Mengenal Berbagai Beasiswa S2 Brunei Darussalam

Melanjutkan pendidikan jenjang Master adalah impian oleh banyak orang. Kalau kamu tertarik mengejar gelar Master di salah satu negara Asia Tenggara, Brunei Darussalam bisa menjadi salah satu pilihan ideal bagi pelajar internasional. Kualitas pendidikan kelas dunia, program studi yang beragam serta lingkungan yang multikultural dan aman bagi pelajar internasional merupakan kelebihan yang ditawarkan Brunei Darussalam kepada pelajar internasional.

Tidak hanya itu, terdapat banyak beasiswa S2 Brunei Darussalam yang tersedia bagi pelajar internasional yang ingin menempuh studi di Brunei. Apa saja beasiswa S2 Brunei Darussalam tersebut? Simak ulasan singkatnya di bawah ini. 

1. Beasiswa S2 Brunei Darussalam: Brunei Darussalam Government Scholarship

Brunei Darussalam Government Scholarship adalah beasiswa S2 Brunei Darussalam yang dibuka oleh Pemerintah Brunei Darussalam kepada pelajar internasional yang berminat pendidikan jenjang Master di berbagai universitas di Brunei Darussalam, antara lain:

  1. Universiti Brunei Darussalam (UBD);
  2. Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA);
  3. Universiti Teknologi Brunei (UTB);
  4. Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB) dan;
  5. Politeknik Brunei (PB).

 

Cakupan beasiswa

Program beasiswa S2 Brunei Darussalam mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pembebasan biaya kuliah termasuk biaya pendaftaran, ujian, registrasi dan orientasi selama studi;
  2. Tiket penerbangan kelas ekonomi PP;
  3. Tunjangan bulanan sebesar BND$500;
  4. Tunjangan konsumsi bulanan sebesar BND$150;
  5. Tunjangan buku tahunan sebesar BND$600;
  6. Jatah tempat tinggal atau akomodasi di asrama kampus universitas atau politeknik;
  7. Tunjangan pengiriman bagasi bagi penerima beasiswa di akhir masa studi sebesar maksimal BND$250 ke negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia;
  8. Biaya asuransi Kesehatan selama periode studi.

 

Persyaratan beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

  1. Berusia maksimal 35 tahun pada hari pertama bulan Juli saat program studi dimulai.
  2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris baik yang dibuktikan dengan menunjukkan skor IELTS minimal 6.0 atau skor TOEFL minimal 550 atau skor GCE O Level Examination dengan Credit 6 atau skor IGCSE English dengan Grade C.

 

Baca Juga: Lihat 5 Universitas Teratas di Negara Brunei Darussalam

 

2. Beasiswa S2 Brunei Darussalam: ESED Scholarship

Program beasiswa Education for Sustainable Energy Development (ESED Scholarship) adalah beasiswa S2 Brunei Darussalam yang ditawarkan oleh Global Sustainable Electricity Partnership (GSEP), sebuah asosiasi internasional yang dibentuk oleh CEO perusahaan listrik multinational di seluruh dunia.

Program beasiswa ini ditujukan kepada pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan Master di bidang terkait pengembangan energi berkelanjutan (sustainable energy development) di berbagai universitas di negara berkembang, termasuk Brunei Darussalam.

Cakupan beasiswa

Penerima beasiswa ini berhak mendapatkan beasiswa bernilai maksimal US$10.000 per tahun (beasiswa dapat diberikan maksimal selama 2 tahun)

Persyaratan beasiswa   

Beberapa persyaratan umum yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini antara lain :

  1. Mendaftar program studi penuh waktu jenjang S2 di bidang yang terkait dengan pengembangan energi berkelanjutan (sustainable energy development), seperti zero carbon energy, smart grids, electric transportation, energy storage, advanced electricity technologies, public policy, economics, law, political science dan lain-lain.
  2. Memiliki komitmen untuk berkontribusi pada pembangunan negara asal setelah studi.
  3. Memiliki prestasi akademik baik dan berada dalam deretan 20% terbaik pada jenjang pendidikan sebelumnya.
  4. Memiliki komitmen pengembangan zero carbon energy.
  5. Memiliki rekam jejak pengembangan komunitas.

 

Tertarik melanjutkan pendidikan dengan beasiswa S2 Brunei Darussalam dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa S2 Brunei Darussalam yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

3. CIMB Asean Scholarship

Beasiswa S2 Brunei Darussalam lainnya yang juga bisa dicoba adalah CIMB ASEAN Scholarship, yang ditawarkan oleh bank CIMB kepada pelajar internasional dari negara ASEAN yang ingin mengejar gelar Master di berbagai perguruan tinggi di negara ASEAN, termasuk  Brunei Darussalam. 

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Seluruh biaya akademik yang dibutuhkan, termasuk biaya pendaftaran, ujian dan biaya kuliah;
  2. Biaya hidup (living allowance);
  3. Biaya lain-lain seperti biaya penerbangan dan biaya visa.

Persyaratan beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa ini, beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain:

  1. Warga negara ASEAN, termasuk Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam atau Filipina yang akan memulai studi di jenjang S2 di salah satu universitas di negara ASEAN, termasuk Brunei Darussalam.
  2. Sudah memiliki unconditional offer dari universitas.
  3. Berminat melanjutkan karir di bidang financial and banking.
  4. Mahasiswa yang sudah menempuh studi dengan sisa durasi studi 1 (satu) tahun akademik juga dapat mendaftar program beasiswa ini.
  5. Memiliki CGPA minimal 3.25 (dalam skala 4.0) dengan prestasi akademik yang baik dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler.
  6. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya.

 

Baca Juga: Cek Rekomendasi Beasiswa Untuk Jenjang S1 di Brunei Darussalam

 

Rekomendasi bimbingan lolos beasiswa S2 Brunei Darussalam

Ingin lolos mendapatkan beasiswa S2 Brunei Darussalam? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa S2 Brunei Darussalam? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap. 

Beasiswa S2 Brunei Darussalam