Ketahui 7 Materi SNBT 2023 dan Tips Persiapannya

Sudah sampai mana persiapan tes SNBT-nya Hunters? Berikut info lengkap seputar materi SNBT 2023 dan tips belajarnya!

Selayang pandang materi SNBT 2023

SNBT atau Seleksi Nasional Berbasis Tes adalah nama baru untuk SBMPTN yang biasa dipakai di tahun-tahun sebelumnya. Seleksi ini digunakan untuk tes masuk perguruan tinggi melalui hasil tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan bisa ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan PTN Akademik, Vokasi atau Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN) yang siswa tuju.

Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) ini dapat diikuti oleh pelajar angkatan 2021 hingga 2023 dari jenjang pendidikan SMA/MA/SMK dan sederajat serta lulusan paket C di tahun yang sama. Untuk biaya tes sendiri akan ditanggung oleh peserta dengan subsidi dari pemerintah.

Materi SNBT 2023

Secara garis besar, terdapat 3 materi SNBT 2023 yang akan diujikan, yaitu Tes Potensi Skolastik, Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Selanjutnya, 3 materi SNBT 2023 tersebut dipecah lagi menjadi 7 subtes SNBT. Berikut info lengkapnya dari 7 subtes SNBT tersebut.

1. Kemampuan penalaran umum

Tes kemampuan penalaran umum terdiri dari 30 soal dengan waktu pengerjaan 30 menit. Dengan waktu yang hanya berdurasi 30 menit, maka setidaknya kamu harus menyelesaikan 1 soal selama 60 detik saja.

2. Kemampuan kuantitatif

Subtes kemampuan kuantitatif memiliki 15 soal yang harus dikerjakan selama 20 menit. Sehingga, setidaknya kamu harus menjawab 1 soal dengan waktu 1,3 menit saja. Materi SNBT 2023 yang keluar di subtes ini antara lain bilangan, aljabar fungsi, statistika, peluang, dan geometri.

3. Pengetahuan dan pemahaman umum

Materi SNBT 2023 selanjutnya adalah pengetahuan dan pemahaman umum yang memiliki 15 soal yang harus dikerjakan selama 20 menit. Dengan demikian, setidaknya kamu harus menjawab 1 soal dengan waktu 1,3 menit saja. Topik tes pengetahuan dan pemahaman umum yang akan diujikan adalah sinonim, ide pokok makna, kesesuaian wacana, hubungan antar paragraf, dan kata bentuk kata.

4. Kemampuan memahami bacaan dan menulis

Subtes kemampuan memahami bacaan dan menulis memiliki 20 soal yang harus dikerjakan selama 25 menit. Sehingga, setidaknya kamu harus menjawab 1 soal dengan waktu 1,25 menit saja.

5. Penalaran matematika

Materi SNBT 2023 penalaran matematika sering menjadi tantangan bagi banyak siswa. Materi yang diujikan juga cukup luas. Tes ini memiliki 20 soal yang harus diselesaikan maksimal 30 menit. Jadi, sekurang-kurangnya kamu harus menjawab 1 soal selama 1,5 menit.

6 & 7 Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Materi SNBT 2023 literasi bahasa Indonesia, kamu akan diberi waktu 45 menit dengan 30 soal. Sedangkan pada literasi bahasa Inggris, kamu akan diberikan waktu selama 30 menit dengan 20 soal.

 

Baca Juga: Simak Info Lainnya Seputar SNBT yang Wajib Kamu Ketahui!

 

3 tips persiapan SNBT 2023

Seperti yang Hunters tahu, tes SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) merupakan ujian yang paling penting dan stressful untuk para siswa SMA tingkat akhir. Agar kamu bisa mendapatkan hasil tes yang maksimal secara efektif dan mengurangi stress belajar, berikut tips persiapan SNBT yang dapat Hunters lakukan di rumah.

1. Kenali dan pahami pola soal

Sebenarnya, pola soal dari tahun ke tahun tetaplah sama. Hanya terkadang soal yang diujikan akan diubah angka dan ceritanya. Daripada fokus pada banyaknya soal, mulailah untuk mengenali dan memahami pola soal.

2. Mengikuti try out rutin

Tak dipungkiri, mengikuti try out dengan rajin dapat melatih familiaritas Hunters dengan soal-soal yang akan diujikan nantinya. Selain itu, kamu juga akan semakin tahu tentang kelebihan dan kekurangan dalam menjawab soal dengan jangka waktu tertentu.

3. Istirahat yang cukup

Selain 2 tips persiapan SNBT di atas, Hunters juga harus tahu kapan harus berhenti dan beristirahat, ya. Pastikan kamu belajar dengan efektif dan memahami materi daripada harus belajar berjam-jam di depan buku atau laptop, tetapi fokusnya terpecah karena kelelahan.

 

Tanggal penting SNBT 2023

1. Pendaftaran UTBK-SNBT : 23 Maret – 14 April 2023
2. Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 : 08 – 14 Mei 2023
3. Pelaksanaan UTBK Gelombang 2 : 22 – 28 Mei 2023
4. Pengumuman Hasil dari SNBT : 20 Juni 2023
5. Masa Pengunduhan Sertifikat UTBK : 26 Juni – 31 Juli 2023

Sumber: https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/?mid=9

 

Alternatif lain masuk kuliah selain jalur SNBT

Selain mempersiapkan bahan belajar dan menggunakan 3 tips persiapan SNBT di atas, Hunters bisa membuat plan B dalam merencanakan studimu. Salah satunya adalah kuliah luar negeri dengan beasiswa.

Jika Hunters ternyata juga punya mimpi untuk kuliah luar negeri dengan beasiswa, maka gapai mimpimu mulai sekarang! Melalui persiapan dokumen, wawancara hingga perencanaan keuangan yang tepat, maka mimpi kuliah ke luar negeri untuk S1 bukan jadi angan-angan semata.

Yuk rencanakan dengan matang persiapan kuliah luar negeri dan beasiswanya dengan konsultasi bersama Schoters Study Abroad Academy (SAA) berikut ini!

 

Baca Juga: Lulus SMA Ingin Kuliah di Luar Negeri? Simak 10 Beasiswa S1 Fully Funded ke Luar Negeri

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri

Ingin dibimbing untuk mendapatkan pilihan beasiswa dan universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa dan masuk universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)