8 Manfaat Kuliah di Luar Negeri untuk Pelajar SMA/SMK

Kuliah di Luar Negeri, 05 Des 2022

Belajar di kampus terbaik di dunia menjadi mimpi bagi beberapa orang. Meski begitu, tidak sedikit orang yang masih ragu untuk bisa menimba ilmu di negeri orang. Agar Hunters semakin yakin dengan mimpimu sendiri. Berikut Schoters berikan 8 manfaat kuliah di luar negeri untuk memantapkan dirimu!  

1. Pilihan Jurusan yang Beragam

Seperti yang diketahui, kampus di luar negeri memiliki lebih banyak pilihan jurusan dan bidang studi yang lebih spesifik. Dengan ini kamu bisa semakin mengerucutkan pilihan dan tujuan kariermu ke depan. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan pengalaman untuk belajar dengan pengajar dan fasilitas terbaik. 

Salah satu manfaat kuliah di luar negeri ini juga bisa didapatkan untuk kamu yang baru lulus SMA dengan beberapa beasiswa bagi pelajar yang ingin menempuh pendidikan Sarjana. 

2. Mempersiapkan Pekerjaan dan Karier di Masa Depan

Menyangkut dengan manfaat kuliah di luar negeri yang pertama, kamu bisa mulai mempersiapkan karier internasional dengan jejaring yang kamu dapat. Bahkan kamu juga bisa mulai mempersiapkan karier di beberapa pekerjaan yang akan banyak dibutuhkan di masa depan. Terlebih di era teknologi dan masa setelah pandemi COVID-19 seperti ini.

3. Mendapatkan Jejaring Internasional

Salah satu manfaat kuliah di luar negeri yang paling berharga adalah jejaring internasional yang akan kamu dapatkan nantinya. Terlebih, tidak semua orang bisa mendapatkan koneksi internasional. 

Melalui koneksi yang kamu dapatkan selama kuliah, kamu juga bisa membuka pintu-pintu kesempatan yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Mulai dari pintu karier, pekerjaan, hingga kesempatan untuk melanjutkan pendidikanmu lebih tinggi lagi. 

4. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Manfaat kuliah di luar negeri lain yang pasti kamu dapatkan adalah skills untuk memahami bahasa asing. Memahami disini tentunya bukan hanya kemampuan di atas kertas, melainkan keterampilan untuk berkomunikasi dengan masyarakat lokal, beradaptasi dengan budaya sekitar, dan meningkatkan keterampilan intelektual mu sendiri. 

            Baca juga: Tips Lolos Beasiswa dengan Nilai atau IPK Pas-Pasan

5. Menjadi Seseorang yang Tangguh dan Adaptif

Tinggal dan belajar di negeri orang jauh dari kata mudah, memang. Kamu harus belajar untuk memahami bahasa asing, memahami karakter orang-orang baru yang akan berbeda dari negaramu, hingga hal-hal kecil seperti mengatur keuangan dan menyiapkan dokumen-dokumen penting selama menjadi warga negara asing.

Belum lagi kamu harus menyamakan langkah dengan sistem pendidikan yang mungkin jauh lebih baik dari tempat asal kamu. Namun meski begitu, kesulitan-kesulitan di atas bisa menjadi salah satu manfaat kuliah di luar negeri untuk kamu hingga menjadikan kamu seseorang yang lebih tangguh dan adaptif. 

6. Meningkatkan Kemampuan Menangani Masalah

Masalah-masalah kecil yang kamu temui selama di Indonesia bisa menjadi cerita yang berbeda ketika tinggal di luar negeri. Namun, karena kamu hanya punya dirimu sendiri kamu bisa melatih kemampuan problem solving sekaligus kemandirian diri. Meski terdengar sepele, hal ini sering dirasakan oleh pelajar Indonesia di luar negeri dan menjadi salah satu manfaat kuliah di luar negeri. Terlebih ketika kembali ke Indonesia. 

7. Melatih Kemampuan Financial Planning

Mengatur keuangan memang gampang-gampang susah, terlebih kalau kamu tinggal di luar negeri dan mengandalkan biaya dari orang tua atau beasiswa. Nilai tukar Rupiah dan mata uang luar yang jauh berbeda membuat kita tidak bisa dengan mudah minta uang tambahan kalau kepepet di akhir bulan.

Melalui tantangan ini, kamu bisa melatih kemampuan financial planning yang bisa kamu pakai di kehidupanmu selanjutnya. Oleh karena itu, manfaat kuliah di luar negeri bisa ini bisa membantumu di masa depan. 

8. Pengalaman Hidup yang Tak Terlupakan

Satu hal yang perlu kamu tahu ketika ingin bersekolah di luar negeri. Dengan beberapa hal yang sudah di sampaikan di atas, pengalaman hidupmu yang tak terlupakan bukan ada di atas lembar ijazah melainkan perubahan-perubahan yang terjadi pada dirimu setelah selesai studi.

Pengalaman hidup ini sangat berharga dan tidak semua orang bisa merasakannya. Oleh karena itu, kamu harus bisa memaksimalkan kemampuan dirimu dan mendapatkan 8 manfaat kuliah di luar negeri di atas. 

Sedangkan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri tapi tidak tahu bagaimana caranya. Yuk cek info konsultasi belajar ke luar negeri dengan klik link di bawah ini!

             Baca juga: Daftar Kampus Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri, Yuk Simak Artikel Ini! 

Konsultasikan Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Berikut negara dengan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk informasi lebih banyak tentang beasiswa dunia, yuk konsultasi dengan pakar beasiswa di sini.

manfaat kuliah di luar negeri