20 Kosakata Bahasa Jerman untuk Pekerja Asing

Jika Hunters ingin bekerja di Jerman, kamu tentu harus mempelajari kosakata bahasa Jerman untuk pekerja asing. Sebab, saat Hunters bekerja di Jerman, bahasa sehari-hari yang akan kamu gunakan adalah bahasa Jerman.

Lantas, apa saja kosakata bahasa Jerman untuk pekerja asing yang perlu Hunters kuasai? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya pada artikel Schoters di bawah ini!

20 Kosakata Bahasa Jerman untuk Pekerja Asing

1. Die Bewerbung 

Kosakata bahasa Jerman untuk pekerja asing pertama yang perlu Hunters ketahui adalah die bewerbung. Dalam bahasa Indonesia, kosakata ini bermakna lamaran kerja. Lamaran kerja di sini merujuk pada lamaran pekerjaan dari seorang pekerja kepada perusahaan.

2. Die Bewerbungsunterlagen

Kosakata bahasa Jerman untuk pekerja asing selanjutnya yang perlu Hunters ketahui adalah die bewerbungsunterlagen. Dalam bahasa Indonesia, kosakata ini bermakna dokumen lamaran kerja. Dokumen lamaran kerja ini merujuk pada sejumlah dokumen persyaratan yang harus dipenuhi pelamar saat mereka melamar pekerjaan. 

3. Die Arbeitgeber

Dalam bahasa Indonesia, die arbeitgeber berarti pemberi kerja. Pemberi kerja di sini merujuk pada seorang dari pihak perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Biasanya, tugas ini dijalankan oleh seorang HRD.

4. Die Arbeitnehmer

Dalam bahasa Indonesia, die arbeitnehmer bermakna pekerja. Pekerja di sini merujuk pada seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan. Biasanya, karyawan juga disebut dengan staf. Ini juga menjadi kosakata bahasa Jerman untuk pekerja asing yang perlu Hunters ketahui. 

5. Die Arbeitnehmervertretung

Kosakata bahasa Jerman selanjutnya yang perlu Hunters ketahui adalah die arbeitnehmervertretung. Dalam bahasa Indonesia, kosakata ini bermakna perwakilan kerja. Perwakilan kerja di sini merujuk pada seorang yang mewakilkan sebuah perusahaan dalam suatu urusan tertentu.

6. Die Arbeitserlaubnis 

Dalam bahasa Indonesia, die arbeitserlaubnis bermakna izin kerja. Izin kerja di sini merujuk pada surat izin kerja yang diberikan oleh perusahaan ataupun oleh pihak keluarga.

7. Die Arbeitsgenehmigung

Dalam bahasa Indonesia, die arbeitsgenehmigung bermakna lisensi kerja. Lisensi kerja di sini merujuk pada sertifikat kualifikasi kerja di bidang tertentu.

8. Die Arbeitslosenversicherung

Kosakata bahasa Jerman untuk pekerja asing selanjutnya yang perlu Hunters ketahui adalah die arbeitslosenversicherung. Dalam bahasa Indonesia, kosakata ini bermakna asuransi kehilangan pekerjaan. Asuransi kehilangan pekerjaan ini merujuk pada asuransi yang diberikan kepada seseorang yang kehilangan pekerjaan karena sebab-sebab tertentu. 

9. Die Arbeitsverträge

Dalam bahasa Indonesia, die arbeitsverträge berarti kontrak kerja. Kontrak kerja di sini merujuk pada perjanjian kerja yang dilakukan antara perusahaan dengan karyawannya. Biasanya, kontrak kerja ini berisi durasi kontrak, jabatan atau posisi pekerjaan, dan gaji karyawan.

10. Die Ausweise

Dalam bahasa Indonesia, die ausweis bermakna kartu identitas. Kartu identitas di sini merujuk pada kartu tanda pengenal yang harus dimiliki oleh setiap karyawan yang bekerja di perusahaan tertentu.

 

Baca Juga: Kosakata Bahasa Jepang untuk Pekerja Asing

 

11. Die Arbeitsunfähigkeit

Dalam bahasa Indonesia, die arbeitsunfähigkeit bermakna ketidakmampuan untuk bekerja. Ketidakmampuan bekerja di sini bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti sakit, kecelakaan, dan lain sebagainya.

12. Die Arbeitsagentur

Kosakata bahasa Jerman untuk pekerja asing selanjutnya yang perlu Hunters ketahui adalah die arbeitsagentur. Die arbeitsagentur bermakna agen tenaga kerja. Agen tenaga kerja di sini merujuk pada sebuah lembaga yang menyediakan jasa penyalur tenaga kerja.

13. Die Aufenthaltstitel 

Dalam bahasa Indonesia, die aufenthaltstitel bermakna izin tinggal. Izin tinggal harus dimiliki oleh para pekerja asing di Jerman jika mereka ingin menetap di sana.

14. Der Aufenthaltsstatus

Dalam bahasa Indonesia, der aufenthaltsstatus bermakna status izin tinggal. Status izin tinggal di Jerman ada dua macam, yakni izin tinggal sementara (temporary resident permit) dan izin tinggal permanen (permanent resident permit).  

15. Brutto

Dalam bahasa Indonesia, brutto berarti gaji kotor. Gaji kotor ini merujuk pada gaji yang belum ditambah dengan tunjangan-tunjangan apa pun.

16. Das Berufsinformationszentrum

Dalam bahasa Indonesia, das beruf informationszentrum bermakna pusat informasi pekerjaan. Pusat informasi pekerjaan di sini merujuk layanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan mengenai informasi pekerjaan.     

17. Die Abteilungsleiter

Dalam bahasa Indonesia, die abteilungsleiter bermakna kepala bagian. Kepala bagian di sini merujuk kepada seorang pemimpin di divisi tertentu yang ada di sebuah perusahaan.

18. Buro 

Kosakata bahasa Jerman untuk pekerja asing selanjutnya yang perlu Hunters ketahui adalah buro. Kosakata ini bermakna kantor atau sebuah bangunan yang digunakan untuk bekerja oleh para karyawan.

19. Dokumentieren

Dalam bahasa Indonesia, dokumentieren bermakna dokumen. Dokumen di sini merujuk pada berbagai jenis dokumen-dokumen penting yang dimiliki oleh perusahaan.

20. Hauptsitz

Kosakata bahasa Jerman untuk pekerja asing terakhir yang perlu Hunters ketahui adalah hauptsitz. Kosakata ini bermakna kepala kantor. Kepala kantor di sini merujuk pada pemimpin kantor, baik kantor pusat maupun kantor cabang dari sebuah perusahaan. 

Nah, itu dia, Hunters, 20 kosakata untuk pekerja asing yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa dicatat, ya! Biar kamu nggak kelupaan.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jerman

Ingin kerja di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.