Tidak Hanya Tenses, Ini 7 Macam Macam Grammar Lainnya

Mungkin, masih banyak orang yang beranggapan bahwa grammar itu hanya seputar tenses. Namun, ternyata anggapan tersebut kurang tepat, lo!

Grammar atau tata bahasa memiliki beragam komponen, mulai dari yang terkecil yaitu huruf, sampai panduan penulisannya yaitu tenses.

Berikut artikel ini akan membahas secara lengkap 7 macam-macam grammar bahasa Inggris. Yuk, simak sampai selesai!

 

A. Apa Itu Grammar?

Grammar adalah tata bahasa atau sekumpulan aturan yang digunakan dalam sebuah bahasa untuk menyusun kalimat.

Secara lebih lengkap, grammar terdiri dari sekumpulan aturan kebahasaan yang mencakup sintaksis, morfologi, dan fonologi.

Ketika belajar bahasa Inggris, Hunters perlu memahami grammar agar bisa menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tertulis.

Ada banyak macam macam grammar. Mulai dari part of speech, tenses, dan vocabulary. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

 

7 macam-macam gramar

1. Huruf alfabet

Macam macam grammar yang pertama adalah huruf alfabet. 

Alfabet adalah sistem tulisan yang terdiri dari serangkaian simbol atau huruf yang mewakili bunyi atau suara dalam suatu bahasa. Alfabet terdiri dari huruf-huruf tunggal yang dapat disusun secara berurutan untuk membentuk kata-kata.

Contoh huruf-huruf alfabet dalam bahasa Inggris adalah A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z. 

Meski sama, tapi huruf alfabet dalam bahasa Inggris memiliki cara pengucapan yang berbeda dengan bahasa Indonesia. 

 

2. Tanda baca (punctuation)

Punctuation adalah tanda yang digunakan untuk membantu pembaca memahami hubungan antarbagian dalam sebuah kalimat, mengindikasikan jeda atau intonasi, dan menyampaikan nuansa atau ekspresi tertentu. 

Beberapa contoh punctuation adalah koma (,), titik (.), tanda seru (!), tanda tanya (?), titik koma (;), tanda petik (” “), tanda kurung ( ), dan tanda hubung (-).

 

3. Part of speech

Part of speech merupakan salah satu unsur grammar yang membagi kata menjadi beberapa bagian sesuai dengan fungsinya. 

Part of speech terdiri dari 9 bagian, sebagai berikut:

a. Noun

Noun atau kata benda merujuk pada jenis kata yang digunakan untuk menyebut orang, benda, tempat, atau konsep (ide), atau tindakan. 

Noun berfungsi untuk memberikan identitas atau merujuk pada sesuatu yang dapat dilihat, disentuh, atau dipahami. 

Contoh noun adalah woman, school, dan book.

b. Verb

Verb atau kata kerja adalah jenis kata yang mendeskripsikan tindakan, keadaan, atau kejadian dalam suatu kalimat. 

Verb dapat mencakup berbagai konsep, mulai dari tindakan fisik hingga keadaan mental atau emosional.

Contoh verb adalah run, eat, dan sing.

c. Pronoun

Pronoun atau kata ganti adalah jenis kata yang digunakan sebagai pengganti untuk noun dalam suatu kalimat. 

Fungsi pronoun adalah menghindari pengulangan kata benda yang sama dalam sebuah teks atau percakapan. 

Contoh pronoun adalah she, them, dan is.

d. Adjective

Adjective atau kata sifat adalah jenis kata yang memberikan informasi tambahan tentang noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti benda). Adjective digunakan untuk memberikan deskripsi, kualifikasi, atau karakteristik tambahan terhadap objek yang disebut oleh noun atau pronoun. Dengan kata lain, mereka digunakan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang bagaimana objek tersebut terlihat, rasanya, terdengar, atau berperilaku.

Contoh kata sifat meliputi “besar,” “kecil,” “indah,” “cerah,” “bahagia,” dan “cepat.” Dalam kalimat, adjective seringkali ditempatkan sebelum noun yang dijelaskan, meskipun ada beberapa kasus di mana mereka dapat ditempatkan setelah noun atau bahkan dapat berdiri sendiri sebagai predikat dalam suatu klausa.

e. Adverb

Adverb atau kata keterangan adalah jenis kata yang memberikan informasi tambahan tentang verb, kata sifat adjective, atau adverb lainnya dalam suatu kalimat. 

Adverb digunakan untuk memberikan detail tentang bagaimana, di mana, kapan, sejauh mana, atau seberapa sering suatu tindakan terjadi. 

Contoh adverb adalah quickly, softly, dan greatly.

f. Preposition 

Preposition atau kata depan adalah jenis kata yang menunjukkan hubungan temporal (waktu), spasial (tempat), atau logis antara dua elemen dalam suatu kalimat. 

Preposition biasanya diikuti oleh noun atau pronoun dan membantu membentuk hubungan antara objek tersebut dengan unsur lain dalam kalimat.

Contoh pronoun adalah between, under, dan with.

g. Conjunction

Conjunction atau kata hubung adalah jenis kata yang digunakan untuk menghubungkan kata, frasa, atau klausa dalam suatu kalimat. 

Conjunction membantu membentuk hubungan antara elemen-elemen tersebut dan dapat digunakan untuk menyampaikan hubungan temporal, hubungan sebab-akibat, atau kontras.

Contoh conjunction adalah and, but, dan because

h. Article 

Article atau kata sandang adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan apakah noun yang mengikutinya adalah sesuatu yang spesifik, umum atau tidak spesifik. 

Dalam bahasa Inggris, terdapat dua jenis kata sandang: “the” (definite article) dan “a” atau “an” (indefinite article).

i. Interjection 

Interjection atau kata seru adalah jenis kata yang digunakan untuk menyatakan perasaan, emosi, atau reaksi mendadak dalam suatu kalimat. 

Interjection biasanya digunakan secara terpisah atau diikuti oleh tanda seru atau tanda koma dan berfungsi untuk mengekspresikan perasaan pembicara secara langsung. 

Contoh interjection antara lain “Wow!”, “Bravo!”, dan “Oh!”.

 

Baca juga: Pahami Apa Itu Preposition of Place dan Contohnya

 

4. Frasa

Frasa adalah kelompok kata yang membentuk satuan makna tetapi tidak memiliki subjek atau predikat yang lengkap. Frasa juga merupakan unit bahasa yang lebih kecil dari klausa dan kalimat. 

Frasa dapat terdiri dari berbagai jenis kata, termasuk noun, verb, atau preposition..

5. Klausa

Klausa adalah kelompok kata yang memiliki subjek dan predikat, membentuk unit pemikiran yang lengkap dalam suatu kalimat. Klausa merupakan komponen dasar yang membentuk struktur kalimat lebih besar. 

Terdapat dua jenis klausa yaitu independent clause dan dependent clause.

 

Kamu masih belum jago bahasa Inggris? Tenang, belum terlambat untuk belajar lebih dalam. Schoters punya kelas bahasa Inggris yang bisa bantu kamu lancar berbahasa Inggris, tidak hanya belajar teori saja tetapi juga didukung dengan praktik agar kamu bisa lebih cepat jago bahasa Inggris.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Inggris” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

macam macam grammar

 

6. Kalimat (sentence)

Kalimat adalah rangkaian kata yang membentuk suatu pikiran atau gagasan yang lengkap. 

Kalimat merupakan unit dasar dalam penulisan dan percakapan yang memiliki struktur tertentu dengan satu ide utama atau pernyataan yang jelas. 

Sebuah kalimat dikatakan lengkap apabila mengandung subjek dan predikat.

Ada beberapa jenis kalimat, termasuk kalimat pernyataan (declarative sentence), kalimat pertanyaan (interrogative sentence), kalimat perintah (imperative sentence), dan kalimat seru (exclamatory sentence).

 

7. Tenses

Tenses adalah pola kalimat yang terbentuk berdasarkan keterangan waktu, dan sifat dari peristiwa. 

Dalam bahasa Inggris, terdapat empat bentuk utama tenses:

a. Present tense. 

b. Past tense. 

c. Future tense.

d. Past future tense.

 

Rekomendasi bimbingan belajar bahasa Inggris

Ingin jago dalam bahasa Inggris? Yuk buruan daftar General English Class agar kemajuan berbahasa Inggrismu lebih terarah.

Butuh program bimbingan lainnya untuk belajar bahasa asing? Cek program terbaik dari Schoters, dijamin terlengkap.

macam macam grammar