Pilih Universitas Oxford atau Universitas Cambridge ya?

Kampus Luar Negeri, 03 Sep 2022

Dua kampus top ini adalah kampus Favorit bagi mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri. Kalau harus memilih antara Oxford University dan Cambridge University pasti Hunters pada bingung kan? Nah, berikut kelebihan-kelebihan dari masing-masing kampus top dunia ini. Yuk simak!

Oxford University dan Cambridge University merupakan dua kampus paling terkenal di Inggris; mereka juga merupakan rival yang punya sejarah selama lebih dari 800 tahun. Saat kamu mau mendaftar untuk kuliah di Inggris ada hal yang cukup unik yaitu dari kedua universitas ini kamu hanya bisa memilih salah satu saat mendaftar via UCAS.

Nah dengan dihadapkannya pilihan seperti ini di mana kedua universitas merupakan universitas unggulan, kamu harus bisa memilih dengan pasti, mau yang mana. Karena tidak ada istilah “jadi cadangan” bagi Oxford University dan Cambridge University ini.

Lokasi

Oxford University

Oxford University

Universitas ini bisa dicapai dari London dengan naik kereta selama 1 jam. Kalau dibandingkan dengan Cambridge, kota ini lebih ramai dan hidup.

 

Cambridge University
Cambridge University

Sementara itu, Cambridge lebih dekat dengan London. Waktu yang dibutuhkan kereta dari London ke Cambridge tidak lebih dari 1 jam. Dengan suasana yang indah dan bangunan yang bersejarah, kota ini sangat cocok untuk kalian yang suka keindahan.

Biaya Kuliah dan Hidup

 

Biaya kuliah di Cambridge University sebagai mahasiswa/i internasional itu berkisar di £15,816- £38,283 pertahun untuk jenjang pendidikan sarjana dan £19,989-25,104 pertahun untuk jenjang pendidikan pasca sarjana. Sementara itu biaya kuliah di Oxford University untuk jenjang pendidikan sarjana berkisar di £15,215-22,515 pertahun dan £8,140-21,500 pertahun untuk jenjang pasca sarjananya.

Baca Juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri

Selain dari biaya kuliah di atas, sebagai pelajar internasional kalian juga perlu membayar college fee sebesar £5,400 – £7,720 pertahun di Cambridge University atau £7,135 pertahun di Oxford University. Lalu bagaimana dengan biaya hidupnya? Perkiraan biaya hidup yang dibutuhkan jika kamu kuliah di Oxford University adalah sekitar £11,408 sampai £16,854 pertahun. Sementara untuk kuliah di Cambridge University biaya hidupnya minimal £9,400 pertahun.

Jurusan Unggulan

Oxford University dan Cambridge University punya keunggulan masing-masing, berikut ini peringkat dunia yang dimiliki kedua kampus ini.

  • Engineering dan Technology Cambridge University menempati ranking top 3 dunia sementara Oxford University ke 9
  • Life sciences dan Medicine milik Cambridge University masih unggul di peringkat top 2 dunia dan Oxford University ke 3.
  • Cambridge University masih unggul di jurusan Natural sciences dengan peringkat top 2 sementara itu Oxford University ke 5.
  • Oxford University kali ini unggul di jurusan Arts dan Humanities sebagai top 1 dunia dan Cambridge University di urutan ke 2.
  • Social Sciences dan Management milik Oxford University juga lebih unggul di peringkat top 3 sementara Cambridge University di posisi 4.

Dari penjabaran singkat di atas jadi bisa kita simpulkan kalau Cambridge University cocok jika kalian mau menjadi ilmuwan, dokter, dan bidang karir lainnya yang berhubungan dengan sciences dan engineering. Sedangkan Oxford University lebih cocok jika kalian mau menekuni bidang bisnis dan ekonomi.

Itulah ulasan singkat Oxford University vs Cambridge University, semoga membuka wawasan hunyters semua dan membantu kamu memutuskan untuk memilih kampus yang cocok.

Sumber : Kaskus

~Schoters~

The Lasrgest Online Scholarship Platform