fbpx

5 Langkah Persiapan Beasiswa Luar Negeri S2

Tips & Trik

Halo Scholarship Hunters! Adakah diantara kalian sedang mengambil langkah diri untuk lanjut dapat beasiswa dan kuliah  S-2  keluar negeri tapi masih dengan status mahasiswa baru? Justru yang dilakukan sudah tepat lho! Mendaftar beasiswa bukan hal yang dapat dilakukan secara impulsif. Butuh waktu, tenaga, dan pikiran untuk mempersiapkan diri mendaftar beasiswa. Simak selengkapnya ya!

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

Langkah untuk Mahasiswa S-1

1. Semester 1-2

Masa orientasi mahasiswa baru & euphoria melepas seragam SMA masih terasa lekat. Permulaan dari keinginan untuk melanjutkan studi beasiswa luar negeri S-2. Masih berpikir berkali-kali untuk meyakinkan mewujudkan keinginan tersebut. Berikut adalah tips yang dapat membantu berpikir tentang melanjutkan studi beasiswa S-2:

  • Tentukan minat jurusan untuk lanjut S-2
  • Cari info detail terkait kampus dan jurusan yang kamu mau
  • Mulai eksplorasi diri dalam kegiatan atau organisasi kampus sesuai dengan minat kamu

2. Semester 3-4

Di semester ini, mungkin Hunters masih mempertanyakan keyakinan untuk melanjutkan studi namun keinginan untuk mencapai impian kuliah keluar negeri juga lebih besar. Artinya ini adalah waktu yang tepat untuk trial and error mengerjakan tes. Masih ada waktu yang cukup untuk memperbaiki hasil tes jika hasilnya kurang maksimal. Berikut adalah tips yang dapat meyakinkan untuk mencapai beasiswa S-2 ke luar negeri:

  • Meningkatkan skor tes kecakapan bahasa asing
  • Ikuti event yang sesuai dengan minat dan planning S-2 nanti
  • Lakukan persiapan tes akademik (GRE/GMAT) sesuai persyaratan kampus impianmu

3. Semester 5-6

Jurusan S-2 sangat beragam dibandingkan S-1, maka dari itu perlunya info detail terkait kampus dan jurusan yang diinginkan. Semester ini adalah waktu yang tepat untuk mengupas tuntas tentang hal tersebut. Selain itu, prospek karir dan masa depan pun perlu dipikirkan dengan matang. Namun, jangan sampai terlewat untuk tetap belajar dengan bimbingan les persiapan untuk tes agar hasilnya sangat baik.

  • Waktunya pilih kampus dan jurusan yang kamu mau
  • Mulai cari tahu silabus prodi, prospek karir, dan pesyaratan pendaftaran
  • Mengikuti les persiapan tes kecakapan bahasa asing

4. Semester 7

Setelah mengikuti bimbingan persiapan tes dan mengetahui kampus serta jurusan yang diidamkan, kini waktu  yang tepat untuk mempersiapkan dokumen persyaratan. Tujuannya agar persiapan dokumen lebih maksimal dan tidak mepet dengan deadline.

  • Saatnya mengikuti official tes bahasa asing atau/dan tes akademik (GRE/GMAT)
  • Mulai mempersiapan dokumen
  • Mulai mencari & mengontak profesor calon supervisor (untuk master by research)

5. Semester 8

Di semester akhir, Hunters hanya tinggal melaksanakan skripsi dan akhirnya tibalah waktu untuk memulai pendaftaran beasiswa dan kampus luar negeri yang diincar!

  • Menulis skripsi dengan topik yang relevan dengan jurusan S-2 yang nantinya ingin diambil, bersifat opsional namun akan mendapatkan poin plus!
  • Saatnya mendaftar ke berbagai beasiswa!

 

Beberapa penjelasan diatas adalah 5 langkah yang dapat menggambarkan persiapan bagi mahasiswa baru yang sudah memikirkan untuk lanjut studi S-2 dengan beasiswa!

Jika masih ingin mengetahui tentang bimbingan persiapan beasiswa, konsultasikan sekarang bersama mentor expert Schoters! Atau cukup dengan klik icon biru di kanan bawah yaa. Persiapkan diri kamu sekarang juga dengan cek jadwal kalender beasiswa terlebih dahulu. Good Luck Hunters!

Beasiswa luar negeri S2

Pin It on Pinterest

Share This