Kota Pelajar di Australia yang Cocok untuk Pelajar Internasional!

Siapa yang punya mimpi ingin kuliah di Australia? Banyak pelajar Internasional yang ingin menempuh pendidikan di negara kangguru ini karena cukup banyak universitas ternama di Australia dengan kualitas pendidikan yang unggul, kota yang indah, dan masih banyak lagi. Artikel ini akan membahas seputar alasan harus kuliah di Australia hingga rekomendasi kota pelajar di Australia. Simak selengkapnya! 

 

Alasan harus kuliah di Australia

1. Universitas kelas dunia

Australia adalah salah satu negara dengan kualitas pendidikan unggul di dunia yang menjadikan banyak pelajar internasional memilih Australia sebagai negara tujuan untuk melanjutkan studi. Ada 20 universitas di Australia yang menempati peringkat 400 terbaik dunia versi QS World University Ranking 2018.

2. Kehidupan kota yang indah

Australia memiliki beragam keindahan di setiap sudut kotanya. Jika Hunters adalah seorang yang menyukai pantai, Hunters dapat berkunjung ke pantai Sydney, atau pergi snorkeling di Great Barrier Reef yang indah, dan mengunjungi butik belanja unik di kota Melbourne.

3. Kesempatan kerja setelah lulus kuliah

Mahasiswa yang kuliah di Australia diperbolehkan untuk kuliah sambil bekerja selama 40 jam setiap dua minggunya.  Kebijakan ini membuat mahasiswa lulusan Australia memiliki keahlian dan pengalaman kerja di luar negeri yang lebih baik dibandingkan mahasiswa dari negara lain. Bahkan mahasiswa yang sudah lulus, mahasiswa diperbolehkan memiliki Temporary Graduate Visa (subclass 485) untuk bekerja secara temporer di Australia.

4. Memiliki kota paling layak huni di dunia

Menurut laporan The Economist Intelligence Unit’s 2023, 2 kota di Australia masuk ke dalam peringkat 10 kota paling layak huni di dunia. 2 kota Australia tersebut adalah Melbourne yang berada di peringkat 3 dan Sydney di peringkat 4. Penilaian ini dipertimbangkan melalui beberapa faktor, seperti perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, infrastruktur, dan lain-lain.

5. Sektor ekonomi yang kuat

Australia menjadi negara yang perekonomiannya lebih aman jika dibandingkan dengan sejumlah negara maju lainnya. Salah satu indikator tersebut adalah rendahnya tingkat inflasi dan tingkat pengangguran di Australia.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

kota pelajar di australia

 

Baca Juga : Kuliah di Australia dengan Australia Awards Scholarship!

 

Rekomendasi kota pelajar di Australia

1. Sydney

Kota pelajar di Australia terbaik yang pertama adalah kota Sydney. Kota ini adalah rumah bagi 5 universitas yang masuk peringkat kelas internasional. Setiap tahun, sebanyak lebih dari 50.000 pelajar internasional belajar di Sydney dan kota ini menawarkan prospek pekerjaan yang sangat baik.

 

Rekomendasi universitas di Sydney adalah University of Sydney, The University of New South Wales, Macquarie University, dan University of Technology Sydney.

2. Melbourne

Melbourne dikenal sebagai ibu kota budaya Australia. Kota ini juga mencapai skor terbaik untuk indikator Student Mix, dengan pertukaran mahasiswa yang beragam. Selain menjadi salah satu kota pelajar terbaik dan paling nyaman di dunia, Melbourne juga menjadi pusat perkantoran berbagai perusahaan besar dan organisasi nasional seperti Business Council of Australia dan Australian Council of Trade Unions.

 

Rekomendasi universitas di Melbourne adalah University of Melbourne, Monash University, Royal Melbourne Institute of Technology, Swinburne University of Technology, La Trobe University, dan Victoria University.

3. Brisbane

Brisbane termasuk ke dalam daftar kota murah di Australia untuk mahasiswa internasional karena biaya hidup di kota ini lebih rendah dibandingkan dengan banyak kota besar lainnya di Australia. Kota ini juga merupakan tujuan wisata dengan ekonomi terbesar antara Sydney dan Singapura. Seperti halnya dengan banyak kota di Australia, Brisbane menawarkan perpaduan ideal bagi para pelajar internasional yang suka dengan gaya hidup nuansa perkotaan dan senang beraktivitas di luar ruangan.

 

Rekomendasi universitas di Brisbane adalah The University of Queensland, Griffith University, dan Queensland University of Technology (QUT).

4. Canberra

Canberra terkenal dengan museum, universitas, dan pusat penelitian kelas dunia. Kota ini juga menjadi rumah bagi beberapa universitas terbaik dunia. Seperti halnya dengan kota-kota lainnya, Canberra mendapatkan skor sangat baik pada kategori Student Mix, yang menandakan bahwa populasi pelajar internasional di kota ini sangat besar dan beragam. 

 

Rekomendasi universitas di Canberra adalah University of Canberra, Canberra Institute of Technology, dan Australian National University.

5. Adelaide

Adelaide merupakan salah satu kota terbesar di Australia dan menjadi kota pelajar terbaik karena menempati peringkat ke -26 dunia. Kota tempat kuliah Raditya Dika ini menjadi daya tarik siswa internasional karena dekat dengan pantai dan pulau yang indah, memiliki akses mudah dari Adelaide Hills, cocok untuk bersepeda dan mengamati satwa liar.

 

Rekomendasi universitas di Adelaide adalah University of Adelaide, University of South Australia, dan Flinders University.

6. Perth

Kota Australia selanjutnya adalah Perth yang terletak di pantai barat, sejauh 3,200 km dari Sydney dan Melbourne. Perth menawarkan berbagai atraksi budaya, kuliner, tempat rekreasi, dan wisata alam yang menakjubkan. Tidak hanya sistem pendidikannya yang terkenal di dunia, tetapi Perth juga memiliki ekonomi yang berkembang pesat dan tingkat pengangguran yang rendah. 

 

Rekomendasi universitas di Perth adalah University of Western Australia, Edith Cowan University, Murdoch University, dan Curtin University.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kuliah ke Australia

Ingin lolos kuliah ke universitas di Australia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

kota pelajar di australia

Sumber:

The Economist Intelligence Unit’s. https://www.eiu.com/n/