5 Tips Jitu Menulis Motivation Letter Beasiswa Luar Negeri

Tips & Trik, 22 Sep 2022

Saat membaca persyaratan beasiswa, khususnya yang ada di luar negeri, kita semua pasti sering mendengarkan istilah “motivation letter”. Dokumen ini merupakan salah satu syarat penting dalam tahap seleksi. Sebenarnya apa itu motivation letter? Lalu, bagaimana tips jitu untuk mengerjakannya? 

Motivation letter berbeda dengan cover letter, jika cover letter biasa digunakan untuk melamar pekerjaan, motivation letter adalah dokumen yang sering digunakan dalam dunia pendidikan seperti saat mendaftar beasiswa atau seleksi masuk program studi. “Motivation letter” terkadang juga dapat disebut sebagai “personal statement” atau istilah lainnya. Secara singkat, motivation letter adalah dokumen yang dibuat dengan tujuan meyakinkan komite seleksi bahwa pelamar adalah kandidat yang tepat untuk beasiswa atau program yang mereka tawarkan.

Tidak hanya melalui Curriculum Vitae (CV), komite beasiswa akan mengamati motivation letter pelamar untuk mendapatkan gambaran pelamar secara personal dan bagaimana seseorang mampu menceritakan kepribadiannya secara utuh dalam sebuah paragraf yang urut. Dalam kasus seleksi beasiswa, motivation letter yang baik akan membuat komite seleksi mengenal lebih dalam sisi terbaik pelamar dan meyakini bahwa orang tersebut cukup kompatibel untuk menerima beasiswa. 

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menulis motivation letter yang baik adalah:

Cari Informasi tentang Program Beasiswa 

Sebelum menulis, cari informasi terlebih dahulu tentang program beasiswa atau program studi yang akan dilamar. Semua beasiswa memiliki kriteria awardee tersendiri dan bahkan tidak sama antara beasiswa satu dengan yang lain. Sisihkan waktu luang untuk melakukan riset mendalam. Cari informasi se-detail mungkin dan pastikan informasi tersebut valid dan up to date. Setelah melakukan riset, pastikan bahwa kamu adalah yang mereka cari dan kompatibel dengan program yang mereka tawarkan.

          Baca juga: Top 20 Pertanyaan Umum Interview Beasiswa Beserta Jawabannya

Bersifat Personal dan Original

Motivation letter yang baik harus bersifat personal, unik dan tidak sama dengan orang lain. Ketika CV menjabarkan secara kronologis prestasi dan pengalaman seseorang, motivation letter haruslah menggambarkan cerita di balik pencapaian individu tersebut. Bagaimana prestasi itu didapatkan atau mungkin bagaimana karir profesional mampu mempengaruhi perspektif atau kepribadian mereka. 

Tunjukkan juga tujuan dan alasan kenapa kalian tertarik dengan beasiswa tersebut. Komite seleksi bisa dengan mudah mengetahui nilai atau value seseorang melalui sebuah motivation letter yang memiliki nilai personal yang kuat. Ingat, jangan copy paste semua hal yang ada di CV. 

Tunjukkan Kelebihan dan Pengalaman 

Yang bisa digarisbawahi dari sebuah motivation letter adalah kelebihan dan pengalaman seseorang. Seorang pelamar beasiswa harus mampu menunjukkan potensi diri. Jangan menceritakan tentang kelemahan. Tujuan utamanya adalah membuat komite seleksi tertarik untuk berkomunikasi lebih lanjut dengan kalian. Komunikasi lanjutan biasa dilakukan dengan interview atau seleksi tambahan lainnya. 

Beri Penawaran Terbaikmu

Tunjukkan apa yang bisa kalian berikan ketika diberi kesempatan menjadi salah satu peraih beasiswa. Hal ini juga berkaitan dengan jenis beasiswa. Apabila beasiswa tersebut adalah beasiswa domestik atau lokal (dari negara asal) maka kita bisa memberikan kontribusi kepada negara ketika sudah lulus. Berbeda dengan beasiswa luar negeri, biasanya beasiswa luar negeri akan tertarik dengan topik yang berkaitan dengan pertukaran budaya dan ilmu pengetahuan. Jadi, kamu bisa memberikan penawaran kepada komite seleksi bergantung pada jenis beasiswa yang kamu pilih.

Jangan Lupa Diperiksa Ulang

Tahap paling akhir setelah menulis motivation letter dengan runtut adalah melakukan proofread atau baca kembali dan periksa hasil tulisanmu. Jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada senior atau teman yang lebih dulu berhasil mendapatkan beasiswa. Mintalah bantuan untuk membaca dan mengoreksi motivation letter yang telah kalian tulis. Saran dari orang yang lebih berpengalaman akan membuat motivation letter menjadi semakin sempurna. 

Tips-tips di atas adalah tips singkat yang bisa membantu dalam menyusun motivation letter. Jangan lupakan hal-hal kecil seperti cek ulang  grammar dan memperhatikan kesalahan ketik (typo). Pastikan juga motivation letter tersebut realistis. Jadi tunggu apalagi? Persiapkan motivation letter kalian mulai sekarang!

          Baca juga: Mulai Tulis Motivation Letter Untuk Beasiswa Yuk!

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini 

Motivation Letter