fbpx

Kuliah atau Menikah? Mungkin ini Jawabannya!

Tips & Trik

Adakah Hunters yang baru lulus S1 dan bingung untuk memilih; melanjutkan kuliah S2 atau menikah dulu? Keduanya sama-sama baik, kok! Mau yang manapun pilihannya, Hunters sebaiknya mempelajari dulu konsekuensi dari tiap-tiap pilihan tersebut.

1. Aku Mau Menikah Dulu, Baru Melanjutkan S2

menikah baru s2
menikah baru s2

Pilihan pertama ini bisa berlaku bagi mereka yang sudah memiliki calon pasangan. Lalu, bagaimana dengan mereka yang masih Jomblo? Berhak saja, asalkan mereka mau bersabar dulu untuk mencari jodohnya, hehehe.

Namun tentunya menikah harus mempertimbangkan kesiapan baik dari sisi psikologis, biologis, spiritual, maupun materi. Bagi kamu yang sudah memiliki kemapanan dan kesiapan dalam semua sisi tersebut, mungkin pilihan pertama sesuai untuk kamu.

Keuntungan utama menikah dulu baru S2 adalah pada saat S2, kamu akan lebih tenang secara emosi, karena ada pasangan yang senantiasa mendampingi. Eits, jangan salah loh, seringkali beban S2 jauh lebih berat dibandingkan ketika S1 dulu. Tentunya akan lebih nyaman jika di saat-saat sulit, ada pasangan yang setia di sisi.

Baca Juga: Najwa Shihab Ternyata Penerima Beasiswa? Ini 7 Faktanya

2. Aku Mau S2 Dulu, Baru Kemudian Menikah

Wah, bakal galau dong ketika S2 karena tidak ada yang menemani? Hehe nggak juga lah, ya.

Mereka yang melanjutkan S2 dengan kondisi belum menikah akan memiliki keunggulan utama yaitu fleksibilitas yang lebih tinggi. Tidak perlu khawatir jika pulang sampai jam 12 malam misalnya untuk kuliah atau eksperimen. Uang beasiswa yang bisa jadi cukup terbatas, bisa puas dimanfaatkan sendiri, tanpa “terbebani” biaya untuk menghidupi istri atau anak.

Kamu juga bisa memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan kuliah S2 dan beasiswa. Apalagi sekarang kamu bisa konsultasi ke expert di Schoters agar lebih siap melanjutkan studimu. Tapi, tidak menutup kemungkinan kamu yang sudah menikah juga punya banyak persiapan kuliah di luar negeri, kok! Klik saja di sini agar kamu bisa dibantu mencapai mimpimu kuliah di luar negeri dengan beasiswa!

Kalau kamu memilih S2 terlebih dahulu, jangan-jangan kamu bisa mendapat jodoh orang bule tempat kamu kuliah S2? Hihihi, mungkin saja, kan.

Yang jelas, semua pilihan di atas kembali ke pribadi kita masing-masing. Dua-duanya punya kelebihan, tantangan, dan kemuliaannya tersendiri. Jadi, mau memilih untuk menikah atau kuliah S2? Pilihan ada di tangan Hunters. Selamat memilih!

Pin It on Pinterest

Share This