Kuliah Gratis di 8 Negara untuk Mahasiswa Internasional

Fakta Menarik, 20 Sep 2022

Kuliah gratis tanpa beasiswa di luar negeri ternyata tidak hanya jadi mimpi belaka. Beberapa negara di dunia ternyata tidak membebankan biaya kuliah mereka untuk penduduk setempat dan mahasiswa internasionalnya loh!. Meski begitu ada beberapa hal yang harus kamu catat dari 10 negara pemberi kuliah gratis untuk mahasiswa internasional berikut ini.

1. Jerman

Dikelilingi dengan berbagai universitas TOP dunia seperti Ludwig Maximilians University Munich, University of Heidelberg, Charite Universitatsmedizin Berlin dan yang lainnya, ternyata Jerman memberikan fasilitas kuliah gratis untuk mahasiswa internasional.

Sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari pelajar di Jerman biasa menghabiskan biaya 500 hingga 800 Euro atau sekitar Rp 8.000.000 hingga Rp 12.000.000 per bulannya. Namun, perlu diketahui untuk Universitas Baden Württemberg tetap memberlakukan biaya SPP untuk program Magister dan tidak untuk program Doktor.

Baca juga: Mau Kuliah Di Jerman? Kamu Harus Tahu 10 Hal Tentang Jerman Ini

2. Swedia

Swedia menjadi salah satu destinasi pendidikan selanjutnya, terlebih untuk bidang studi ilmu alam dan teknologi. Swedia sendiri memberikan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional di program PhD saja, sedangkan untuk Magister kamu bisa tetap bisa berkuliah dengan beberapa beasiswa fully funded yang tersedia.

Program PhD di Swedia sendiri biasanya merupakan pekerjaan berbayar dari universitas atau lembaga lain, jadi kamu bisa belajar sekaligus bekerja!

3. Finlandia

Menjadi negara dengan kualitas pendidikan yang baik dan menyediakan banyak mata kuliah berbahasa Inggris, Finlandia menjadi destinasi belajarmu selanjutnya. Finlandia juga memberikan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional di program Magister dan Doktoral dengan mata studi berpengantar bahasa Inggris. 

Namun, biaya kebutuhan sehari-hari, buku dan tesis tetap akan menjadi tanggunganmu. Salah satu lembaga yang bisa menunjang biaya sehari-harimu adalah EDUFI Fellowship untuk satu tahun akademik bagi pelajar Doktoral. 

Biaya kebutuhan sehari-hari untuk pelajar di Finlandia berkisar antara 700 hingga 900 Euro setiap bulannya atau sekitar Rp 10.000.000 hingga Rp 13.000.000,00. 

4. Norwegia

Dengan julukannya sebagai “The Land of Midnight Sun”, Norwegia tidak hanya menyuguhkan pemandangan Eropa Utara yang indah tapi juga lingkungan dan sistem pendidikan yang berkualitas. Norwegia memberikan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional baik dalam program Sarjana, Magister dan Doktoral. Meski begitu, tidak semua universitas memberikan biaya kuliah gratis untuk beberapa mata pelajaran.

Beberapa biaya lain yang harus kamu persiapkan adalah:

  1. Biaya hidup untuk mahasiswa di Norwegia berkisar antara NOK 90.000 hingga 100.000 per tahun atau berkisar Rp 135 juta hingga Rp 150 juta untuk 1 tahun.
  2. Biaya semester sebesar NOK 300 - 600 per semester, atau sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000.

5. Denmark

Meski namanya tidak sepopuler tujuan negara beasiswa lain, Denmark ternyata memiliki universitas terbaik dunia, seperti Aalborg University, Rokslide University, Copenhagen University, dan lain sebagainya. Denmark juga memberikan fasilitas kuliah gratis untuk mahasiswa internasional dari wilayah EU/EEA. Bagi kamu yang berasal dari luar EU/EEA, tidak perlu berkecil hati ya karena beberapa universitas yang dapat memberikan diskon untuk biaya kuliah kamu.

6. Islandia

Islandia, adalah negara selanjutnya yang memberikan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional dalam EU/EEA dan luar EU/EEA. Islandia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, tapi kamu bisa tetap memilih dengan teliti bidang studi yang kamu tuju karena masih banyak pelajaran yang menggunakan bahasa Islandia juga.

Biaya registrasi yang biasa diminta di awal proses seleksi sebesar 100 hingga 250 EURO atau Rp 1,5 juta hingga Rp 4 juta.  

7. Republik Ceko

Republik Ceko memberikan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional selama belajar dalam bahasa Ceko. Dibandingkan negara lain, Republik Ceko memiliki biaya hidup yang lebih rendah. Berkisar antara 350 ke 750 USD atau sekitar Rp 5 juta hingga Rp 11 juta.

Beberapa universitas yang bisa kamu tujuan antara lain Charles University, Palacky University Olomouc, Brno University of Technology dan lain sebagainya.

8.Slovenia

Pada negara Slovenia, biaya registrasi menjadi biaya wajib untuk para mahasiswanya. Namun, Slovenia tetap memberikan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional dengan 150 mata kuliah dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. 

Bagi kamu yang ingin belajar di Eropa dengan tingkat biaya hidup yang lebih terjangkau, Slovenia bisa menjadi salah satu destinasi belajarmu selanjutnya. 

Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri 

Konsultasikan Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Berikut negara dengan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk informasi lebih banyak tentang beasiswa dunia, yuk konsultasi dengan pakar beasiswa di sini.

kuliah gratis