15 Kosakata Bahasa Korea untuk Pekerja Asing, Apa Saja?

Jika Hunters ingin kerja di Korea, tentunya, kamu perlu mempelajari kosakata bahasa Korea untuk pekerja asing. Ini diperlukan karena saat Hunters bekerja di Korea, bahasa pengantar yang akan kamu gunakan sehari-hari adalah bahasa Korea.

Ada beberapa kosakata bahasa Korea untuk pekerja asing yang wajib Hunters ketahui jika kamu ingin kerja di Korea. Lantas, apa saja itu? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya pada artikel Schoters di bawah ini!  

15 Kosakata Bahasa Korea untuk Pekerja Asing

1. Gyeong-iyeong

Kosakata bahasa Korea untuk pekerja asing pertama yang perlu Hunters ketahui adalah Gyeong-iyeong. Gyeong-iyeong sendiri berarti pengalaman kerja. Kosakata ini biasanya muncul di CV yang Hunters akan atau sedang gunakan untuk melamar pekerjaan.

2. Chwieop-jiwon

Kosakata bahasa Korea untuk pekerja asing selanjutnya yang perlu Hunters ketahui adalah Chwieop-jiwon. Chwieop-jiwon sendiri berarti melamar pekerjaan. Kosakata ini biasanya digunakan ketika Hunters sedang melamar pekerjaan.

3. Ilyeogseo

Dalam bahasa Indonesia, Ilyeogseo bermakna CV. CV sendiri merupakan data riwayat hidup dan pengalaman kerja yang umumnya digunakan untuk melamar pekerjaan.

4. Mojibja

Dalam bahasa Indonesia, Mojibja bermakna perekrut. Maksudnya adalah seorang yang bertugas untuk membuka lowongan pekerjaan dan merekrut pelamar-pelamar untuk sebuah perusahaan. Di sebuah perusahaan, biasanya, peran ini dijalankan oleh seorang HRD.

5. Seolyusimsa

Dalam bahasa Indonesia, Seolyusimsa bermakna seleksi dokumen. Seleksi dokumen ini merujuk pada salah satu tahap yang Hunters akan lakukan jika kamu melamar pekerjaan.

 

Baca Juga: Belajar Bahasa Korea Otodidak

 

6. Myen-jeob

Kosakata bahasa Korea untuk pekerja asing selanjutnya yang perlu Hunters ketahui adalah Myen-jeob. Dalam bahasa Indonesia, kosakata ini bermakna wawancara kerja. Wawancara kerja sendiri merupakan salah satu tahap yang akan Hunters lakukan saat kamu melamar pekerjaan.

7. Gye-yag-jig

Dalam bahasa Indonesia, Gye-yag-jig bermakna karyawan kontrak. Ini juga menjadi salah satu kosakata bahasa Korea untuk pekerja asing yang wajib Hunters ketahui. Karyawan kontrak di sini merujuk pada karyawan yang belum mendapatkan kontrak penuh dari perusahaan tempat ia bekerja. 

8. Jeong-gyu-jig

Dalam bahasa Indonesia, Jeong-gyu-jig bermakna karyawan penuh. Karyawan penuh yang dimaksud di sini adalah seorang karyawan tetap yang telah bekerja secara penuh waktu (full time).

9. Sin-ib

Dalam bahasa Indonesia, Sin-ib berarti karyawan baru. Karyawan baru di sini merujuk pada seorang karyawan yang baru diterima kerja di perusahaan tertentu. Dalam bahasa Korea, Sin-ib termasuk ke dalam kata benda (Myeongsa).

10. Irada

Kosakata bahasa Korea untuk pekerja asing selanjutnya yang perlu Hunters ketahui adalah Irada. Dalam bahasa Indonesia, Irada bermakna bekerja. Dalam bahasa Korea, Irada termasuk kata kerja (Dongsa) yang menunjukkan seseorang sedang melakukan aktivitas.  

11. Si-geub

Dalam bahasa Indonesia, Si-geub berarti upah per jam. Upah per jam di sini merujuk pada jumlah upah kerja yang diberikan oleh sebuah perusahaan setiap jamnya.

 

Baca Juga: Info Kursus Bahasa Korea

 

12. Wol-geub

Wol-geub bermakna upah per bulan. Upah per bulan di sini merujuk pada jumlah upah kerja yang diberikan oleh sebuah perusahaan setiap bulannya.

13. Yeon-bong

Yeon bong bermakna upah per tahun. Upah per tahun di sini merujuk pada akumulasi jumlah upah kerja per bulan yang telah didapatkan oleh seorang karyawan.

14. Swineun Nal

Kosakata bahasa Korea selanjutnya yang perlu Hunters ketahui adalah Swineun Nal. Dalam bahasa Indonesia, kosakata tersebut bermakna hari libur. Hari libur di sini merujuk pada hari libur saat akhir pekan (Sabtu dan Minggu) maupun hari libur nasional karena ada peristiwa-peristiwa tertentu. 

15. Jigjang

Dalam bahasa Indonesia, Jigjang berarti tempat kerja. Tempat kerja ini tidak melulu merujuk pada gedung perkantoran, tetapi juga merujuk pada makna yang lebih luas. Maksudnya, tempat kerja di sini merujuk pada sebuah tempat di mana seorang karyawan melakukan pekerjaannya sehari-hari.

Nah, itu dia, Hunters, 15 kota kata bahasa Korea yang perlu kamu ketahui kalau kamu ingin bekerja di Korea. Namun perlu diingat, 15 kosakata di atas belum seluruhnya. Dengan kata lain, masih banyak kosakata bahasa Korea untuk pekerja asing lainnya yang mungkin bisa Hunters dapatkan ketika kamu sudah bekerja di Korea.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Korea

Ingin kerja di Korea? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.