11 Fakta Kenapa Kuliah di Inggris itu Seru

Inggris merupakan salah satu negara maju yang juga menjadi destinasi utama mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan kuliah di berbagai jenjang, baik S-1, S-2, maupun S-3. Berbagai universitas kelas dunia menjadi magnet utama kenapa banyak mahasiswa memilih Inggris menjadi destinasi. Selain itu, alasan multikultural juga menjadi pendukung. 

Universitas dan Jurusan Terbaik

Untuk memudahkan kalian, berikut beberapa kampus dan jurusan terbaik menurut QS World University Rankings 2022 yang ada di Inggris yang bisa kalian pertimbangkan:

  1. University of Oxford
  2. University of Cambridge
  3. Imperial College London
  4. University College London
  5. The University of Edinburgh
  6. The University of Manchester
  7. King’s College London
  8. The London School of Economics and Political Science (LSE)
  9. The University of Warwick
  10. University of Bristol

Universitas-universitas di atas unggul di program-program studi dibawah ini:

  1. Arts and Humanities
  2. Engineering and Technology
  3. Life Sciences and Medicine
  4. Natural Sciences
  5. Social Sciences and Management

           Baca Juga: Pilih Universitas Oxford atau Universitas Cambridge ya?

Beasiswa di Inggris

Beasiswa-beasiswa yang bisa kalian gunakan untuk kuliah di Inggris diantaranya:

  1. Chevening Scholarship
  2. Gates Cambridge Scholarship
  3. GREAT Scholarship
  4. Commonwealth Scholarship
  5. LPDP

Fakta Menarik Kuliah di Inggris

Kalian juga wajib tahu berbagai fakta kenapa kuliah di Inggris itu seru loh! Di artikel ini, kita akan bahas 11 di antaranya. Yuk simak!

1. Kuliah lebih cepat dan padat

Banyak universitas di Inggris yang menawarkan program kuliah yang lebih padat. Sehingga, kalian bisa lulus lebih cepat. Program sarjana (S-1) dapat diselesaikan dalam waktu 3 tahun, program magister (S-2) dapat diselesaikan dalam waktu 1 tahun, dan program doktor (S-3) dapat diselesaikan dalam waktu 3 tahun. 

Ada pula universitas yang menawarkan program gabungan jenjang magister dan doktor yang dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun. Jika di total, kalian bisa meraih gelar doktor dalam waktu 7 tahun setelah kalian lulus SMA!

2. Bisa ikut magang

Universitas-universitas di Inggris juga menawarkan program bahasa dalam pendidikan mereka. Sehingga kalian bisa dapat merasakan atmosfer bekerja langsung di industri yang ingin kalian tekuni. 

3. Mayoritas pelajar internasional berasal dari Asia

Karena kualitasnya, banyak mahasiswa dari China, India, Malaysia, dan tentu saja Indonesia yang memutuskan untuk kuliah di Inggris. Karena banyak teman dari Asia, tentunya gaya hidup kita tidak harus berubah 180 derajat mengikuti gaya hidup orang Inggris. Hal ini akan memudahkan kita dalam beradaptasi dengan budaya dan cuaca yang ada di Inggris. 

4. Mudah untuk beradaptasi

Banyaknya mahasiswa dari Asia juga mendorong munculnya berbagai supermarket yang menjual makanan dan barang yang hanya tersedia di Asia, termasuk Indonesia. Ketersediaan barang ini akan memudahkan mahasiswa Indonesia untuk beradaptasi, termasuk bagi teman-teman yang memiliki kebutuhan akan makanan halal. 

Selain supermarket, juga muncul berbagai restoran Asia yang tersebar di berbagai kota. Restoran-restoran Asia ini juga sedikit banyak membantu proses adaptasi dan kalau-kalau kalian kangen masakan rumah.

5. Biaya pendidikan dan hidup yang murah

Menurut data HSBC, biaya kuliah dan hidup di Inggris lebih murah daripada jika kalian kuliah di Australia, Singapura, dan Amerika Serikat. Biaya yang terjangkau ini akan memudahkan kalian dalam memutuskan untuk melanjutkan kuliah dengan kualitas yang tetap unggul namun biaya yang lebih terjangkau. 

6. Memiliki tingkat kepuasan mahasiswa yang tinggi

Sebuah survei yang diadakan oleh National Student Survey, tingkat kepuasan atau student satisfaction di universitas-universitas di Inggris termasuk yang tinggi, yakni di level 86%. Student satisfaction ini berkaitan erat dengan performance kalian saat kuliah, dan kemudahan dalam melaksanakan kuliah termasuk melakukan kegiatan sehari-hari. 

7. Lingkungan belajar yang kondusif

Inggris adalah salah satu negara maju, multikultural, dan aman di dunia. Keamanan yang terjamin ini akan membuat proses belajar kalian menjadi lebih kondusif dan lancar. Selain itu, sistem pendidikan yang mengutamakan kemampuan berpikir secara kreatif, efektif, dan mandiri menjadikan lulusan universitas-universitas di Inggris menjadi alumni yang dibutuhkan di berbagai pekerjaan di berbagai negara di dunia. 

8. Akses ke fasilitas kesehatan yang memadai

Inggris adalah salah satu negara yang memiliki fasilitas kesehatan yang paling baik di dunia. Oleh karena itu, semua warga di Inggris, termasuk mahasiswa internasional, dapat mengakses fasilitas kesehatan tanpa perbedaan dengan warga negara Inggris. Itulah kenapa memiliki asuransi kesehatan bagi mahasiswa internasional menjadi wajib hukumnya. 

9. Fasilitas kuliah yang sangat memadai

Sebagai negara maju, Inggris paham betul bahwa fasilitas pendidikan yang memadai adalah dasar dari pendidikan yang bermutu. Oleh karena itu, jika kalian kuliah di Inggris, fasilitas kuliah yang canggih, perpustakaan yang lengkap, gedung kuliah yang terawat, pusat bahasa, pusat olahraga, dan IT service akan sangat mudah ditemui.

10. Bisa bekerja saat kuliah

Jika kalian kuliah selama lebih dari 6 bulan, kalian dapat mencari pekerjaan paruh waktu dengan gaji sebesar 6-8 poundsterling per jam dengan maksimal durasi kerja 20 jam per minggu.

11. Bisa keliling Eropa dengan harga murah

Jika kalian ingin keliling Eropa dengan diskon pelajar, kalian bisa menggunakan berbagai alat transportasi seperti pesawat, bis, dan kereta dengan harga khusus. 

           Baca juga: Alasan Kuliah Luar Negeri bagi Pengembangan Diri dan Karier

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

kuliah di inggris