Bedah Kampus Kyoto University: Ranking, Fakultas dan Info Beasiswa

Info Beasiswa, 15 Nov 2022

Kyoto University telah dikenal dunia sebagai kampus para peraih Nobel dari Jepang. Menjadi salah satu warisan sejarah Jepang, Kyoto University menawarkan fasilitas dan pengalaman belajar yang dapat diadu dengan kampus lain di dunia. Ingin tahu lebih banyak tentang Kyoto University? Cek trus artikel Schoters bedah kampus di bawah ini!

Sejarah Kyoto University

Kyoto University merupakan salah satu kampus negeri di Jepang yang didirikan pada tahun 1987 dengan nama Universitas Imperial Kyoto. Baru setelah 1947, namanya berubah menjadi Kyoto University. 

Setelah 35 tahun berdiri dan menciptakan berbagai alumni peraih Nobel, Kyoto University telah memiliki 8 fakultas utama dengan berbagai lembaga penelitian di dalamnya. Motto dari Kyoto University sendiri adalah “Freedom of Academic Spirit” atau “Kebebasan Semangat Akademik”.

Ranking dan Fakultas di Kyoto University

Kyoto University menempati peringkat 2 Nasional, 10 besar di Asia, dan 36 peringkat dunia menurut QS World University Rankings 2023. Sedangkan beberapa bidang studi yang ditawarkan oleh Kyoto University antara lain:

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Kesehatan
  3. Fakultas Ekonomi
  4. Fakultas Agrikultur
  5. Fakultas Pendidikan
  6. Fakultas Farmasi
  7. Fakultas Integrated Human Studies.
  8. Fakultas Teknik

Sedangkan fakultas untuk sekolah Pascasarjana di Kyoto University antara lain:

  1. Bidang Studi Hukum
  2. Bidang Studi Kedokteran
  3. Bidang Studi Ekonomi
  4. Bidang Studi Manajemen Ekonomi
  5. Bidang Studi Sains
  6. Bidang Studi Pendidikan
  7. Bidang Studi Farmasi
  8. Bidang Studi Pertanian
  9. Bidang Studi Farmasi
  10. Bidang Studi Ilmu Energi
  11. Bidang Studi Kajian Biologi
  12. Bidang Studi Lingkungan Hidup Global
  13. Bidang Studi Kajian Wilayah Asia dan Afrika
  14. Bidang Studi Ilmu Pemerintahan
  15. Bidang Studi Informatika

Selain daftar fakultas di atas, Kyoto University juga menyediakan berbagai lembaga penelitian, laboratorium, perpustakaan, rumah sakit dan pusat pembelajaran yang dapat menunjang pendidikan mahasiswanya. 

Alumni Berpengaruh dari Kyoto University

Nama indah Kyoto University juga dikenal melalui para alumninya yang penuh segudang prestasi, beberapa di antaranya adalah:

Hideki Yukawa

Orang Jepang pertama yang meraih Nobel di bidang Fisika. Hideki Yukawa mendapatkan penyebab inti atom tetap utuh meski ada gaya tolak-menolak dari proton yang membangun inti atom pada tahun 1930.

Kenichi Fukui

Seorang Kimiawan Jepang dan merupakan ilmuwan Asia pertama yang menerima Nobel Kimia pada 1981. Penelitiannya sendiri berfokus pada peran orbit depan dalam reaksi kimia.

Yukiko Kada

Seorang politi Jepang dan merupakan Anggota Dewan Penasihat Jepang sejak 2019. 

Apakah kamu juga ingin menjadi bagian dari alumni Kyoto University lainnya? Bagi kamu yang tertarik, yuk cek info beasiswa Kyoto University untuk pelajar Indonesia di bawah ini!

Beasiswa Pelajar Indonesia di Kyoto University

Kyoto University sendiri sudah lama membuka peluang bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studinya di sana, tak terkecuali Indonesia. Berikut beberapa informasi beasiswa yang tersedia di Kyoto University untuk kamu.

           Baca Juga: Melanjutkan Studi S-1 di Kyoto University dengan Beasiswa

Japanese Government (MEXT) Scholarship

Bagi kamu yang mendaftar di Kyoto University, kamu bisa mengajukan untuk mengikuti beasiswa MEXT Jepang. Beasiswa MEXT sendiri merupakan program yang sangat kompetitif namun bergengsi yang menjadi tujuan bagi para mahasiswa internasional. Beberapa manfaatnya adalah:

  1. Tidak perlu membayar biaya seleksi, pendaftaran dan SPP selama periode studi.
  2. Tiket pesawat Pulang-Pergi.
  3. Tunjangan uang saku sebesar YEN 117.000 per bulan.
  4. Tunjangan riset sebesar YEN 3.000 per bulan.

Monbukagakusho Honors Scholarship for Privately Financed International Students 

Sedikit berbeda dengan MEXT, Monbukagakusho Honors Scholarship for Privately Financed International Students diberikan oleh JASSO (Japan Student Service Organization) kepada seluruh pelajar dunia yang sudah diterima oleh salah satu universitas di Jepang, salah satunya Kyoto University. Program ini juga mencakup uang bulanan sebesar YEN 48.000.

            Baca Juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Siapkan Pendaftaran Bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian Yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

kyoto university