fbpx

5 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Jepang

Kampus Luar Negeri

Scholarship Hunters, masih ragu dan galau untuk memilih negara mana yang cocok untuk dijadikan destinasi study abroad? Schoters akan rekomendasikan negara Jepang untuk kalian nih! Sebagai salah satu negara industri di dunia, Jepang terkenal dengan kualitas dan fasilitas pendidikan yang mumpuni dan juga salah satu yang terbaik di Asia. Jadi, tak heran banyak yang mengagumi dan bercita-cita untuk kuliah di Jepang. Mutu pendidikan dan dukungan bagi mahasiswa internasional di negara ini pun tidak perlu diragukan lagi. Banyak kampus di Jepang yang juga menawarkan international program atau kelas berbahasa Inggris, lho.

Alasan Harus Kuliah di Jepang

Kenapa sih kita harus kuliah di Jepang? Banyak loh manfaat dengan berkuliah di negara ini. Contohnya seperti berikut :

  1. Pendidikan berkualitas tinggi dengan fasilitas kampus terbaik
  2. Kental akan kebudayaan dan tradisi negara Jepang
  3. Salah satu negara paling aman di dunia
  4. Masyarakat Jepang cenderung hidup teratur dan disiplin sehingga kamu pun akan terbiasa dengan hal tersebut
  5. Tersedia berbagai bantuan finansial pendidikan, salah satunya adalah banyaknya beasiswa yang ditawarkan

Universitas Terbaik di Jepang

1. The University Of Tokyo

Universitas Tokyo adalah universitas yang telah berumur 117 tahun ini adalah universitas penelitian negeri ternama di Jepang dan juga merupakan anggota pertama dari Tujuh Universitas Nasional. Universitas Tokyo mempunyai lima kampus di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano serta 10 fakultas dengan total mahasiswa kurang lebih sebanyak  28.000 mahasiswa dimana 2.100 di antaranya merupakan pelajar asing (jumlah yang cukup besar untuk ukuran kampus di Jepang). Universitas ini juga langganan menjadi universitas nomor 1 di Jepang loh!

2.  Kyoto University

Kyoto University

Kyoto University adalah universitas negeri di Kyoto, Jepang. Universitas ini didirikan pada tahun 1897 dan dikenal sebagai Universitas Imperial Kyoto pada awal didirikan. Universitas ini juga merupakan universitas negeri tertua nomor dua di Jepang. Universitas Kyoto memiliki 10 fakultas, 18 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan pendidikan. Sebagai universitas berorientasi penelitian, Universitas Kyoto hingga kini telah menghasilkan 5 penerima Penghargaan Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, dan biologi molekuler.

3. Osaka University

Osaka University merupakan  universitas nasional di Osaka, Jepang yang secara resmi didirikan pada tahun 1931. Universitas Osaka mempunyai empat kampus di Suita, Toyonaka, Mino dan Nakanoshima dengan 11 fakultas. Universitas ini juga menawarkan beasiswa dan pembebasan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional yang memenuhi syarat.

Baca juga: Mau Kuliah di Jepang? Cek 5 Universitas Terbaik di Jepang

Rekomendasi Beasiswa Kuliah di Jepang

Beasiswa S-1  :

a. MEXT Gakubu

b. Mitsui Bussan Scholarship

Beasiswa S-2 dan S-3 :

a. MEXT University Recommendation

b. INPEX Scholarship

c. Beasiswa LPDP

Cara Mendaftar Kuliah di Jepang

Agar Hunters dapat berkuliah di Jepang maka Hunters harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran di kampus atau beasiswa yang telah kalian incar. Masing-masing beasiswa memiliki cara pendaftaran yang berbeda-beda dan tentunya tergantung pada regulasi. Berikut Schoters berikan penjelasan untuk contoh tata cara pendaftaran salah satu beasiswa di Jepang, yaitu MEXT Gakubu. Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Tata Cara Pendaftaran :

  1. Calon pelamar beasiswa dapat melakukan registrasi online terlebih melalui website berikut ini.
  2. Setelah melakukan pendaftaran secara online, pelamar akan menerima e-mail konfirmasi.
  3. Email konfirmasi tersebut memberikan informasi “Nomor Ujian” sehingga penting sekali untuk menyimpan dan mengingat baik-baik “Nomor Ujian” yang diterima. Setelah itu, cetak e-mail tersebut dalam kertas berukuran A4
  4. Selanjutnya, lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Daftar dokumen dapat dilihat  dan disusun sesuai urutan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar dengan ukuran bebas. Tidak lupa cantumkan kode “Gakubu 2021” pada kanan atas amplop.
  5. Berkas dikirim atau diserahkan langsung ke:
    Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
    Kedutaan Besar Jepang
    Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350
  6. Kedutaan Besar Jepang tidak menerima berkas yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online maupun pengantaran langsung. Pengiriman dokumen dapat menggunakan jasa pengiriman melalui kurir seperti POS, JNE, J&T, Tiki, dll.
  7. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima tidak melewati batas waktu yang akan diproses.
  8. Dokumen yang telah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

 

——————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————

Schoters adalah platform bimbingan persiapan beasiswa dan kuliah ke luar negeri terlengkap di Indonesia. Kami menyediakan layanan konsultasi persiapan beasiswa luar negeri, bimbingan bahasa asing, prediction test, penerjemah bahasa asing, dan lainnya. Jika Hunters tertarik untuk mendapatkan layanan tersebut, segara konsultasi dengan mentor experts Schoters yuk atau langsung klik banner di bawah ini. Selain itu, kalau Hunters  ingin tahu jadwal beasiswa lainnya, dapat cek di Kalender Beasiswa ya! Ganbatte, Hunters!

culture shock jepang

Pin It on Pinterest

Share This