10 Lowongan Pekerjaan Populer di Jepang

Perkembangan dunia industri yang pesat di Jepang berdampak pada majunya perekonomian negara tersebut. Hal ini menjadi daya tarik bagi banyak tenaga kerja yang ingin mengambangkan karir di kancah internasional.

Permasalahan yang sedang dihadapi oleh Jepang salah satunya adalah kurangnya  tenaga kerja yang disebabkan penurunan jumlah penduduk. Oleh karena itu, pemerintah Jepang membuka peluang bekerja di Jepang bagi tenaga kerja asing dengan menawarkan berbagai lowongan pekerjaan populer di Jepang.

 

Meningkatnya Warga Asing di Jepang

 

10 Lowongan Pekerjaan Populer di Jepang

Menurut Badan Pelayanan Imigrasi terdapat kenaikan jumlah tenaga kerja asing. Data yang diperoleh menunjukkan pada Juni 2021 terdapat 2.823.565 warga asing yang tinggal di Jepang. Hal ini dilatarbelakangi oleh naiknya kebutuhan tenaga kerja di Jepang.

Berikut akan dijelaskan detail faktor-faktor yang mempengaruhi meningkatnya warga negara asing di Jepang.

 

1. Kebutuhan Tenaga Kerja yang Meningkat

Latar belakang utama peningkatan ini adalah adanya penurunan angka kelahiran dan peningkatan jumlah lansia yang menyebabkan banyak perusahaan memilih untuk mempekerjakan warga negara asing.

Diketahui sejak tahun 2019 pemerintah Indonesia menargetkan 70 ribu tenaga kerja ahli untuk dikirimkan ke Jepang. Ini ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja berketerampilan atau Specified Skilled Worker (SSW) untuk bekerja di Jepang.

2. Gaji di Jepang Lebih Tinggi

Besaran gaji yang ditawarkan perusahaan Jepang pada tahun 2024 berkisar antara 790 Yen hingga 1.113 Yen per jam, ini akan disesuaikan kembali dengan UMR di Jepang yang berbeda-beda tergantung wilayah. 

Gaji rata-rata pekerja Jepang pada tahun 2024 adalah 471.000 JPY/bulan. Per Oktober 2024 jumlah tersebut setara dengan Rp48.369.345 per bulan. Angka yang jauh lebih tinggi dibandingkan UMR gaji di Indonesia menyebabkan banyak tenaga kerja Indonesia yang minat bekerja di negara ini.

3. Kualitas Hidup di Jepang Lebih Baik

Tak hanya besaran gaji yang fantastis, Jepang juga menawarkan kualitas hidup yang sangat tinggi. Beberapa diantaranya adalah fasilitas-fasilitas umum yang canggih dan lingkungan yang bersih.

Masyarakat Jepang juga lebih memilih menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi, ini ditujukan untuk menciptakan udara yang bersih dan terbebas dari polusi. Berbagai keuntungan ini dapat dijadikan beberapa alasan mengapa Jepang layak untuk ditinggali.

 

Baca Juga ini: Ketahui Gaji Kerja di Jepang, Syarat, Cara, dan Pekerjaan yang Populer

 

10 Pekerjaan Populer di Jepang?

 

10 Lowongan Pekerjaan Populer di Jepang

 

1. Tenaga IT 

Jepang sebagai negara dengan perkembangan teknologi terdepan di dunia. Ini akan memberikan potensi karir yang baik jika Hunters berminat untuk mendalami bidang ini di negara Jepang.

Namun, kesempatan ini bisa dibilang terbatas karena membutuhkan keahlian dan pengalaman. Selain itu, posisi profesional IT di Jepang banyak diperebutkan oleh banyak orang. Rata-rata gaji per bulan tenaga IT adalah 585.834.000 yen atau setara dengan Rp60.162.222.

2. Teknisi dan Engineer

Bidang manufaktur di Jepang sangat berkembang pesat dan menyediakan berbagai peluang karir yang menarik. Pekerjaan ini juga menawarkan stabilitas karir mengingat pertumbuhan ekonomi Jepang yang stabil dan permintaan yang tinggi.

Posisi yang ditawarkan dapat berupa teknisi produksi, ahli kualitas, ahli perbaikan, operator mesin dan masih banyak lagi. Terdapat keterampilan khusus dan pengetahuan teknis yang dibutuhkan untuk membantu efisiensi dan kualitas produksi yang tinggi.

3. Pekerja Pabrik

Jepang dikenal dengan pembuatan teknologi-teknologi terbaru yang berfokus pada efisiensi. Sektor pabrik memberikan peluang yang kuat dan jenjang karir berkualitas.

Gaji pada bidang ini dapat berbeda-beda sesuai dengan skill yang dimiliki pekerja, pengalaman, dan wilayah. Berdasarkan data Economic Research Institute gaji rata-raya pekerja di Jepang adalah  2.865.341 yen atau sekitar Rp294.256.194 dalam setahun.  

4. Pekerjaan Industri F&B

Lowongan pekerjaan populer Jepang lain yaitu di bidang industri makanan dan minuman. Hunters dapat menjadi staff di sebuah restoran Jepang dan mengerjakan pekerjaan seperti melayani pelanggan, pembuatan makanan dan memproses bahan makanan

Saat ini ada banyak tenaga kerja di Indonesia yang melaksanakan pekerjaan di bidang ini, baik menjadi pekerja paruh waktu atau pekerja tetap. Hunters akan membutuhkan keterampilan berbahasa Jepang yang baik untuk mendukung proses komunikasi dalam industri ini. 

5. Desain Grafis

Seorang desain grafis memiliki tugas untuk menyampaikan sebuah pesan dalam bentuk media visual yang menarik seperti poster, brosur dan melalui media sosial.

Industri kreatif Jepang banyak membutuhkan desainer grafis untuk bekerja di perusahaan mereka. Melalui kontribusi yang diberikan seorang desain grafis perusahaan dapat mempromosikan produk yang dimilikinya.

6. Perawat dan Pekerja Sosial

Naiknya jumlah lansia di Jepang menyebabkan banyak dibutuhkannya banyak sosial dan perawat. Pekerjaan ini biasanya bertugas untuk memberi perhatian penuh pada kesehatan para lansia, seperti rutinitas minum obat dan pengobatan terapi. 

Hunters dapat menjadi perawat lansia, petugas panti jompo, hingga pendamping kesehatan. List perusahaan yang dapat kamu daftarkan adalah SOMPO Care, PT. Nagomi, dan Mitsui Care Center. 

7. Sektor Pertanian

Sektor pertanian merupakan salah satu lowongan pekerjaan populer di Jepang yang terkenal dengan perpaduan teknologi majunya. Peluang kerja yang diberikan cukup besar, tetapi pelamar harus bekerja di daerah pedesaan. 

Tanggung jawab pekerjaan ini adalah pemanenan, penyortiran hasil panen, hingga proses distribusi hasil pertanian. Kamu akan diminta untuk membudidayakan tanaman atau melakukan pemeliharaan hewan ternak.

8. Pegawai Hotel

Industri pariwisata Jepang merupakan salah satu bidang yang sedang berkembang pesat, tetapi terdapat masalah serius yang dihadapi bidang industri perhotelan yaitu kekurangan tenaga kerja. 

House keeping merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini sedang banyak dilakukan oleh tenaga kerja asing. Hunters dapat menempati posisi sebagai resepsionis, manajemen hotel, atau house keeping.

9. Penerjemah

Bidang ini umumnya banyak dicari oleh perusahaan jurnalistik, media, dan konsultan di Jepang. Lowongan pekerjaan populer Jepang satu ini tidak hanya terbatas pada penerjemah bahasa Inggris, tetapi juga terbuka untuk berbagai bahasa lainnya. 

Gaji yang ditawarkan pekerjaan penerjemah atau translator adalah 4.515.000 yen atau setara Rp464.000.000 per tahun. Pekerja pada bidang ini umumnya bertugas membantu menerjemahkan dokumen tertulis dari bahasa Jepan ke bahasa lain dan sebaliknya.

10. Industri Perikanan

Kebanyakan makanan khas Jepang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Hal ini berdampak pada tingginya konsumsi ikan di Jepang dan membuka peluang kerja yang besar mengingat Jepang merupakan negara dengan pasar grosir hasil laut terbesar di dunia.

Bekerja di bidang ini membutuhkan sertifikat lulus Fishing Industry Skills Proficiency Test untuk membuktikan kemampuan pelamar di bidang industri perikanan. Kisaran gaji yang ditawarkan yaitu mulai dari Rp15,000,000 sampai Rp25,000,000 per bulan.

 

Tertarik mengejar karir dengan bekerja di Jepang ?

Yuk konsultasi dengan Schoters untuk bantu persiapan bekerja di Jepang.

Klik tombol di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

10 Lowongan Pekerjaan Populer di Jepang

 

Bagaimana Cara Kerja di Jepang ?

 

10 Lowongan Pekerjaan Populer di Jepang

Sebelum memulai untuk bekerja di Jepang, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan, antara lain:

a. Mempersiapkan Persyaratan Dokumen

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mempersiapkan persyaratan dokumen seperti visa keterampilan khusus, sertifikat keterampilan berbahasa Jepang, paspor, perjanjian kerja, CV, surat keterangan sehat, dan lain-lain.

Visa kerja di jepang merupakan hal yang perlu Hunters perhatikan karena merupakan persyaratan utama bagi warga negara asing yang ingin bekerja di Jepang. Terdapat beberapa jenis visa kerja yang perlu disesuaikan dengan bidang yang pelamar ambil.

b. Mempersiapkan Persyaratan Skill

Skill yang harus dimiliki pelamar kerja tenaga asing adalah kemampuan bahasa Jepang. Perlu diketahui bahwa masyarakat Jepang kurang menguasai penggunaan Bahasa Inggris.

Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan kemampuan bahasa Jepang yang bagus untuk dapat bekerja di Jepang. Skill bahasa Jepang yang harus dikuasai setidaknya berada pada level N4 dalam Japan Foundation Test for Basic Japanese (JFT-Basic) atau Japanese-Language Proficiency Test (JLPT).

c. Mengetahui Tingkat Pendidikan 

Dari segi tingkat pendidikan, biasanya memerlukan kualifikasi yang disesuaikan dengan bidang profesi yang akan kamu ambil. Latar belakang pendidikan Specified Skilled Worker (SSW) biasanya minimal telah menempuh jenjang sarjana

d. Mendaftarkan Diri dengan Jalur yang Tersedia

Pada umumnya terdapat dua jalur pendaftaran yang dapat kamu ambil, yaitu melalui program pemerintah atau melalui program perusahaan swasta. 

 

  • Program pemerintahan

Berasal dari kerja sama antara Jepang dan Indonesia yang memberikan kesempatan luas bagi tenaga kerja Indonesia yaitu program pemagangan dan program G to G. 

Program magang memberikan kesempatan menjadi tenaga kerja magang dengan maksimal waktu lima tahun. Sedangkan program G to G atau government-to-government berada di bawah naungan BNP2TKI masing-masing provinsi dengan fokus khusus bidang kerja keperawatan dan careworkers.

  • Jalur Swasta

Hunters juga dapat mengikuti program perusahaan swasta yang menyediakan  program mutasi kerja dan agensi penyalur tenaga kerja. Jika sudah bekerja di perusahaan Jepang saat di Indonesia, kamu berkesempatan untuk mengikuti program mutasi kerja dengan kesempatan untuk pindah ke salah satu kantor yang terletak di daerah lain, termasuk di luar negeri.

Jika melalui agen penyalur tenaga kerja atau PJTKI (Penyalur Jasa Tenaga Kerja Indonesia) lowongan pekerjaan populer Jepang yang ditawarkan biasanya beragam. Hunters bisa mempercayai PJTKI resmi dengan spesialisasi dalam mengirim tenaga kerja Indonesia ke Jepang, seperti Minori, Sakura Mitra, dan JIAEC.

 

Baca Juga ini: 8 Cara Bisa Kerja di Jepang untuk Peluang Karier Menjanjikan

 

Rekomendasi bimbingan persiapan bekerja di Jepang

Schoters menyediakan program pelatihan dan pendampingan kerja di Jepang yang difasilitasi dengan bimbingan dari konsultan expert agar proses persiapan lebih mudah, terjangkau, dan terarah. 

Tersedia pendampingan karir yang dipersonalisasi sesuai kondisimu untuk mencapai potensi karir terbaikmu! Tunggu apalagi dengan harga bersaing dan kualitas yang terjamin, yuk persiapkan program Work Abroad kamu dengan Schoters!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja di Jepang
Ingin lolos kerja di Jepang? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh bantuan lain untuk memulai karier di luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk persiapan kerja di Luar Negeri, dijamin lengkap dan sesuai kebutuhanmu!

10 Lowongan Pekerjaan Populer di Jepang

Referensi : 

https://portal.jp-mirai.org/id/work/s/work-in-japan/facts-of-foreign-workers-in-japan. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2024