Simak! 6 Kesalahan Umum IELTS Speaking Yang Sering Dilakukan

Untuk melanjutkan studi atau mencari beasiswa di luar negeri, salah satu persyaratan utama yang biasanya diminta adalah skor IELTS yang baik dan sesuai persyaratan. Salah satu komponen bahasa yang diujikan dalam IELTS adalah speaking atau kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Untuk membantu kamu mendapatkan nilai IELTS Speaking yang tinggi, ada beberapa kesalahan umum IELTS Speaking yang bisa kamu hindari. 

Apa saja kesalahan umum IELTS Speaking tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini.  

 

Gambaran umum tentang IELTS

International English Language Testing System (IELTS) adalah salah satu tes bahasa Inggris terstandarisasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan mendengar, menulis, membaca dan berbicara dalam bahasa Inggris. Skor IELTS kemudian dapat digunakan untuk keperluan migrasi, bekerja atau studi di luar negeri.

IELTS Speaking, yang merupakan bagian terakhir dari tes IELTS, digunakan untuk mengukur kemampuan berkomunikasi verbal menggunakan bahasa Inggris terutama dari segi kosa kata, kelancaran berbicara dan pengucapan. Saat IELTS Speaking berlangsung, kamu akan melewati proses wawancara singkat selama kurang lebih 11-14 menit bersama penguji bersertifikat untuk berdiskusi dalam bahasa Inggris tentang berbagai macam topik. Tentu saja, berbicara dengan orang asing menggunakan bahasa Inggris adalah sesuatu yang cukup menegangkan. Tidak heran kalau kemudian banyak orang melakukan kesalahan saat IELTS Speaking, yang lalu membuat total nilai IELTS menjadi tidak optimal. Apa saja kesalahan umum IELTS Speaking tersebut?  

Kesalahan umum IELTS speaking yang sering dilakukan

1. Menghafalkan jawaban

Salah satu hal yang dinilai oleh penguji pada saat IELTS Speaking adalah kemampuan untuk memberikan respon cepat dan melakukan percakapan secara alami berdasarkan pertanyaan yang diberikan saat wawancara. Sayangnya, salah satu kesalahan umum IELTS Speaking yang cukup sering dilakukan adalah menghafalkan jawaban untuk diberikan saat wawancara.  Meskipun menghafal adalah salah satu metode yang efektif untuk tes tertulis, memberikan jawaban yang sudah dihafalkan sebelumnya akan membuat jawaban kamu terkesan tidak natural. Cobalah untuk menjawab setiap pertanyaan dengan apa yang terlintas di kepala pada saat itu.  

2. Tidak percaya diri

Kesalahan umum IELTS Speaking lainnya adalah menunjukkan sikap tidak percaya diri saat berbicara dengan penguji tes. Meskipun merasa tegang, pastikan kamu berbicara dengan volume suara yang cukup, gestur tubuh yang santai namun tetap sopan dan terus menjaga kontak mata dengan penguji tes. Untuk membantu kamu mengurangi rasa tegang, anggap saja tes IELTS Speaking ini sebagai interaksi biasa antara kamu dan teman di kampus atau di kantor.  

3. Memberi jawaban tidak sesuai topik

Saat berbicara, bukan tidak mungkin kalau kamu berbicara terlalu panjang dan melenceng dari topik yang sedang dibicarakan. Sayangnya, berbicara panjang lebar namun tidak relevan tidak akan menambah nilai IELTS Speaking kamu nantinya. Sebaliknya, apabila jawaban yang kamu berikan tidak sesuai, nilai kamu bisa dikurangi karena tidak koheren. 

Untuk menghindar dari kesalahan umum IELTS Speaking yang satu ini, pastikan kalau kamu sudah memahami pertanyaan dengan baik sebelum menjawab. Kalau kamu bingung, kamu juga bisa meminta penguji untuk mengulangi pertanyaannya sekali lagi. 

 

Baca juga: Cara Mudah Daftar IELTS Online, Anti-Ribet!

 

4. Mengulangi kata yang sama terus-menerus

Untuk mendapatkan nilai IELTS Speaking yang optimal, hindari menggunakan kata atau frasa yang sama terus menerus karena hal ini menunjukkan kalau kosakata yang kamu miliki saat ini masih terbatas. Sebelum mengambil tes IELTS, ada baiknya kamu banyak berlatih terlebih dahulu sehingga perbendaharaan kosakata yang kamu miliki bisa lebih banyak sehingga pilihan kata yang kamu pakai pun lebih bervariasi. 

 

Mau raih skor IELTS maksimal? Schoters jamin kamu bisa capai skor IELTS hingga 7.0. Ikuti kelas persiapan IELTS di Schoters dengan tutor expert lulusan kampus top dunia.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan IELTS” di bawah ini dan bisa tanya apapun sebelum bimbingan 👇

Konsultasi Kelas Persiapan IELTS

 

 

5. Menjawab terlalu singkat

Selain berbicara terlalu banyak namun tidak relevan, berbicara terlalu sedikit juga merupakan kesalahan umum IELTS Speaking yang sering dilakukan. Karena gugup, seringkali kita hanya menjawab pertanyaan dengan jawaban sederhana seperti Yes atau No. Jawaban sederhana seperti ini tentu saja membuat kamu tidak bisa menunjukkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris dengan lebih baik.

6. Pengucapan yang salah

Kesalahan umum IELTS Speaking yang juga sebaiknya dihindari adalah memberi jawaban dengan pengucapan (pronounciation) yang salah atau kurang tepat. Kesalahan pengucapan dapat mempengaruhi nilai IELTS Speaking hingga 25%. Untuk membantu kamu pada saat tes, jangan lupa untuk banyak mencari tahu dan berlatih mengucapkan kata dan kalimat dalam bahasa Inggris dengan pengucapan yang tepat. 

 

Baca juga: Rekomendasi Buku IELTS Terbaik untuk Persiapan Tes

 

Rekomendasi Bimbingan Belajar dan Persiapan Tes IELTS

Ingin dapat skor tinggi saat tes IELTS? Yuk, gabung IELTS Academy by Schoters sekarang juga!

Butuh bimbingan untuk persiapan kuliah di luar negeri? Cek program-program terbaik di Schoters sekarang, yuk!

kesalahan umum ielts speaking