Kuliah di Korea: Keunikan, Biaya, dan Kota Populer Studi

Budaya Korea menyebar ke seluruh lapisan masyarakat dunia. Hal ini tidak hanya mempengaruhi selera, tetapi juga dari segi kebudayaan. Tren fashion, skincare, make-up, gaya, makanan dan minuman, selera tontonan, bahkan musik Korea yang kini dikenal sebagai K-Pop diketahui oleh seluruh pelosok dunia. Tak heran jika banyak pelajar internasional memiliki impian untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Korea. Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang kuliah di Korea, mulai dari keunikan kuliah di Korea, biaya, hingga kota populer tujuan kuliah di Korea.

 

Keunikan kuliah di Korea

1. World University Ranking

QS World University Ranking 2024 telah merilis data kampus terbaik di seluruh dunia. Korea Selatan berhasil menunjukkan kehebatan akademiknya dengan kampus-kampus yang berhasil masuk ke daftar. Berikut merupakan kampus yang berhasil masuk TOP 100 QS World University Ranking 2024:

  1. Seoul National University peringkat 41
  2. KAIST – Korea Advanced Institute of Science & Technology peringkat 56
  3. Yonsei University peringkat 76
  4. Korea University peringkat 79
  5. Pohang University of Science And Technology (POSTECH) peringkat 100

2. Kemajuan teknologi yang canggih

Korea terkenal dengan produksi teknologi seperti ponsel pintar, mobil, mesin, hingga kapal. Berkat kemajuan dan inovasi teknologi yang semakin pesat, Korea Selatan merangkak naik dengan cepat menjadi negara maju dan makmur.

3. Banyak pelajar internasional

Pada April 2016, terdapat sekitar 104.000 pelajar internasional di Korea, yang mana 63.000 diantaranya berada di program sarjana. Keberadaan pelajar internasional ini sangat membantu kampus untuk menaikkan reputasi kampus di mata dunia. 

4. Pemandangan dan keindahan kota

Apakah Hunters sering menonton drama Korea? Jika iya, Hunters pasti sering menyaksikan latar tempat yang indah dan pemandangan unik di Korea. Nantinya saat Hunters kuliah di Korea dan saat belajar di kampus mulai terasa jenuh, Hunters bisa menikmati tempat wisata yang terjangkau di Korea seperti wisata alam, wisata sejarah, hingga menyaksikan bunga sakura yang bermekaran.

5. Membuka banyak beasiswa

Korea membuka banyak program beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar internasional. Berbagai jenis beasiswa disediakan oleh pemerintahan Korea dan kampus itu sendiri. Beberapa contoh beasiswanya adalah Global Korea Scholarship, KAIST International Graduate Scholarship, dan lain-lain.

 

Biaya kuliah di Korea

Program sarjana dan pascasarjana di universitas negeri di Korea, rata-rata memerlukan biaya kuliah sekitar Rp47.000.000 per semester. Sedangkan, universitas swasta di Korea cenderung lebih mahal, yaitu mencapai Rp 75.000.000 per semesternya. Jurusan kedokteran dan teknik juga cenderung lebih mahal, berbanding terbalik dengan jurusan seni dan humaniora yang cenderung lebih murah.

 

Umumnya, biaya sewa asrama di universitas sebagai tempat tinggal berkisar dari harga Rp6.000.000 hingga Rp19.000.000 per semester, tergantung pada ukuran kamar dan fasilitas yang tersedia. Tarif naik kendaraan umum biasanya sekitar Rp 14.000 untuk bus dan kereta bawa tanah sekitar Rp 28.000. Sedangkan, biaya belanja mingguan di supermarket Korea rata-rata menghabiskan atau Rp 90.000.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

kuliah di korea

 

Baca Juga : Simak Rekomendasi Beasiswa S2 Korea Selatan

 

Kota populer tujuan kuliah di korea

1. Seoul

Ibu Kota Korea Selatan ini terkenal dengan keindahan kotanya. Kota ini berdiri sebagai pusat politik, ekonomi, serta kebudayaan. Ada lebih dari 60% pelajar internasional di Korea Selatan yang tinggal di Seoul. Seoul memiliki beberapa universitas terkemuka di dunia, seperti Seoul National University, Korea University, Sogang University, dan Ewha Womans University.

2. Busan

Busan adalah kota terbesar kedua di Korea Selatan dan menjadi kota yang mampu memajukan ekonomi manufaktur Korea Selatan. Busan juga terkenal dengan kemajuan maritimnya dan keahlian di bidang ilmu pengetahuan, penelitian, lembaga pendidikan, dan penelitian yang berkualitas. Beberapa perguruan tinggi terbaik di Busan adalah Pusan National University, Kyungsung University, dan Korea Maritime and Ocean University.

3. Daegu

Kota Daegu adalah pusat manufaktur di Korea Selatan dengan komoditas utamanya adalah tekstil, logam, dan mesin. Jika berkuliah di kota ini, Hunters dapat melihat berbagai teknologi modern sembari mengenal lebih dalam berbagai bentuk pengobatan tradisional Korea Selatan. Beberapa perguruan tinggi terbaik di Daegu adalah Kyungpook National University, Keimyung University, dan Daegu National University of Education.

4. Suwon

Suwon terkenal dengan Benteng Hwaseong dan beberapa Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Oleh karena itu, kota ini memiliki kebudayaan dan sejarah yang kaya untuk diketahui oleh para pelajar lokal maupun internasional. Beberapa perguruan tinggi terbaik di Suwon antara lain Ajou University, Kyung-hee University (Suwon Campus), dan Sungkyunkwan University (Natural Science Campus).

5. Daejeon

Daejeon menjadi pusat unggulan kota dalam bidang teknologi. Hal ini membuat Daejeon disebut sebagai Asia’s Silicon Valley. Beberapa perguruan tinggi terbaik di Daejeon adalah Korea Advanced Institute of Science & Technology, Chungnam National University, Solbridge International School of Business, dan Daejeon University.

 

Baca Juga : Rekomendasi Beasiswa S1 di Korea Lengkap hingga Persyaratan!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kuliah di Korea

Ingin lolos kuliah di Korea? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

kuliah di korea

Sumber:

QS World University Ranking. https://www.topuniversities.com/world-university-rankings?tab=indicators&region=Asia&countries=kr&sort_by=rank&order_by=asc