fbpx

5 Alasan Harus Kuliah di Inggris

Kampus Luar Negeri

Scholarship Hunters, masih ragu dan galau untuk memilih negara mana yang cocok untuk dijadikan destinasi study abroad? Schoters akan rekomendasikan negara Inggris untuk kalian nih! Sebagai salah satu negara maju di dunia, Inggris terkenal dengan kualitas dan fasilitas pendidikan yang mumpuni dan juga salah satu yang terbaik di Dunia. Beberapa universitas di Inggris pun langganan masuk ke dalam 10 unversitas terbaik di dunia, seperti University of Oxford dan University of Cambridge.

Alasan Harus Kuliah di Inggris

Kenapa sih kita harus kuliah di Inggris? Banyak sekali manfaat dengan berkuliah di negara ini. Contohnya seperti berikut:

  1. Pendidikan berkualitas tinggi dengan fasilitas kampus terbaik
  2. Kental akan kebudayaan Eropa
  3. Periode pendidikan yang lebih singkat
  4. Tersedia berbagai bantuan finansial pendidikan, salah satunya adalah banyaknya beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Inggris, beasiswa Chevening.
  5. Kesempatan untuk bekerja dan magang di perusahaan-perusahaan terkemuka di Inggris bahkan Eropa.

Universitas Terbaik di Inggris

1.University of Cambridge

University of Cambridge tahun ini berhasil naik peringkat dari tahun sebelumnya menempati peringkat 7 berdasarkan QS World University Ranking 2022. Universitas asal Inggris ini yang juga langganan masuk 10 universitas terbaik dunia berhasil mendapat poin 98,7 yang menempatkan rangkingnya sejajar dengan Stanford University, Amerika Serikat. Berdiri sejak 1209, University of Cambridge yang merupakan kampus tertua kedua di Inggris dan berdiri sejak tahun 1209 ini juga memberikan beasiswa loh! Hunters bisa coba Beasiswa Chevening atau Beasiswa Gates Cambridge untuk masuk ke universitas top ini.

2. University of Oxford

Peningkatan pesat terjadi pada University of Oxford, Inggris yang sebelumnya berada di urutan kelima kampus terbaik di dunia, di tahun 2022 naik peringkat ke urutan dua dengan poin 99,5 berdasarkan QS World University Ranking 2022. Universitas tertua di Inggris yang berdiri di tahun 1096 ini menjadi kampus terbaik di daratan Eropa. Untuk fans buku atau film Harry Potter, kamu bakal merasa familiar dengan gedung-gedung kuliahnya karena kampus ini juga dijadikan lokasi syuting untuk franchise film ini loh!

3. Imperial College London

Imperial College London merupakan  universitas negeri yang berlokasi di London, Inggris. Universitas ini resmi didirikan pada tahun 1907.  Universitas ini merupakan rumah bagi 17,000 murid dan 8,000 staff. Universitas ini menempati peringkat ke-7 berdasarkan QS World University Ranking 2022.

Baca juga: Kuliah di University of Oxford atau University of Cambridge dengan Jardine Scholarship

Rekomendasi Beasiswa Kuliah di Inggris

Beasiswa S-1  :

a. Beasiswa Gates Cambridge

b. Beasiswa Jardine Scholarship

Beasiswa S-2 dan S-3 :

a. Chevening Scholarship

b. Beasiswa LPDP

Biaya Kuliah Self-Funded di Inggris

Kuliah di Inggris menjadi mimpi dari banyak orang, tak hanya karena banyak universitas keren dengan ranking tinggi di dunia, Inggris juga menawarkan sejuta pesona dari mulai budaya, bahasa, bahkan cuacanya yang khas. Perbedaan biaya kuliah di Inggris ini bisa kita kategorikan untuk biaya di kota selain London dan Kota London. Untuk biaya kuliah di kota non-London bisa kita lihat rinciannya berikut:

Biaya kuliah………….15,000£+/tahun

Tempat tinggal………………350-400£/bulan

Biaya hidup (makan, internet, belanja, transportasi)……… 200£/bulan

Perkiraan perbulan = 550£+

 

Untuk kuliah di jantung negara Inggris sendiri atau di kota London, biaya yang harus kita keluarkan sebagai berikut:

Biaya kuliah…………..18,000£+/tahun

Tempat tinggal………………680-1000£/bulan

Biaya hidup (makan, internet, belanja, transportasi)……….600£/bulan

Perkiraan perbulan = 1,280£+

Cara Mendaftar Kuliah di Inggris

Agar Hunters dapat berkuliah di Inggris maka Hunters harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran di kampus atau beasiswa yang telah kalian incar. Masing-masing beasiswa memiliki cara pendaftaran yang berbeda-beda dan tentunya tergantung pada regulasi. Berikut Schoters berikan penjelasan untuk contoh tata cara pendaftaran salah satu beasiswa di Inggris , yaitu Beasiswa Chevening. Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Tata Cara Pendaftaran :

  1. Pelamar melakukan pendaftaran secara online dengan memilih negara Anda  di www.chevening.org/apply .
  2. Mengumpulkan dokumen persyaratan secara online yang akan dinilai berdasarkan kriteria kelayakan Chevening. Permohonan yang dianggap memenuhi syarat kemudian akan dinilai oleh komite penilaian independen, yang akan membuat daftar panjang dari para pemohon.
  3. Mengikuti seleksi wawancara dengan kedutaan Inggris atau komisi tinggi di negara tempat Anda melamar.

 

 

——————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————

Schoters adalah platform bimbingan persiapan beasiswa dan kuliah ke luar negeri terlengkap di Indonesia. Kami menyediakan layanan konsultasi persiapan beasiswa luar negeri, bimbingan bahasa asing, prediction test, penerjemah bahasa asing, dan lainnya. Jika Hunters tertarik untuk mendapatkan layanan tersebut, segara konsultasi dengan mentor experts Schoters yuk atau langsung klik banner di bawah ini. Selain itu, kalau Hunters  ingin tahu jadwal beasiswa lainnya, dapat cek di Kalender Beasiswa ya!

culture shock jepang

Pin It on Pinterest

Share This