10 Fakta Menarik Harvard University

Siapa yang tidak kenal dengan Harvard University? Nama kampus ini sangat populer di Amerika Serikat, bahkan dunia. Hal ini disebabkan karena Harvard masuk dalam jajaran tiga kampus terbaik di dunia dan merupakan kampus tertua yang ada di Amerika.

Fakta tentang Harvard University

Harvard University ternyata menyimpan banyak sekali kisah dan fakta menarik di dalamnya, lho! Mau tahu? Yuk, kita simak ulasan di bawah ini!

1. Penamaan Harvard University

Penamaan Harvard University digunakan untuk menghormati penyumbang terbesar pada universitas ini, yaitu John Harvard, yang ternyata adalah alumni dari Universitas Cambridge, Inggris.

2. Berubah nama menjadi Harvard University

Sejak pertama kali berdiri, Universitas Harvard tidak diikuti dengan kata ‘university’, melainkan ‘college’. Baru pada tahun 1780, namanya berubah menjadi Harvard University.

3. Patung John Harvard

Di universitas ini, terdapat patung sang penyumbang terbesar sekaligus kunci perkembangan Harvard, yaitu John Harvard.

 

Baca Juga: Informasi Pendaftaran Universitas Harvard

 

4. John Harvard memberikan sumbangan buku

John Harvard menyumbang sekitar 400 buku serta sebagian besar kekayaannya untuk universitas ini. Akhirnya, untuk menghormati John Harvard, universitas ini diberi nama Universitas Harvard.

5. Mitos gerbang tengah kampus

Selain bangunan dan gedung tua, kampus ini juga meninggalkan banyak legenda. Konon, ada sebuah gerbang di area Universitas Harvard yang hanya boleh dilewati dua kali saja oleh mahasiswa yang sedang berkuliah di sana, yaitu saat pertama kali kuliah dan saat lulus dari sana.

Gerbang yang dimaksud tersebut adalah gerbang tengah di kampus. Jika melewatinya lebih dari dua kali, maka dipercaya akan mengalami drop out. Apakah kamu mempercayai legenda ini?

6. Perpustakaan kampus

Perpustakaan Universitas Harvard memilki 9 lantai dengan 4 di antaranya adalah lantai basement. Hingga kini, koleksi buku cetaknya mencapai 15 juta judul, buku digital mencapai 18 juta judul, dan koleksi foto mencapai 8 juta buah. Super lengkap!

7. Sampul buku dari kulit manusia 

Universitas Harvard menyimpan buku dengan sampul yang terbuat dari kulit manusia, lho! Menyeramkan atau menakjubkan?

 

Baca Juga: Ingin Kuliah di Universitas Harvard dengan Beasiswa? Cek Rekomendasinya Di sini!

 

8. Kurikulum yang berlaku

Tidak hanya mengedepankan unsur sarana dan prasarana yang luar biasa megah, Universitas Harvard juga memiliki kurikulum dan proses belajar yang sangat baik dan efektif. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu mengapa universitas ini begitu bergengsi dan membanggakan.

9. Jurnal yang diterbitkan

Jurnal – jurnal yang diterbitkan Universitas Harvard kerap dijadikan acuan oleh banyak orang di belahan dunia untuk mencapai hasil penelitian yang luar biasa di bidangnya.

10. Banyak alumni berpengaruh

Bagi kamu pecinta bola, tentu mengenal sosok Sir Alex Ferguson, mantan pelatih tim Manchester United. Tahukah kamu, Sir Alex Ferguson kini justru menjadi dosen di Harvard University meski usianya sudah senja? Beliau mengajar dengan fokus pada manajemen pengelolaan sebuah tim, dalam hal ini ialah tim Manchester United.

Ingin kuliah di Harvard University?

Schoters sudah terbukti berhasil membimbing siswanya hingga diterima di Universitas Harvard, lho. Apakah kamu akan jadi yang berikutnya? Mulai persiapan mu dengan konsultasi bersama mentor expert Schoters sekarang.

Bukan hanya konsultasi, Schoters juga punya program bimbingan intensif yang siap bantu kamu jadi mahasiswa Harvard!

harvard university