan yang berbeda, jadi kamu harus memperhatikan dengan baik jawaban apa yang dibutuhkan dari sebuah pertanyaan. Jangan sampai instruksi tes meminta kamu mencari 2 (dua) jawaban dari sebuah bacaan, tapi kamu hanya mencari 1 (satu) saja.

2. Menuliskan jawaban di buku soal

Salah satu kesalahan umum IELTS Reading lainnya yang terdengar sepele namun sering terjadi adalah salah menuliskan jawaban di buku soal, bukan di kertas jawaban. Karena waktu mengerjakan tes IELTS terbatas, kamu tidak akan punya waktu cukup untuk memindahkan jawaban dari buku soal ke kertas jawaban, sedangkan penguji hanya akan menilai kertas jawaban saja. Jadi jangan sampai salah ya!

 

Baca juga: Apa Bedanya Gerund dan Infinitive dalam Bahasa Inggris?

 

3. Membaca paragraf secara utuh

Karena waktu yang terbatas, kamu tidak disarankan untuk menggunakan teknik membaca konvensional dimana kamu membaca seluruh paragraf yang ada sebelum menjawab. Kamu bisa menggunakan teknik membaca cepat (scan dan skim) untuk menemukan inti paragraf dan memberikan jawaban dengan cepat.

4. Terpaku pada bagian yang sulit

Saat membaca, seringkali kita merasa terpaku pada satu kata atau kalimat yang terlalu sulit. Untuk mengurangi kesalahan ini, kamu bisa mulai mencoba memahami makna keseluruhan dari satu bacaan berdasarkan kata-kata kunci yang bisa kamu temukan dan pahami, tanpa terlalu lama terpaku pada kata atau kalimat yang tidak kamu pahami artinya.

5. Mengabaikan negation dan transition words

Saat membaca, sering kali kita terburu-buru ingin menyelesaikan satu paragraf namun mengabaikan negation dan transition words, seperti not, except, however dan though yang bisa merubah makna suatu paragraf. Kesalahan kecil seperti ini bisa membuat nilai IELTS Reading kamu turun, sehingga jangan lupa untuk memperhatikan negation dan transition words dalam paragraf.

 

Baca juga: Panduan Lengkap Belajar IELTS Online dengan Mudah

 

Rekomendasi Bimbingan IELTS Terpercaya

Ingin dapat skor tinggi saat tes IELTS? Yuk, gabung IELTS Academy by Schoters sekarang juga!

Butuh bimbingan untuk persiapan kuliah di luar negeri? Cek program-program terbaik di Schoters sekarang, yuk!

kesalahan umum ielts reading