Mengenal Macam-macam Kontrak Kerja di Korea Selatan

Bagi Hunters yang berminat kerja di Korea Selatan, kamu wajib memahami persyaratan, sistem kerja, cara kerja, dan kontrak kerja di Korea supaya hak dan kewajibanmu dilindungi sebagai pekerja asing.

Lantas, bagaimana aturan yang ada di kontrak kerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Korea Selatan? Simak ulasannya di bawah ini! 

Info Lengkap Kontrak Kerja di Korea

Salah satu keputusan terpenting bagi kamu yang saat ini akan melamar pekerjaan di Korea Selatan wajib mengetahui kontrak kerja di Korea. Kontrak kerja sangat penting karena menentukan hak, tanggung jawab dan kewajiban tidak hanya pekerja tetapi juga pemberi kerja. 

Umumnya, kontrak kerja di Korea sangat bervariasi menurut jenis pekerjaan dan jenis karyawan yang bekerja. Empat dari kontrak kerja yang umum digunakan di Korea Selatan adalah kontrak kerja penuh waktu, paruh waktu, jangka waktu tetap, dan independen. Untuk membantu kamu memahami kontrak kerja di Korea, mari kita lihat lebih dekat berbagai jenis kontrak kerja di bawah ini!

 

Baca Juga: Kerja di Korea Lewat Program G to G

 

1. Kontrak kerja penuh waktu

Kontrak kerja di Korea pertama yang perlu Hunters ketahui adalah kontrak penuh waktu. Sebagian pemberi kerja menyebutkan bahwa waktu kerja yang ada di kontrak kerja penuh waktu berkisar  35 jam atau lebih per minggu. 

Kontrak kerja ini pada dasarnya menawarkan posisi pekerjaan yang bersifat tetap dengan besaran gaji yang disepakati, baik upah bulanan, mingguan, atau per jam. 

Selain itu, sebagian besar negara di Asia, termasuk Korea Selatan memberikan perlindungan hukum kepada pekerja yang memiliki kontrak kerja penuh waktu. Ditambah, dengan perlindungan undang-undang ketenagakerjaan, akan lebih sulit bagi pemberi kerja untuk memecat karyawan tanpa alasan yang jelas.

2. Kontrak paruh waktu

Kontrak kerja di Korea selanjutnya yang perlu Hunters ketahui adalah kontrak kerja paruh waktu. Pada umumnya, pekerja dengan kontrak paruh waktu di Korea bekerja lebih sedikit dibandingkan pekerja kontrak penuh waktu. 

Di sebagian besar perusahaan, mereka menikmati perlindungan dan tunjangan yang hampir sama dengan karyawan kontrak penuh waktu. Namun, mereka biasanya dibayar lebih rendah dan jumlah jam kerja mereka juga lebih sedikit dibanding dengan jam kerja pekerja kontrak penuh waktu.

Namun, karena mendapatkan gaji yang lebih rendah, kontrak kerja di Korea ini berisiko menimbulkan rasa loyalitas atau komitmen kerja yang lebih lemah dibandingkan dengan karyawan kontrak penuh waktu.

3. Kontrak jangka tetap

Kontrak kerja di Korea selanjutnya adalah kontrak kerja jangka tetap. Kontrak ini hanya digunakan untuk jangka waktu tertentu. Misalnya, untuk proyek tertentu atau berfungsi sebagai pengganti pegawai tetap lain yang sedang cuti sakit panjang.  

Salah satu manfaat kontrak jangka tetap ini adalah para pekerja dapat memiliki stabilitas yang lebih baik karena memiliki jangka waktu yang jelas mengenai berapa lama kamu bekerja. Selain itu, sebagai karyawan, para pekerja juga bisa membangun rencana karier yang lebih baik dan mempersiapkan diri untuk promosi atau bahkan perpindahan kerja ke posisi lain atau perusahaan lain.

Kontrak jangka waktu tertentu memberikan kompensasi yang jelas sehingga karyawan dapat memahami hak dan kewajiban mereka dengan lebih baik. Jika kontrak berakhir, karyawan berhak mendapatkan uang kompensasi yang diberikan berdasarkan masa kerja sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk masa depan. 

4. Kontrak kerja independen

Kontrak kerja di Korea ini terkadang dikenal dengan pekerja lepas. Mereka umumnya dipandang sebagai wiraswasta yang mempunyai rasa tanggung jawab terhadap keberlangsungan pekerjaannya sendiri. 

Kontrak kerja independen ini bervariasi menurut jangka waktu dan jenis proyek atau tugas yang diberikan kepada kontraktor dan biasanya dibayar secara bertahap atau pada saat penyerahan pekerjaan.

Syarat Umum Kerja di Korea

Setelah mengetahui berbagai jenis kontrak kerja di Korea di atas, berikut Schoters sajikan beberapa tips agar Hunters bisa bekerja di negara tersebut. Untuk rinciannya, antara lain, sebagai berikut:

1. Kuasai bahasa Korea

Syarat utama yang harus kamu penuhi untuk  bekerja di Negeri Ginseng adalah kemampuan berbahasa Korea. Sebagian besar perusahaan di Korea  mengharapkan karyawannya mampu berbahasa Korea, terutama dalam situasi kerja sehari-hari.

2. Visa kerja

Visa kerja merupakan salah satu syarat untuk bekerja di Korea Selatan. Setiap negara memiliki pedoman berbeda dalam mengeluarkan visa jenis  ini. Untuk  mendapatkan visa kerja, pelamar harus mendapatkan tawaran pekerjaan tertentu dari perusahaan Korea yang  memenuhi persyaratan tertentu.

3. Keterampilan dan pengalaman kerja

Perusahaan Korea mencari pelamar dengan keterampilan dan riwayat kerja yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Calon pekerja dapat membuat portofolio dan resume yang menarik untuk mampu bersaing dengan  calon pekerja lainnya untuk masuk ke Korea.

4. Sertifikasi dan pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang diperhatikan oleh perusahaan Korea. Beberapa jenis pekerjaan memerlukan kualifikasi pendidikan tertentu atau bukti keterampilan khusus yang berguna dalam bidang pekerjaan. Jika pemburu memiliki sertifikat kelayakan, ini akan membuat mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan pekerjaan.

 

Baca Juga: Ketahui Cara Kerja di Korea Berikut Ini

 

5. Kesesuaian dengan budaya kerja Korea Selatan

Penting juga bagi para hunters untuk memahami budaya kerja Korea Selatan agar mereka berhasil beradaptasi ketika bekerja di Korea Selatan. Tentu saja, perusahaan mencari pelamar yang sesuai dengan budaya mereka untuk memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan.

Nah, itu dia, Hunters, beberapa jenis kontrak kerja di Korea Selatan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Korea

Ingin kerja di Korea? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Korea semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.