Beasiswa MEXT Tokyo Institute for Technology untuk Kuliah di Jepang

Info Beasiswa, 02 Nov 2022

Tokyo, ibu kota negara Jepang yang terkenal akan pemandangan kota, makanan, busana, dan pastinya anime. Kota ini memiliki beragam hal yang menjadi daya tarik bagi turis asing. Tidak hanya itu saja, pendidikan di kota Tokyo pun juga menjadi incaran para pelajar internasional.

Salah satunya Tokyo Institute of Technology. Universitas ini merupakan lembaga terbesar pendidikan tinggi di Jepang untuk ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dalam ilmu alam dan teknik lapangan. Tokyo Tech berada di peringkat 56 dengan overall score 73,5 menurut QS World University Rankings 2022. Sementara di Asia, berada di peringkat 49 berdasarkan The Times Higher Education (THE) Asia University Rankings 2022.

Bagi Hunters yang ingin melanjutkan pendidikan S-2 dan S-3 di sini, Tokyo Tech menawarkan beasiswa MEXT University Recommendation - International Graduate Program (A). Beasiswa ini sudah dibuka sejak 12 September 2022 sampai dengan 7 Desember 2022. Lalu, apa saja manfaat, persyaratan, dan dokumen yang dibutuhkan? Simak informasi di bawah ini ya, Hunters!

Cakupan Beasiswa

  1. Biaya pendidikan
  2. Biaya perjalanan tiket pesawat pulang-pergi ke Jepang
  3. Tunjangan sebesar JPY 147.000 untuk siswa master, dan JPY 148.000 untuk mahasiswa doktoral atau masing-masing setara dengan Rp 15.000.000 (tunjangan ini dapat berubah seperti yang ditentukan oleh peraturan program beasiswa MEXT)

Persyaratan Beasiswa

  1. Pelamar yang telah berhasil menyelesaikan 16 tahun pendidikan di luar Jepang atau yang diharapkan pada hari sebelum pendaftaran.
  2. Pelamar yang telah lulus dari universitas atau perguruan tinggi di Jepang atau yang diharapkan pada hari sebelum tanggal pendaftaran.
  3. Pelamar yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan tiga tahun atau lebih di universitas atau perguruan tinggi di luar Jepang dan memperoleh gelar yang setara untuk gelar sarjana atau yang diharapkan pada hari sebelumnya tanggal pendaftaran.
  4. Pelamar yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan selama 15 tahun, dinilai serta diakui, dan memiliki catatan akademis yang luar biasa.
  5. Pelamar yang negaranya tidak mensyaratkan pendidikan 16 tahun sebelum menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana tetapi memenuhi kedua kondisi yang tercantum di bawah ini, dan dinilai serta diakui secara individual oleh sekolah yang relevan di Tokyo Tech:
    a) Pelamar yang telah menghabiskan setidaknya satu tahun sebagai mahasiswa penelitian atau rekan peneliti di universitas atau lembaga penelitian di dalam atau di luar Jepang, setelah berhasil menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana;
    b) Pelamar yang berusia minimal 22 tahun pada hari sebelum pendaftaran.

          Baca juga: Kuliah di Tokyo Tech, Jepang dengan beasiswa GSEP MEXT

Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Formulir aplikasi
  2. Foto pelamar
  3. Program bidang studi
  4. Transkrip akademik
  5. Sertifikat kelulusan dan gelar
  6. Ringkasan tesis atau penelitian (format bebas)
  7. Laporan skor tes kemahiran bahasa Inggris (IELTS minimum 6,0 B2 / TOEFL iBT minimum 72 B2)
  8. Surat rekomendasi dari dekan atau pejabat setara dari universitas terakhir yang ditujukan kepada presiden Tokyo Institute of Technology
  9. Lembar evaluasi dengan rekomendasi (dalam satu dokumen) dari pengawas atau kepala departemen atau pejabat serupa dari universitas terakhir
  10. Paspor
  11. Persetujuan dari anggota fakultas Institut Teknologi Tokyo
  12. Biaya aplikasi

Cara Mendaftar

  1. Hubungi supervisor akademik yang dimaksud. Dapatkan email / surat persetujuan dari pengawas akademik yang Hunters inginkan untuk diterima di laboratoriumnya. Kirimkan CV, transkrip, dan lainnya seperti yang diminta
  2. Email salinan surat ke divisi penerimaan di ryugakusei@jim.titech.ac.jp. Hunters akan menerima URL dan kata sandi yang diperlukan untuk mengakses sistem aplikasi online dalam waktu sekitar satu minggu.

Jurusan yang Tersedia

  1. Ilmu Pengetahuan Alam: Matematika, Fisika, Ilmu Bumi, Kimia
  2. Ilmu Hidup dan Teknologi: Bioteknologi
  3. Teknik: Teknik Listrik, Mesin, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Industri, Ilmu Pengetahuan dan Teknik Material, Teknik Lingkungan, Teknik Informatika, Sistem dan Manajemen Teknik, Ilmu Transdisipliner dan Teknik
  4. TIK: Ilmu Data
  5. Arsitektur: Arsitektur

Hunters, Itu dia informasi beasiswa MEXT Tokyo Institute of Technology di Jepang. Pastinya akan lebih banyak lagi manfaat yang akan kamu dapat di sana. Apakah kamu berminat? Tunggu apalagi, yuk segera daftarkan diri kamu.

          Baca juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Siapkan Pendaftaran Bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

mext tokyo institute of technology