Nama-nama Hari dalam Bahasa Jepang berbagai Huruf dan Contoh

Selain belajar tata penggunaan bahasa Jepang yang baik, salah satu topik yang tidak bisa kamu lewatkan adalah penggunaan nama nama hari dalam bahasa Jepang. Materi ini merupakan salah satu ilmu dasar bagi setiap orang yang ingin belajar bahasa Jepang, terlebih bagi mereka yang ingin berkuliah di negeri Sakura ini. Yuk ikuti setiap panduan belajarnya dari Schoters Expert berikut ini!

Nama nama hari dalam Bahasa Jepang

Ketika kamu ingin mempelajari bahasa Jepang, salah satu materi yang tidak bisa dilewatkan adalah belajar nama nama hari dalam bahasa Jepang. Terlebih jepang dikenal dengan budaya tepat waktu dan reservasinya.

Dalam bahasa Inggris kamu akan terbiasa menghafal nama hari dengan kata “-day” di belakangnya. Namun nama nama hari dalam bahasa Jepang diakhiri dengan kata “-youbi”. Berikut penjelasannya dalam bahasa Jepang Kanji dan Hiragana.

Nama-Nama Hari dalam Bahasa Jepang dan Penggunaannya (1)

Cukup mudah dihafalkan bukan? Kamu cukup menghafalkan beberapa suku kata di depan dan ditambahkan kata “-youbi” di belakangnya. Fakta menarik lain dari nama nama hari dalam bahasa Jepang di atas adalah filosofi setiap harinya. Nama nama hari dalam bahasa Jepang didasari oleh filosofi Cina, Ying dan Yang dengan 5 elemen utama yaitu Kayu, Api, Bumi, Besi dan Air.

 Baca Juga: Mau Belajar di Jepang? Yuk Cek Beasiswa pertukaran Pelajar ini

Penggunaan nama nama hari dalam Bahasa Jepang

Dalam menggunakan nama nama hari dalam bahasa Jepang pada sebuah kalimat, ada beberapa tata cara yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu.

Dalam bahasa Jepang, kata に (ni) untuk menyebutkan keterangan waktu, tempat, dan arah tindakan. Contohnya kata “Saya pergi ke konser hari Jumat.”. Maka penyebutannya akan menjadi: “金曜日にライブへ行きました” atau Kinyoubi ni raibu e ikimashita.

Selain itu ada kata kata が (ga) sebagai penanda subjek dan は (wa) sebagai penanda topik. Contoh dari tata cara nama nama hari dalam bahasa Jepang ini adalah “Jumat adalah hari konser.”. Maka akan dilafalkan sebegai “金曜日がライブの日です” atau Kinyoubi ga raibu no hi desu.

 

Mau lebih lancar berbahasa Jepang? Atau mau belajar bahasa Jepang dari nol? Schoters punya kelas intensif bahasa Jepang yang bisa membantu kamu lancar membaca, menulis, hingga berbicara bahasa Jepang dengan materi yang sudah disesuaikan dengan JLPT (Japanese Language Proficiency Test).

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Jepang” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

nama nama hari dalam bahasa jepang

Keterangan waktu dalam Bahasa Jepang

Selain keterangan nama nama hari dalam bahasa Jepang di atas, ada beberapa kata-kata sehari-hari yang akan sering kamu gunakan dalam menerangkan waktu. Berikut penjelasannya.

Nama-Nama Hari dalam Bahasa Jepang dan Penggunaannya (2)

Pada beberapa keterangan di atas, kamu bisa melihat pola bahwa setiap keterangan dengan kata “Minggu” punya tambahan kata “-shuu” dibelakangnya. Begitu juga dengan beberapa pola lainnya. Dengan mengamati dan memahami pola kata yang ada, tentunya kamu akan menjadi lebih mudah untuk menghafalkan.

Namun jika kamu ingin lebih dan dalam dan tidak perlu repot untuk mencari bahan-bahan belajar,  terlebih untuk materi nama nama hari dalam bahasa Jepang di atas, Schoters punya penawaran yang bagus untuk kamu. Cek infonya berikut ini.

Baca Juga: Ini Dia Biaya Hidup Mahasiswa di Jepang Untuk Setiap Kota-nya

Rekomendasi bimbingan persiapan tes Bahasa Jepang di Schoters

Butuh bimbingan bahasa Jepang terpercaya?  Konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan tes bahasa Jepang kamu lebih terarah.

Butuh program kelas bimbingan bahasa jepang Schoters? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

University of California