fbpx

Mengenal Tes SAT, A Level, dan EJU

Artikel Pilihan, Fakta Menarik, Tips & Trik

Scholarship Hunters, terkadang saat ingin mendaftar kuliah di luar negeri, terdapat syarat harus mengumpulkan nilai ujian tes SAT, A level, atau tes EJU. Bingung gak sih dengan tes-tes yang dimaksud? Mengapa kita butuh nilai itu? Cara mengikuti ujiannya bagaimana? Apa saja yang akan diuji? Jangan pusing dulu karena hal ini akan kita bahas satu per satu di artikel ini.

Baca Juga: Tips Membuat Essay yang Juara untuk Beasiswa

Tes SAT

Buat kamu yang ingin meneruskan studi S1 di Amerika, Singapura, atau Australia  kamu butuh skor SAT nih. SAT  atau kepanjangannya Scholastic Aptitude Test adalah ujian standardisasi yang diciptakan oleh College Board untuk murid-murid lulusan SMA yang ingin melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Namun, tes ini diakui secara global dan tak hanya di Amerika saja. Tes ini juga menjadi penentu penerimaan mahasiswa universitas di Singapura, Finladia, Australia, dan lainnya.

Tes SAT Reasoning Test diadakan 7 kali dalam setahun dan biasanya tes ini akan menguji keterampilan membaca, menulis, dan Matematika. Hal-hal yang akan diuji ialah berikut ini:

Untuk biaya, lokasi, dan informasi jadwal test, dapat dilihat di tautan berikut.

Tes A Level

Sama seperti SAT, A Level adalah ujian kualifikasi yang diakui secara internasional dan dibutuhkan untuk masuk ke universitas luar negeri di jenjang S1. Tes A-level ini dikeluarkan oleh lembaga Cambridge International Examinations (CIE) dan digunakan sebagai persyaratan masuk ke universitas luar negeri. Contoh negara yang menerima hasil ujian A Level adalah Inggris, Jerman, Austria, Norwegia dan beberapa universitas di Belanda.

Biasanya universitas di Inggris mengharuskan siswa untuk lulus di tiga mata pelajaran A-level, namun Scholarship Hunters harus memeriksa persyaratan untuk masuk universitas yang kamu tuju ya! Untuk informasi terkait mata pelajaran yang bisa diambil dan jadwal tesnya, silakan lihat di sini.

Tes EJU

EJU atau yang disebut juga sebagai Nihon Ryuugaku Shiken (日本留学試験), ialah ujian kualifikasi yang diakui dan merupakan syarat utama yang harus ditempuh bagi seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S1 di Jepang. EJU sendiri dikelola dan dikeluarkan oleh Japan Student Service Organization (JASSO). Ujian ini dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan November. Pelajaran yang diujikan dalam EJU ini adalah Japanese as Foreign Language, Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Biologi, dan Kimia), Japan and The World, dan Matematika. 

Ujian EJU tersedia dalam dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Jika ingin masuk program S1 dengan bahasa pengantar bahasa Jepang, maka harus mengikuti ujian EJU dalam bahasa Jepang. Jika ingin masuk program S1 dengan bahasa Inggris maka mengikuti EJU dalam bahasa Inggris. Biaya yang dikeluarkan untuk ujian EJU ini tidak lah mahal, hanya Rp.66.000 kamu bisa memilih 3 mata ujian yang akan diujikan sesuai dengan peminatan jurusan di universitas Jepang. Untuk informasi mengenai pendaftarannya, cek di sini

Baca Juga: Mau Kuliah di Jepang? Ini 5 Kampus Terbaik di Jepang

Jika kamu merasa kesulitan saat proses pendaftaran beasiswa atau saat mempersiapkan ujian-ujian seperti di atas, bisa banget konsultasi ke expert di Schoters, lho! Kamu bisa mendapat bimbingan persiapan tes SAT, A Level, atau EJU dan juga rekomendasi beasiswa!

Klik di sini untuk informasi selengkapnya, atau langsung chat dengan klik icon biru di pojok kanan bawah, ya!

Pin It on Pinterest

Share This