Simak 5 Tips Memilih Jurusan UTBK-SBMPTN, Dijamin Lolos!

Masuk dan berkuliah di PTN favorit merupakan impian setiap pelajar Indonesia. Banyak cara yang dilakukan untuk diterima di PTN Favorit. Selain belajar giat dan mengikuti bimbel guna lulus SBMPTN. Kamu harus memiliki tips trick agar membuatmu lolos ke PTN favoritmu. Berikut 5 Tips Memilih Jurusan yang menjamin kamu Lolos SBMPTN.

1. Mengenali Potensi Diri

Kenalilah dirimu

Kenalilah dirimu, sebelum menentukan PTN dan jurusan kuliah yang kita inginkan, kita wajib mengenali potensi diri kita terlebih dahulu. Tujuannya supaya kita bisa mengetahui jurusan yang cocok dengan sifat dan karakter kita.

 

2. Tentukan PTN dan Progam Studi yang Sesuai Profilmu

Tentukan Langkahmu

Tentukan Langkahmu, nah kamu harus memperhitungkan kemampuan hasil pre tes atau try out kita. Jadi kalau nilai kita belum mencapai passing grade try out, mungkin kita bisa coba alternative PTN lain dengan passing grade yang lebih rendah.

 

Baca juga : CV untuk beasiswa? Ini Dia 8 Tips untuk Membuat CV Kamu Lolos Program Beasiswa

 

3. Kepoin Pesaing Calon Mahasiswa Lain

Kepoin Pesaingmu

Kepoin Pesaingmu, terlihat sepele? Karena kita tinggal di perkotaan besar?. Padahal, kita perlu tahu juga potensi tiap daerah. Mungkin saja ada satu daerah yang terkenal jago Matematika. Jadi, coba kita cari tahu soal pemetaan persaingan peminat Universitas negeri yang kita tuju. Agar bisa meningkatkan usaha kita memberikan hasil terbaik saat ujian nanti.

 

4.Usahakan ketiga Pilihan Berada dalam Jurusan yang Sama

Jangan Asal Milih Jurusan

Jangan Asal Milih Jurusan, saat memilih jurusan tersebut pada ketiga pilihan, usahakan kamu harus mencantumkan jurusan yang sama walaupun universitasnya berbeda. Peluang kamu untuk lolos SBMPTN akan semakin besar. Karena perhitungan tersebut sangat logis dan tentu ada keseriusan kamu dalam memilih jurusan tersebut.

 

5.  Melakukan Strategi Kombinasi Pilihan Universitas

strategi kombinasi pilihan universitas.

Strategi kombinasi pilihan universitas, kamu juga bisa melakukan strategi kombinasi pilihan universitas. Dalam SBMPTN, kamu bisa memilih 3 jurusan di 3 universitas yang berbeda. Hal ini bisa menjadi salah satu strategi pemilihan jurusan. Dengan tidak bermaksud merendahkan universitas lainnya lho ya. Maka strategi ini bisa dilakukan dengan cara:

  1. Pilihan Pertama : adalah pilihan jurusan di Universitas ternama di Indonesia, misalkan UI, UGM, ITB, ITS, IPB.
  2. Pilihan Kedua : adalah pilhan jurusan di Universitas yang peringkatnya berada di bawah pilihan pertama.
  3. Pilihan Ketiga : adalah pilihan jurusan di Univeritas yang peringkatnya di bawah pilihan kedua.

Strategi ini bisa digunakan untuk kamu yang hanya berminat pada 1 jurusan saja. Misal kamu hanya berminat kuliah di jurusan Akuntansi. Maka strategi ini bisa kamu terapkan.

Demikian strategi pemilihan jurusan untuk SBMPTN yang akan kamu hadapi. Selamat mencoba dan Semangat ya! ⠀

Baca Juga : Lihat Kisah Pendaftar SBMPTN yang Gagal, Lalu Melanjutkan Studi ke Korea dengan Beasiswa

 

Alternatif Jika Tidak Lolos UTBK-SNBP

Selain mempersiapkan diri dengan 5 tips memilih jurusan UTBK-SBMPTN di atas, Hunters bisa membuat plan B atau dalam merencanakan studimu. Terlebih jika Hunters belum menemukan jurusan yang sesuai di Indonesia atau menginginkan pendidikan yang lebih baik di luar negeri. Salah satu rencana lain yang bisa Hunters lakukan adalah kuliah luar negeri dengan beasiswa.

Jika kamu ternyata juga punya mimpi untuk kuliah luar negeri dengan beasiswa, maka gapai mimpimu mulai sekarang! Melalui persiapan dokumen, wawancara, hingga perencanaan keuangan yang tepat, maka mimpi kuliah ke luar negeri untuk S1 bukan jadi angan-angan semata.

Yuk rencanakan dengan matang persiapan kuliah luar negeri dan beasiswanya dengan konsultasi bersama Schoters Study Abroad (SAA).

 

3 Rekomendasi Beasiswa Fully Funded untuk S1

Bagi Hunters yang belum menemukan jurusan kuliah di Indonesia atau ingin memperdalam suatu ilmu di universitas luar negeri, Hunters bisa mencoba 3 rekomendasi beasiswa Fully Funded untuk S1 di bawah ini!

1. Chinese Government Scholarship

Beasiswa fully funded untuk S1 yang bisa Hunters coba berasal dari Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok. Beasiswa ini diberikan kepada lulusan SMA yang berada dibawah umur 25 tahun ketika melamar.

Sebagai seorang awardee, Hunters untuk mendapatkan manfaat beasiswa seperti:

  1. Pembebasan biaya kuliah, seperti biaya administrasi dan SPP.
  2. Akomodasi asrama universitas atau subsidi asrama.
  3. Biaya bulanan sebesar CNY 2.500.

Bagaimana, cukup lengkap bukan kehidupan sehari-hari dan biaya kuliahnya. 

2. Monbukagakusho (MEXT) Gakubu (S1)

Beasiswa fully funded untuk S1 selanjutnya diberikan dari Pemerintah Jepang untuk para siswa SMA dengan umur maksimal 24 tahun ketika mendaftar. Sebagai seorang awardee, Hunters untuk mendapatkan manfaat beasiswa seperti:

  1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya, termasuk biaya persiapan.
  2. Tunjangan hidup sehari-hari sebesar YEN 117.000 per bulan.
  3. Tiket pesawat PP Jepang – Indonesia
  4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar
  5. Tidak ada ikatan dinas.

Jika kamu punya mimpi studi ke Jepang, maka beasiswa ini bisa menjadi alternatif bagi Hunters, ya. 

3. Jadine Scholarship

Beasiswa fully funded untuk S1 selanjutnya diberikan dari Jardine Matheson (Inggris) untuk para siswa SMA dari negara partner, salah satunya Indonesia. Sebagai seorang awardee, Hunters untuk mendapatkan manfaat beasiswa seperti:

  1. Biaya kuliah akan dibayarkan langsung ke kampus (kecuali biaya tempat tinggal).
  2. Tunjangan hidup per tahun.
  3. Biaya kesehatan imigrasi Inggris
  4. Tiket pesawat PP Indonesia – Inggris.

Jika Hunters punya mimpi studi ke Inggris, maka beasiswa ini bisa menjadi alternatif yang tepat untukmu, ya. 

4. Beasiswa KAIST S1

Selain beberapa beasiswa dari lembaga swasta dan pemerintah di atas, Hunters juga bisa mencari kesempatan beasiswa dari universitas tujuan Hunters loh. 

Salah satu beasiswa universitas yang tidak kalah bagusnya adalah Beasiswa KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology). Jadi, beasiswa ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Hunters yang ingin kuliah di bidang teknologi. Sedangkan manfaat beasiswa yang bisa Hunters dapatkan antara lain:

  1. Uang kuliah atau tuition free.
  2. Uang saku sebesar $300 per bulan.
  3. Biaya asuransi kesehatan nasional.

Satu hal lain yang harus Hunters perhatikan dari beasiswa ini adalah jadwal pendaftaran beasiswa dan seleksi masuk universitasnya bersamaan ya. Jadi pastikan Hunters sudah mempersiapkan diri sebelumnya. 

5. International Student Scholarship

Beasiswa Fully Funded S1 selanjutnya datang dari negara Malaysia. Albukhary International University membuka kesempatan untuk pelajar internasional di jenjang S1 untuk bisa mendapatkan beasiswa penuh selama belajar di sana. Sedangkan manfaat beasiswa yang bisa Hunters dapatkan antara lain:

  1. Biaya kuliah.
  2. Tunjangan konsumsi sebesar 450 RM per bulan.
  3. Tunjangan akomodasi sebesar 300 RM per bulan.

Selain beasiswa Fully Funded, Hunters juga bisa mencoba beasiswa partial dari Albukhary International University. 

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Beasiswa Luar Negeri

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.