5 Universitas untuk Kuliah di Singapura, Simak Informasi Lengkapnya!

Kuliah di Singapura dapat menjadi keputusan yang tepat karena banyak alasan. Tak hanya kualitas pendidikannya yang bertaraf dunia, negara kecil namun maju ini, menawarkan berbagai keuntungan yang menjadikannya destinasi studi yang sangat baik. Pertama, jaraknya yang dekat dengan Indonesia memudahkan mobilitas dan komunikasi dengan keluarga di rumah. Kedua, iklim Singapura yang tropis sangat mirip dengan Indonesia, sehingga adaptasi lingkungan tidak menjadi hambatan.

Selain itu, Singapura memiliki budaya dan makanan yang cukup serupa dengan Indonesia, yang membuat pelajar merasa seperti di rumah sendiri. Fasilitas publik di Singapura, seperti transportasi umum, perpustakaan, dan taman, sangat lengkap dan mudah diakses. Hal ini akan mendukung kegiatan belajar dan aktivitas sehari-hari.

Keunggulan lain saat studi di Singapura adalah populasi mahasiswa internasionalnya yang beragam. Hal ini membuka kesempatan besar untuk belajar berkolaborasi dengan berbagai individu dari berbagai latar belakang dan budaya. Selain itu, universitas di Singapura dikenal memiliki fasilitas laboratorium yang lengkap dan canggih. Fasilitas itu dapat mendukung penelitian dan praktek belajar kalian secara optimal.

Studi di Singapura juga menawarkan kesempatan untuk studi ekskursi ke universitas partner yang tersebar di seluruh dunia. Kesempatan ini bukan hanya memberikan pengalaman belajar yang berharga, tetapi juga membuka peluang untuk membangun jaringan global. Oleh karena itu, memilih untuk kuliah di Singapura bisa menjadi keputusan yang sangat tepat bagi masa depan kalian.

 

Kampus Utama Kuliah di Singapura

Di bawah ini, kita akan membahas 4 universitas terbaik di Singapura yang banyak menjadi tujuan mahasiswa Indonesia. Mereka tak hanya terkenal berkualitas tinggi, tapi juga menawarkan banyak kesempatan belajar dengan keberagaman, peraturan yang fleksibel, kemudahan administrasi, biaya yang cukup terjangkau di kelasnya dan juga fasilitas yang lengkap. 

 

1. National University of Singapore (NUS)

Berlokasi di Kent Ridge, National University of Singapore (NUS) merupakan universitas tertua di Singapura yang didirikan pada tahun 1905. Universitas ini dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Asia dan di dunia, menempati posisi ke 11 universitas terbaik dunia menurut pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Rankings. 

NUS dikenal memiliki program Hukum dan Bisnis dengan kualitas yang unggul, dan juga dikenal karena kekuatan penelitiannya di bidang Life Sciences dan Biomedical Sciences. Selain itu, NUS juga telah berkomitmen pada pendidikan yang inovatif dengan menawarkan berbagai program ganda dan penelitian interdisipliner. Berikut adalah fakultas dan sekolah yang ditawarkan di NUS:

1.  Faculty of Arts and Social Sciences

2. Faculty of Dentistry

3. Faculty of Engineering

4. Faculty of Law

5. Faculty of Medicine

6. Faculty of Science

7. NUS Business School

8. School of Computing

9. School of Design and Environment

10. Duke-NUS Medical School

11. Lee Kuan Yew School of Public Policy

12. Yale-NUS College

 

2. Nanyang Technological University (NTU)

Sering disingkat sebagai NTU, universitas ini berlokasi di Jurong West. Didirikan pada tahun 1981, NTU telah berkembang menjadi universitas penelitian terkemuka di dunia. Selain Teknik dan Ilmu Pengetahuan Alam, NTU juga dikenal untuk program Seni dan Humaniora, Bisnis, serta Pendidikan. 

NTU menempati posisi ke 19 universitas terbaik dunia menurut pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Rankings. 

Universitas ini secara khusus mendapatkan reputasi internasional untuk penelitian dan inovasinya dalam bidang Teknik dan Teknologi, dengan program Teknik Mesinnya yang mendapatkan pengakuan global. Berikut adalah fakultas yang ditawarkan oleh NTU:

1. College of Engineering

2. College of Business (Nanyang Business School)

3. College of Science

4. College of Humanities, Arts, and Social Sciences

5. Lee Kong Chian School of Medicine

6. Graduate College

7. National Institute of Education

 

Baca Juga: Raih Mimpimu Dengan Beasiswa S1 Singapura

 

3. Singapore Management University (SMU)

SMU berada tepat di pusat kota Singapura dan menyediakan lingkungan yang dinamis bagi mahasiswanya. Didirikan pada tahun 2000, SMU menjadi pusat keunggulan dalam bidang Bisnis dan Manajemen, dengan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan partisipatif. SMU juga terkenal dengan kekuatan penelitiannya di bidang ekonomi dan keuangan. Meski tergolong universitas muda, namun SMU telah menempati posisi ke 561-570 universitas terbaik dunia menurut pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Rankings. Berikut adalah fakultas-fakultas yang ada di SMU:

1. School of Accountancy

2. Lee Kong Chian School of Business

3. School of Economics  

4. School of Law

5. School of Social Sciences

6. School of Information Systems

7. School of Computing and Information Systems

 

4. Singapore University of Technology and Design (SUTD)

Terletak di Dover, SUTD adalah universitas yang relatif baru yang didirikan pada tahun 2009. SUTD berfokus pada studi desain dan teknologi, dengan penekanan khusus pada integrasi kedua bidang ini untuk membantu menyelesaikan tantangan global. Meski terbilang universitas muda, SUTD telah memiliki berbagai pusat studi dan penelitian desain seperti O-Lab, Temasek Labs at SUTD, City Form Lab, iTrust Research Centre, dan masih banyak lainnya. 

Program desain produk SUTD mendapatkan reputasi internasional, dengan pendekatan unik dalam mengajarkan desain berpusat pada manusia. Selain itu, SUTD juga memiliki kerjasama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) di AS untuk memberikan mahasiswanya kesempatan untuk belajar dari yang terbaik di beberapa bidang seperti Civil and Environmental Engineering, Supply Chain Management, or Engineering in Manufacturing. Di bawah ini adalah daftar fakultas yang ditawarkan oleh SUTD:

1. Architecture and Sustainable Design (ASD)

2. Engineering Product Development (EPD)

3. Engineering Systems and Design (ESD)

4. Information Systems Technology and Design (ISTD)

 

Baca Juga: Kenali Bahasa Sehari-hari di Singapura

 

FAQ Kuliah di Singapura

Jika kalian masih memiliki pertanyaan terkait kuliah di Singapura, di bawah ini ada 4 pertanyaan yang sering ditanyakan atau frequently asked questions. Simak baik-baik dan jika masih ada pertanyaan, kalian bisa konsultasikan dengan Schoters!

1. Berapa lama kuliah di Singapura? 

Jawab: Masa studi untuk jenjang Sarjana (S1) di Singapura biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 tahun untuk diselesaikan, tergantung pada program dan jurusan yang dipilih. Namun, maksimal waktu yang diberikan untuk lulus adalah 5 tahun. Untuk program Pasca Sarjana (S2), biasanya memerlukan waktu sekitar 1-2 tahun. Sedangkan untuk program Doktor (S3), durasi studi biasanya antara 3 hingga 5 tahun.

2. Berapa biaya kuliah di Singapura?

Jawab: Biaya kuliah di Singapura sangat bervariasi tergantung pada universitas dan program studi yang kalian pilih. Untuk program Sarjana, biaya kuliah biasanya berkisar antara SGD 10.000 hingga SGD 35.000 per tahun. Untuk program Pascasarjana, biaya bisa mencapai SGD 20.000 hingga SGD 40.000 per tahun.

3. Apakah biaya hidup di Singapura mahal? 

Jawab: Biaya hidup di Singapura memang cukup tinggi dibandingkan dengan banyak kota besar lainnya di dunia, bahkan yang paling tinggi di Asia Tenggara. Kalian perlu mengalokasikan antara SGD 800 hingga SGD 1.500 per bulan untuk pengeluaran seperti akomodasi, makanan, transportasi, dan pengeluaran pribadi lainnya. Sedangkan biaya sewa apartemen mulai dari SGD 2.700 per bulan. Besaran biaya sewa ini bergantung pada lokasi dan ukuran properti yang kalian sewa.

4. Apa saja beasiswa untuk kuliah di Singapura?

Jawab: Ada beberapa beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa internasional yang ingin belajar di Singapura. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Beasiswa ASEAN Undergraduate Scholarship: Diberikan kepada mahasiswa ASEAN yang menunjukkan prestasi akademik yang tinggi.

2. Beasiswa SembCorp Industries: Untuk mahasiswa yang berprestasi di bidang teknik dan manajemen.

3. Beasiswa MOE (Kementerian Pendidikan Singapura): Untuk mahasiswa internasional yang ingin mengambil program Sarjana.

4. Beasiswa LPDP: Untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3 di NUS, NTU, SMU, dan SUTD. 

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Kuliah di Singapura

Ingin lolos kuliah di Singapura? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus kuliah di Singapura? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

kuliah di singapura