Info Lengkap Penjelasan dan Contoh Soal Latihan GMAT

Jika Hunters ingin melanjutkan kuliah di jurusan bisnis atau sekolah bisnis di luar negeri, kamu pasti sudah tidak asing dengan persyaratan Tes GMAT yang biasa diminta oleh universitas. Jika Hunters masih merasa asing dengan jenis tes ini, berikut beberapa informasi dan contoh soal latihan GMAT yang Schoters rangkumkan untukmu!

Apa itu Tes GMAT?

Pada umumnya, GMAT atau Graduate Management Admission Council digunakan untuk seleksi masuk ke sekolah bisnis dan program MBA. Tes ini diperkenalkan pada tahun 1954 oleh Graduate Management Admission Council (GMAC). Awalnya disebut ATGSB (Admission Test for Graduate Study in Business) atau Tes Penerimaan untuk Studi Pascasarjana dalam Bisnis.

Dalam tes atau saat latihan GMAT, Hunters akan mendapatkan 4 topik yang ada diujikan. Berikut beberapa penjelasannya:

  1. Analytical Writing Assesment
    Dalam sesi ini peserta akan diminta untuk menganalisis dan memberikan kritik kepada sebuah argumen.
  2. Integrated Reasoning
    Dibuat untuk menilai kemampuan peserta dalam menggunakan data untuk menyelesaikan suatu masalah.
  3. Quantitative Reasoning
    Tipe soal ini cukup unik karena peserta akan diminta untuk melihat apakah mereka sudah memiliki cukup data dalam menilai dan menyelesaikan masalah.
  4. Verbal Reasoning
    Pada sesi ini Hunters akan diberikan 3 tipe soal, yaitu reading comprehension, critical reasoning, dan sentence correction.

Jika Hunters masih belum familiar dengan materi di atas, berikut beberapa penjelasan contoh soal latihan GMAT.

Baca Juga: Sudah Siap Kuliah S2 di Luar Negeri? Cek 10 Beasiswa Program Master di Luar Negeri

Contoh Soal Latihan GMAT dan Penyelesaiannya

Soal latihan GMAT terdiri dari 4 topik dan mempunyai pertanyaan yang menuntut kemampuan berpikir kritis dan detail. Berikut beberapa contoh soal latihan GMAT dan penjelasannya.

Analytical Writing dari Kaplan

Isu:

Portrayals of violence have proven commercially successful in television programs, movies, songs, and other forms of popular entertainment. Therefore, those who create popular entertainment should continue to incorporate violence into their products.

Discuss the extent to which you agree or disagree with the opinion stated above. Support your views with reasons and/or examples from your own experience, observations, or reading.

Contoh jawaban:

People rarely observe grammar rules when speaking because not all grammar rules are conducive to clear communication. People just say what they mean instead of carefully crafting sentences.

Integrated Reasoning dari Kaplan

Pertanyaan:

A family pays $800 per year for an insurance plan that pays 80 percent of the first $1,000 in expenses and 100 percent of all medical expenses thereafter. In any given year, the total amount paid by the family will equal the amount paid by the plan when the family’s medical expenses total.

A. $1,000 B. $1,200 C. $1,400 D. $1,800 E. $2,200 

Jawaban:

B

Keluarga tersebut membayar $800 per tahun untuk paket tersebut, ditambah (100 persen dikurangi 80 persen) atau 20 persen dari $1.000 pertama untuk biaya pengobatan, sedangkan perusahaan asuransi membayar 80 persen dari $1.000 pertama, atau $800. Ini harus membayar tambahan $200 untuk cocok dengan apa yang dibayar keluarga. Karena $200 datang setelah $1.000 pertama masuk biaya, itu harus mewakili 100 persen dari biaya tambahan. Oleh karena itu, ada pastilah $1.000 ditambah $200 atau $1.200 untuk biaya pengobatan seluruhnya.

Quantitative Reasoning – Data Sufficiency dari Kaplan

Pilihan jawaban:

  1. if statement (1) by itself is sufficient to answer the question, but statement (2) by itself is not;
  2. if statement (2) by itself is sufficient to answer the question, but statement (1) by itself is not;
  3. if statements (1) and (2) taken together are sufficient to answer the question, even though neither statement by itself is sufficient;
  4. if either statement by itself is sufficient to answer the question;
  5. if statements (1) and (2) taken together are not sufficient to answer the question, requiring more data pertaining to the problem 

Pertanyaan:

If R is an integer, is R evenly divisible by 3?

(1)  2R is evenly divisible by 3
(2) 3R is evenly divisible by 3

Jawaban:

A.

(1) Sufficient. Karena besaran 2R habis dibagi 3, salah satu dari kedua faktor tersebut harus habis dibagi 3. Karena 1 bukan; R harus.
(2) Insufficient. Kita tahu bahwa besaran 3R habis dibagi 3, artinya
bahwa setidaknya salah satu faktor harus habis dibagi 3. Namun, masalahnya adalah 3 habis dibagi 3, sehingga tidak mungkin bagi kita untuk menentukan apakah R adalah.

Verbal – Critical Reasoning dari Kaplan

Pertanyaan:

In Los Angeles, a political candidate who buys saturation radio advertising will get maximum name recognition.

The statement above logically conveys which of the following?

  1. Radio advertising is the most important factor in political campaigns in Los Angeles.
  2. Maximum name recognition in Los Angeles will help a candidate to win a higher percentage of votes cast in the city.
  3. Saturation radio advertising reaches every demographically distinct sector of the voting population of Los Angeles.
  4. D. For maximum name recognition a candidate need not spend on media channels other than radio advertising.
  5. A candidate’s record of achievement in the Los Angeles area will do little to affect his or her name recognition there.

Jawaban:

D.

Kandidat politik L.A. yang membeli iklan radio saturasi akan mendapatkan hasil maksimal pengenalan nama. Dengan kata lain, iklan semacam itu cukup untuk nama yang maksimal pengakuan. Jika demikian, maka pasti benar, seperti yang dikatakan (D), seorang kandidat bisa mendapatkannya pengakuan tanpa menghabiskan bentuk media lainnya.

Rekomendasi Platform Latihan GMAT

Sebenarnya banyak sekali soal latihan GMAT yang bisa Hunters akses di internet. Baik contoh soal, pembahasan hingga Try Out online yang bisa Hunters akses di beberapa lembaga belajar Indonesia atau luar negeri. Namun untuk mendapatkan soal latihan GMAT yang lebih tepat sasaran, ada baiknya Hunters memilih lembaga khusus tes GMAT.

Sedangkan beberapa lembaga yang bisa Hunters gunakan untuk latihan GMAT antara lain, Schoters, mba.com, Princeton atau Kaplan.

Baca Juga: Masih Bingung Perbedaan GRE vs GMAT? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya disini

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Tes GMAT

Butuh bimbingan persiapan tes masuk kuliah luar negeri seperti GMAT? Gabung Kelas Persiapan GMAT di Schoters. Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa dan masuk universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)