Kuliah di Jepang 2023? Osaka University Pilihannya!

Jepang merupakan negara dengan sistem pembelajaraan terbaik di Asia. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pelajar internasional termasuk Indonesia memilih untuk kuliah di negeri Sakura ini. Selain sistem pembelajaraan yang baik, ada banyak universitas-universitas di Jepang yang menawarkan kualitas pendidikan yang baik. Salah satunya adalah Osaka University.

Sekilat tentang Osaka University

Osaka University adalah universitas riset publik yang berada di Prefektur Osaka, Jepang. Osaka University adalah salah satu universitas nasional Jepang yang ditunjuk dan dipilih sebagai universitas top oleh pemerintah Jepang dari “Program Universitas Top Global“. Universitas ini merupakan salah satu dari tiga universitas negeri teratas di Jepang.

Berdasarkan QS World University Rankings 2022, Osaka University berada di peringkat 75 dengan overall score 66,2 dan berada di peringkat ke-53 se-Asia menurut The Times Higher Education Asia University Rankings 2022.

Didirikan pada tahun 1931, Osaka University adalah universitas modern keenam di Jepang. Osaka University berkomitmen untuk berkontribusi pada stabilitas dan kesejahteraan sosial, perdamaian dunia, dan keharmonisan antara manusia dan alam melalui kegiatan pendidikan dan penelitian dengan moto “Live Locally, Grow Globally”.

Lebih lanjut, Osaka University terdiri atas 11 sekolah (Letters, Human Sciences, Foreign Studies, Law and Politics, Economics, Science, Medicine, Dentistry, Pharmaceutical Sciences, Engineering, dan Engineering Science) serta enam sekolah pascasarjana independen (Graduate School of Language and Culture, Osaka School of International Public Policy, Graduate School of Information Science and Technology, Graduate School of Frontier Biosciences, Law School, United Graduate School of Child Development).

Selain itu, universitas ini juga memiliki enam lembaga penelitian (Research Institute for Microbial Diseases, Institute of Scientific and Industrial Research, Institute for Protein Research, Institute of Social and Economic Research, Joining and Welding Research Institute, Institute of Laser Engineering). Lalu, dua fasilitas nasional yang digunakan bersama, yaitu Pusat Penelitian Fisika Nuklir dan Pusat Cybermedia.

Osaka University juga memiliki empat cabang perpustakaan, yaitu Perpustakaan Utama, Perpustakaan Ilmu Hayati, Perpustakaan Sains dan Teknik, Perpustakaan Studi Internasional. Tidak hanya itu, Universitas ini juga memiliki dua rumah sakit, yakni Rumah Sakit Universitas Osaka dan Rumah Sakit Gigi Universitas Osaka dan pusat Penelitian Perbatasan Imunologi (iFReC), Institut Inisiatif Akademik, serta Pusat Pendidikan Seni dan Sains Liberal.

Baca juga: 5 Kampus Terbaik di Jepang

Wah lengkap, ya, Hunters fasilitas yang ada di Osaka University! Semakin tertarik untuk studi di universitas ini? Jangan takut, ada beasiswa yang bisa kamu coba apply, lho. Salah satunya adalah beasiswa LPDP.

Info beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyediakan beasiswa untuk warga negara Indonesia lulusan D-4/S-1 dan S-2 yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 dan S-3.

Beasiswa tersebut dikenal dengan nama Beasiswa LPDP. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang membiayai biaya kuliah dan biaya lainnya termasuk biaya tempat tinggal untuk menunjang kelancaran studi di berbagai universitas di berbagai negara.

Kategori beasiswa

LPDP menyediakan tiga skema utama beasiswa di mana masing – masing skema utama terbagi lagi menjadi beberapa kategori, sebagai berikut:

  1. Reguler (umum): Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), Beasiswa Reguler, dan Beasiswa Co-funding;
  2. Afirmasi: Beasiswa Putra-Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Prasejahtera;
  3. Targeted: Beasiswa Pendidikan Kader Ulama; Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI; Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material; dan Beasiswa Kewirausahaan.

 

Baca juga: Tips Wawancara LPDP 

Gabung komunitas pejuang LPDP

Jika kamu tidak memiliki relasi awardee LPDP untuk bertanya mengenai wawancara maupun persiapan seleksi LPDP lainnya, jangan khawatir! Kamu bisa bergabung dalam forum khusus para pejuang LPDP untuk sharing informasi seputar beasiswa LPDP.

osaka university