7 Manfaat Kuliah S-2 dan S-3 di Luar Negeri

Melanjutkan studi setinggi-tingginya merupakan mimpi untuk sebagian orang. Tapi studi pascasarjana juga membutuhkan banyak pertimbangan dari waktu hingga biaya sehingga menjadi salah satu alasan mengapa hal ini menjadi dilema bagi beberapa orang.Bagi kamu yang merasa dilema untuk melanjutkan kuliah, berikut Schoters berikan 7 manfaat kuliah S-2 S-3 yang bisa menjadi bahan pertimbangan perencanaan masa depanmu!

1. Meningkatkan Karier

Jika kamu sedang meniti karier di pekerjaan yang menuntut pendidikan yang lebih tinggi seperti dosen dan praktisi atau bahkan untuk mendapatkan promosi di kantor, ini bisa jadi salah satu manfaat kuliah S-2 S-3 kamu. 

Dengan kuliah di luar negeri, kamu bisa mendapatkan pekerjaan dan promosi yang kamu inginkan, kamu juga akan mendapatkan dukungan penuh dari tempat kerjamu sekarang sekaligus meningkatkan nilai diri kamu sendiri.

2. Mendapat Jejaring pada Bidang yang Lebih Spesifik

Beberapa bidang profesi memiliki lingkupan kerja yang lebih sempit daripada yang lain. Salah satu cara untuk memperluas jejaring dan meningkatkan karier adalah dengan melanjutkan kuliah pascasarjana.

Dengan melanjutkan studi S-2 atau S-3, kamu akan sering bertemu dengan orang dengan bidang dan minat yang sama dan dengan beragam latar belakang. Melalui kesempatan ini juga, kamu bisa belajar langsung dari ahli dan pakarnya. Bahkan jika beruntung, kamu bisa ikut terjun ke lapangan untuk mengerjakan penelitian atau projek bersama mereka.

3. Berkembangnya Karakter dan Kemampuan Intelektual

Proses perkuliahan di S-2 dan S-3 bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kesabaran, resiliensi, dan cara berpikir yang matang untuk menghadapi tantangan dan menerima ilmu yang diberikan. Karena tentunya, tugas-tugas yang diberikan memiliki standar yang berbeda dari S-1.

Melalui semua proses belajar yang diberikan, secara tidak langsung karakter dan kemampuan intelektual mu akan berkembang dan bisa menjadi salah satu faktor pembeda dirimu dari orang lain. Selain itu, timbulnya rasa pencapaian dalam diri menjadi salah satu manfaat kuliah S-2 S-3 untuk beberapa orang. 

4. Membangun Karier di Bidang Akademik

Bagi kamu yang memiliki passion untuk bekerja di bidang akademik dan menyukai kegiatan penelitian, melanjutkan studi S-2 dan S-3 adalah langkah yang tepat. Di bangku kuliah, kamu akan belajar lebih banyak tentang metodologi penelitian, teori, dan praktik. Manfaat kuliah S-2 S-3 lain yang paling dicari adalah untuk hingga membangun jejaring dengan akademisi lain.

          Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri 

5. Mewujudkan Mimpi Bersekolah di Luar Negeri

“Belajarlah kamu sampai ke negeri Cina.” Begitulah kata pepatah. 

Jika kamu punya mimpi tinggal di luar negeri, memutuskan untuk melanjutkan studi bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu. Bahkan kamu juga bisa memilih untuk melanjutkan studi sekaligus bekerja pada beberapa beasiswa dan universitas loh. 

6. Menjadi Expert di Bidang Tertentu

Seperti yang kita ketahui, semakin spesifik skill dan pengalaman yang kita punya, semakin besar pula kesempatan dan manfaat yang kita terima. Salah satu cara untuk menjadi ahli di bidang yang kita tuju adalah memperbanyak ilmu dan pengalamannya. Jika kamu memang berniat untuk meniti karier dengan fokus skill tertentu, melanjutkan belajar di jenjang yang lebih tinggi adalah keputusan yang bisa kamu coba. Terlebih dengan beberapa manfaat kuliah S-2 S-3  yang sudah dijelaskan di atas.

7. Dapat Membantu Mengubah Tujuan Karier

Life is learning dan terkadang kita baru menemukan passion ketika setelah lulus S-1 atau bahkan saat kamu sedang bekerja dengan bidang yang jauh berbeda dengan ijazahmu. Makanya, sebagian orang mengatakan bahwa waktu setelah kuliah S-1 merupakan sekolah sepanjang hidup. 

Bagi kamu yang ingin mengambil bidang studi yang berbeda dengan latar belakang pendidikanmu, beberapa bidang studi S-2 di Indonesia dan luar negeri ternyata memperbolehkan mahasiswanya untuk bisa lintas jurusan. Tapi memang meski diperbolehkan, ada beberapa kebijakan yang mengharuskan untuk mengambil kelas tambahan atau pengantar di awal sebelum masuk kuliah. 

Nah, bagi kamu yang ternyata merasa cocok dengan 7 manfaat kuliah S-2 S-3 di atas tapi kesulitan untuk memutuskan tujuan universitas dan persiapan berkas. Schoters menawarkan konseling beasiswa dengan penawaran terbaik untukmu. Klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

            Baca Juga: Tips Lolos Seleksi Beasiswa

Persiapkan Kuliah di Luar Negeri dengan Schoters

Mau agar persiapan daftar kuliah di luar negeri menjadi lebih terarah? Mau kuliah gratis di luar negeri dengan beasiswa? -> Yuk siapin bareng mentor Schoters!

Bingung bagaimana cara mendapatkan dokumen persyaratan seperti CV, motivation letter, dan essay? -> Dapatkan semua kebutuhan pendaftaran kamu di sini.

Manfaat Kuliah S2 S3