fbpx

Makanan Khas Lebaran di Seluruh Dunia, Gak Kalah Enak!

Fakta Menarik

Umat muslim baru saja merayakan hari besarnya yaitu Idul Fitri. Umat muslim yang tersebar di seluruh dunia memiliki tradisi tersendiri sesuai budayanya masing-masing dalam merayakan lebaran. Contohnya adalah Turki, bisa kalian cek di sini untuk tradisi lebaran di Turki. Selain tradisi yang berbeda-beda, ternyata makanan-makanan khas lebaran di seluruh dunia juga berbeda-beda, loh. Berikut adalah makanan khas lebaran di seluruh dunia.

Sheer Khurma, Pakistan

Sheer Khurma adalah puding krim dari  Asia Selatan yang disajikan saat  Idul Fitri. Hidangan ini terbuat dari Sevayan, yaitu mie dengan tekstur halus menyerupai mie. Bedanya, Sevayan  lebih kental dari bihun. Sheer Khurma juga kaya akan rempah-rempah seperti kapulaga, kunyit dan aroma bunga. Hidangan ini lezat jika disajikan dengan kacang dan buah kering sebagai lauk.

Lokum, Turki

Lokum merupakan jajanan asal Turki yang sering disajikan saat sejumlah perayaan, termasuk perayaan Idul Fitri. Hidangan ini terbuat dari campuran tepung beras yang dimasak menjadi agar-agar. Lokum biasanya dibentuk menjadi bola-bola kecil seperti marshmallow. Lokum memiliki tekstur yang lengket, di luar ditaburi kacang untuk menambah asin dan manis sekaligus. Meski terlihat kecil seperti dodol di Indonesia, lokum memiliki tekstur yang kenyal dan padat. Maka dari itu, Hunters bisa puas mencicipi lokum hanya dengan satu atau dua potong.

Baklava, Turki

Turki memiliki makanan ringan yang disebut baklava. Sepintas, hidangan ini terlihat seperti kue kering dengan isian selai di tengahnya. Selai ini terbuat dari kacang cincang dan kemudian ditambahkan ke adonan roti.

Baklava adalah jenis makanan ringan di  Turki dan di daerah di mana Kekaisaran Ottoman sebelumnya memerintah. Hidangan ini terdiri dari kenari cincang atau pistachio yang dimaniskan (gula atau madu) dan dibungkus dengan lapisan tipis adonan roti. Baklava sendiri telah ditemukan sejak lama. Salah satu bukti tertua adalah resep baklava  dalam  buku masak abad ke-14 yang ditemukan di Cina. Dalam buku masak ini, baklava disebut güllach.

Baca Juga: Lebaran di Turki

Bolani, Afghanistan

Muslim di Afghanistan merayakan  Idul Fitri dengan hidangan khusus yang disebut Bolani.  Bolani adalah roti pipih dari Afghanistan, dipanggang atau digoreng dengan isian sayuran. Jenis roti ini memiliki kulit yang tipis dan dapat mengandung banyak bahan seperti kentang, lentil, labu, atau daun bawang. Hidangan ini dapat disajikan dengan yogurt tawar atau yogurt mint.

makanan khas lebaran di seluruh dunia

Foto oleh mentatdgt dari Pexels

Kahk, Mesir

Hunters juga dapat menemukan makanan khas Idul Fitri di Mesir. Salah satu hidangan yang paling terkenal saat datangnya Idul Fitri di Mesir adalah kue kahk yang konon sudah ada di Mesir sejak tahun 1540-an di Mesir.

Meloui dan Chicken Bastilla, Maroko

Negara Maroko juga punya makanan  khas Idul Fitri yang sangat enak lho, namanya Meloui dan Poulet Bastilla. Makanan ini selalu tersedia saat Idul Fitri tiba. Meloui adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung, gula, garam, dan ragi, sedangkan Chicken Bastilla adalah kue yang terbuat dari ayam.

Sup Mie La Mian, Tiongkok

Meski dikenal sebagai negara minoritas Muslim, hal ini tidak menyurutkan semangat umat Islam di Tiongkok untuk merayakan Idul Fitri. Terbukti dengan adanya sajian khas negeri ini yang selalu dihidangkan saat lebaran tiba, yaitu mie La Mian. Makanan ini terbuat dari adonan-adonan tepung yang ditarik dengan tangan hingga memanjang.

Tujuh makanan yang telah disebutkan di atas adalah makanan khas lebaran di seluruh dunia. Masih banyak lagi makanan khas lebaran lainnya di seluruh penjuru dunia. Jika kamu berencana untuk bisa mencicipi seluruh makanan khas lebaran di seluruh dunia, setidaknya kamu perlu menguasai Bahasa Inggris maupun Bahasa Lokal di negaranya tersendiri. Mari belajar bahasa sebelum keliling dunia dengan mengklik di sini.

makanan khas lebaran di seluruh dunia

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This