Bedah Kampus King Saud University: Ranking, Jurusan & Beasiswa

King Saud University (KSU) adalah universitas terbesar dan tertua di Arab Saudi yang terletak di Riyadh. Didirikan pada tahun 1957, universitas ini telah menjadi pusat pendidikan yang terkenal di negara tersebut. KSU menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, ilmu alam, ilmu kesehatan, dan ilmu humaniora.

 

Informasi Tentang King Saud University

Selain menawarkan pendidikan tinggi, KSU juga aktif dalam penelitian dan pengembangan. Universitas ini memiliki pusat riset yang bertujuan untuk mendorong inovasi dan penemuan di berbagai bidang ilmu. KSU juga berkomitmen untuk menjalin kemitraan dengan lembaga-lembaga internasional dan mengadakan konferensi dan seminar ilmiah secara rutin.

Sebagai salah satu universitas terkemuka di Arab Saudi, King Saud University menarik mahasiswa dari dalam dan luar negara. Universitas ini menawarkan berbagai kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan mereka dan terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler. KSU juga menyediakan fasilitas dan layanan yang lengkap, termasuk perpustakaan, laboratorium, pusat olahraga, dan fasilitas perumahan.

Dengan reputasi yang kuat dan sumber daya yang lengkap, King Saud University masuk ke dalam top 200-300 pergurua tinggi terbaik menurut QS World University Rankings 2023 dan terus berupaya untuk meningkatkan standar pendidikan dan berkontribusi pada perkembangan masyarakat dan negara Arab Saudi secara keseluruhan. Universitas ini berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan mendorong inovasi dan penelitian yang berdampak positif bagi masyarakat global.

 

Jenjang Pendidikan King Saud University

King Saud University (KSU) atau Universitas Raja Saud adalah salah satu universitas terkemuka di Arab Saudi dan terletak di ibu kota Riyadh. Berikut adalah beberapa jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh King Saud University dalam bahasa Indonesia:

1. Sarjana (S1): King Saud University menawarkan program sarjana dalam berbagai bidang studi seperti ilmu sosial, ilmu alam, teknik, kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, hukum, ilmu komputer, dan banyak lagi. Program sarjana di King Saud University umumnya memiliki durasi sekitar 4 tahun.

2. Magister (S2): King Saud University juga menawarkan program magister di berbagai bidang studi. Program magister biasanya memiliki durasi sekitar 2 tahun dan menekankan pada penelitian dan pengembangan dalam bidang studi yang dipilih.

3. Doktor (S3): King Saud University menyediakan program doktor (S3) di berbagai disiplin ilmu. Program doktor bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam melakukan penelitian tingkat lanjut dan memberikan kontribusi orisinal dalam bidang studi yang dipilih. Durasi program doktor biasanya berkisar antara 3 hingga 5 tahun.

Dalam setiap jenjang pendidikan tersebut, King Saud University memiliki fakultas-fakultas yang berbeda, tergantung pada bidang studi yang diminati. Misalnya, terdapat Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan sebagainya.

 

Syarat Pendaftaran King Saud University

Syarat pendaftaran di King Saud University meliputi beberapa hal. Pertama, calon mahasiswa harus memiliki ijazah sekolah menengah atas yang diakui secara resmi. Selain itu, mereka harus lulus ujian masuk universitas yang mencakup tes kemampuan bahasa Inggris dan mata pelajaran terkait. Selanjutnya, calon mahasiswa juga perlu mengirimkan salinan identitas resmi, seperti paspor atau kartu identitas nasional. Seluruh dokumen yang dibutuhkan harus lengkap dan diverifikasi. Selain itu, perlu dicatat bahwa setiap program studi di universitas ini mungkin memiliki persyaratan tambahan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa.

 

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

 

Beasiswa Kuliah di King Saud University

King Saud University (KSU) merupakan salah satu universitas terkemuka di Arab Saudi. Universitas ini menyediakan beberapa jenis beasiswa untuk pelajar internasional yang ingin mengejar studi di KSU. Berikut adalah beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan oleh King Saud University:

1. Beasiswa raja salman untuk pelajar internasional

Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar internasional yang ingin mengejar gelar sarjana, magister, atau doktor di King Saud University. Beasiswa ini mencakup manfaat seperti biaya pendaftaran, biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat pulang-pergi.

2. Beasiswa pelajar internasional KSU merit

Beasiswa ini diberikan kepada pelajar internasional yang memiliki prestasi akademik yang sangat baik. Beasiswa ini mencakup manfaat seperti biaya pendaftaran, biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat pulang-pergi.

3. Beasiswa kerjasama bilateral

KSU menjalin kerjasama bilateral dengan beberapa negara untuk memberikan beasiswa kepada pelajar internasional dari negara-negara mitra tersebut. Beasiswa ini mencakup manfaat seperti biaya pendaftaran, biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat pulang-pergi.

4. Beasiswa doktoral luar biasa

Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar internasional yang ingin mengejar program doktor di King Saud University. Beasiswa ini mencakup manfaat seperti biaya pendaftaran, biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat pulang-pergi.

5. Beasiswa riset dan studi lanjutan

Beasiswa ini diberikan kepada pelajar internasional yang ingin melakukan penelitian atau studi lanjutan di King Saud University. Beasiswa ini mencakup manfaat seperti biaya pendaftaran, biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat pulang-pergi.

Nilai beasiswa, persyaratan, dan proses seleksi dapat berbeda-beda tergantung pada jenis beasiswa dan program yang dipilih. Penting untuk mengunjungi situs resmi King Saud University atau menghubungi kantor penerimaan mahasiswa internasional mereka untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai beasiswa yang tersedia dan persyaratan yang berlaku.

 

Baca Juga: Rekomendasi Beasiswa Lainnya untuk Kuliah di Arab

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos King Saud University

Ingin lolos ke King Saud University? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

King Saud University