Studi di Negeri Sakura? Osaka University Pilihan Universitas Top Global

Kuliah di Luar Negeri, 25 Nov 2022

Jepang merupakan negara dengan sistem pembelajaraan terbaik di Asia. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pelajar internasional termasuk Indonesia memilih untuk kuliah di negeri Sakura ini. Selain sistem pembelajaraan yang bagus, fasilitas - fasilitas penunjang yang disediakan pun ramah untuk pelajar. Salah satunya adalah Osaka University.

Osaka University adalah universitas riset publik yang berada di Prefektur Osaka, Jepang. Osaka University adalah salah satu universitas nasional Jepang yang ditunjuk dan dipilih sebagai universitas top oleh pemerintah Jepang dari "Program Universitas Top Global". Universitas ini merupakan salah satu dari tiga universitas negeri teratas di Jepang.

Berdasarkan QS World University Rankings 2022, Osaka University berada di peringkat 75 dengan overall score 66,2 dan berada di peringkat ke-53 se-Asia menurut The Times Higher Education Asia University Rankings 2022. Didirikan pada tahun 1931, Osaka University adalah universitas modern keenam di Jepang. Osaka University berkomitmen untuk berkontribusi pada stabilitas dan kesejahteraan sosial, perdamaian dunia, dan keharmonisan antara manusia dan alam melalui kegiatan pendidikan dan penelitian dengan moto "Live Locally, Grow Globally”.

Osaka University terdiri atas 11 sekolah (Letters, Human Sciences, Foreign Studies, Law and Politics, Economics, Science, Medicine, Dentistry, Pharmaceutical Sciences, Engineering, dan Engineering Science) serta enam sekolah pascasarjana independen (Graduate School of Language and Culture, Osaka School of International Public Policy, Graduate School of Information Science and Technology, Graduate School of Frontier Biosciences, Law School, United Graduate School of Child Development).

Selain itu, universitas ini juga memiliki enam lembaga penelitian (Research Institute for Microbial Diseases, Institute of Scientific and Industrial Research, Institute for Protein Research, Institute of Social and Economic Research, Joining and Welding Research Institute, Institute of Laser Engineering). Lalu dua fasilitas nasional yang digunakan bersama yaitu Pusat Penelitian Fisika Nuklir dan Pusat Cybermedia.

Tidak hanya itu saja, universitas Osaka juga memiliki empat cabang perpustakaan yaitu Perpustakaan Utama, Perpustakaan Ilmu Hayati, Perpustakaan Sains dan Teknik, Perpustakaan Studi Internasional. Dua rumah sakit yang meliputi Rumah Sakit Universitas Osaka dan Rumah Sakit Gigi Universitas Osaka. Serta, Pusat Penelitian Perbatasan Imunologi (iFReC), Institut Inisiatif Akademik, dan Pusat Pendidikan Seni dan Sains Liberal.

          Baca juga: 5 Kampus Terbaik di Jepang

Wah lengkap ya Hunters fasilitas yang disediakannya. Semakin tertarik untuk studi di Osaka University Jepang? Jangan takut, ada beasiswa yang bisa kamu coba apply loh, salah satunya beasiswa LPDP.

Info Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyediakan beasiswa untuk warga negara Indonesia lulusan D-4/S-1 dan S-2 yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 dan S-3. Beasiswa tersebut dikenal dengan nama Beasiswa LPDP.  Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang membiayai biaya kuliah dan biaya lainnya termasuk biaya tempat tinggal untuk menunjang kelancaran studi di berbagai universitas di berbagai negara. 

Kategori Beasiswa

LPDP menyediakan tiga skema utama beasiswa di mana masing - masing skema utama terbagi lagi menjadi beberapa kategori, sebagai berikut:

  1.   Reguler (umum): Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), Beasiswa Reguler, dan Beasiswa Co-funding
  2. Afirmasi: Beasiswa Putra-Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Prasejahtera
  3. Targeted: Beasiswa Pendidikan Kader Ulama; Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI; Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material; dan Beasiswa Kewirausahaan

          Baca juga: Tips Wawancara LPDP 

Gabung Komunitas Pejuang LPDP 

Jika kamu tidak memiliki relasi awardee LPDP untuk bertanya mengenai wawancara maupun persiapan seleksi LPDP lainnya, jangan khawatir! Kamu bisa bergabung dalam forum khusus para pejuang LPDP untuk sharing informasi seputar beasiswa LPDP.

osaka university