Serba-Serbi Kuliah di Jepang yang Wajib Kamu Tahu

Banyak pelajar internasional yang mendambakan bisa kuliah di Jepang. Selain keindahan alam dan teknologinya, Jepang juga menjadi rumah bagi banyak universitas berkualitas dunia. Berbagai program, baik yang ditawarkan dalam bahasa Jepang maupun bahasa Inggris menjadi primadona bagi ribuan mahasiswa baru tiap tahunnya.

Jika kalian belum memiliki kemampuan bahasa Jepang, kampus-kampus di Jepang juga menyediakan kelas bahasa Jepang secara gratis selama 1 tahun sebagai bekal kalian. Ingin tahu apalagi alasan kenapa kalian harus kuliah di Jepang? Yuk, simak info-info berikut ini!

Universitas dan jurusan terbaik untuk kuliah di Jepang

Berbagai universitas Jepang masuk daftar top 300 universitas dunia versi QS World University Ranking. 10 diantaranya adalah:

  1. The University of Tokyo;
  2. Kyoto University;
  3. Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech);
  4. Osaka University;
  5. Tohoku University;
  6. Nagoya University;
  7. Kyushu University;
  8. Hokkaido University;
  9. Keio University;
  10. Waseda University.

 

Berbagai program terbaik juga ditawarkan oleh universitas-universitas di Jepang. Berikut beberapa program terbaik yang bisa kamu coba:

  1. Bisnis dan manajemen di Nagoya University dan Waseda University;
  2. Animasi di Japan Animation and Manga College, Osaka University of Arts, dan Tokyo University of Arts;
  3. IT di Chukyo University, Fukuoka University, dan Hosei University;
  4. Hospitality and Leisure Management di Sophia University;
  5. Department Of Education (Sophia Program for Sustainable Futures) Sophia University.

 

Baca Juga: Simak Rekomendasi Universitas Terbaik di Jepang

 

Biaya kuliah dan hidup di Jepang

Lalu bagaimana dengan biaya kuliah dan biaya hidup di Jepang ya? Dibawah ini ada penjelasan singkat soal biaya kuliah (tuition fee) untuk jenjang S-2 di The University of Tokyo dan biaya hidup (Living cost) di Tokyo:

  1. Biaya pendaftaran: JPY 282.000;
  2. Biaya kuliah per tahun: JPY 535.800;
  3. Biaya Ujian: JPY 30.000.

 

Jadi, setidaknya, kalian harus mengeluarkan JPY 847.800 atau sekitar IDR 88.780.922 per tahun dengan kurs JPY 1 = IDR 104.72.

Di bawah ini perkiraan Living Cost di Tokyo:

  1. Akomodasi apartemen dengan ukuran 20-40 meter persegi: JPY 50.000 – 70.000;
  2. Biaya berlangganan handphone dan alat pemancar WiFi portabel: JPY 2.500;
  3. Biaya berlangganan internet kabel: JPY 4.000;
  4. makanan : JPY 500-2000 per porsi makan;
  5. Transportasi: JPY 800 per hari.

 

Jadi, untuk biaya hidup selama satu bulan, kalian harus mengeluarkan minimal JPY 221.500 atau setara dengan IDR 23.195.299 dengan kurs JPY 1 = IDR 104.72. Biaya tersebut adalah perkiraan biaya hidup di Tokyo. Jika kalian kuliah di luar Tokyo, biayanya bisa lebih murah dari itu.

Beasiswa kuliah di Jepang

Setelah mengetahui universitas terbaik, biaya kuliah, dan biaya hidup, dibawah ini ada beberapa informasi beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa Indonesia di universitas-universitas di Jepang. Diantaranya adalah:

  1. Beasiswa Monbukagakusho/MEXT dari pemerintah Jepang. Beasiswa ini terbuka untuk jenjang S-1, S-2, maupun S-3 yang dibagi menjadi dua jalur yakni jalur kedutaan dan jalur universitas.
  2. Beasiswa Ajinomoto;
  3. Japanese Scholarship Program (ADB-JSP);
  4. Beasiswa Aichi;
  5. Mitsui Bussan Scholarship;
  6. Beasiswa INPEX;
  7. Beasiswa LPDP.

 

Alasan-alasan kuliah di Jepang

1. Bisa belajar bahasa Jepang

Banyak universitas di Jepang yang menawarkan beasiswa yang termasuk dengan biaya belajar bahasa Jepang selama 1 tahun sebelum mulai kuliah. Ilmu berbahasa Jepang selain bermanfaat selama kuliah di Jepang, juga sangat berguna bagi kalian setelah lulus kuliah.

2. Lingkungan yang kondusif

Jepang adalah salah satu negara dengan tingkat keamanan yang tinggi. Sehingga kalian akan menemukan banyak tempat yang mendukung untuk mengerjakan tugas, penelitian, maupun berekreasi.

3. Fasilitas pendidikan yang memadai

Selain kualitas dosen yang memadai, universitas-universitas di Jepang juga memiliki berbagai kualitas penunjang yang berkualitas pula. Perpustakaan dengan koleksi yang lengkap, pusat kebugaran, stadion, kantin, ruangan belajar, kelas, laboratorium dengan alat yang canggih, dan lain sebagainya yang menunjang sistem pembelajaran.

4. Keindahan alam

Bosan dengan suasana kelas dan laboratorium? Kalian bisa pergi ke berbagai destinasi wisata yang sangat indah dengan alat transportasi publik yang memadai! Eksplor keindahan alam agar kalian siap menghadapi tantangan esok hari.

5. Bekerja setelah lulus

Beberapa industri di Jepang seperti industri teknis, informatika, investasi perbankan, dan pendidikan mencari banyak lulusan universitas-universitas terbaik di Jepang untuk bergabung dengan perusahaan mereka. Jika kalian memiliki kualifikasi yang memadai, peluang kalian untuk bekerja di Jepang bukan sebuah angan-angan lagi.

 

Baca juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

 

Siap mendaftar beasiswa impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

kuliah di jepang