5 Pekerjaan IT Paling Dicari di Jerman Tahun 2024

Perkembangan teknologi yang kian pesat membuat pekerjaan IT semakin dibutuhkan di seluruh dunia, termasuk di Jerman. Negara yang berada di Benua Eropa bagian barat ini menjadi negara yang membutuhkan pekerjaan IT dengan jumlah yang tinggi. 

Pada 2024 ini, Jerman sedang mencari berbagai jenis pekerjaan IT untuk memenuhi permintaan dari berbagai sektor. Lantas, apa saja pekerjaan IT yang paling dicari di Jerman pada 2024? Berikut Schoters sajikan ulasannya. Simak sampai habis, ya, Hunters!

5 Pekerjaan IT paling dicari di Jerman Tahun 2024

1. Data Scientists

Data scientists menjadi salah satu pekerjaan IT yang paling dicari di Jerman pada 2024 ini. Namun, sebenarnya, apa, sih, yang disebut dengan data scientists

Data scientists merupakan seorang profesional yang bertugas mengoleksi, menganalisis, dan menginterpretasikan sebuah data yang berguna untuk menentukan pembuatan keputusan suatu instansi atau perusahaan. 

Jika Hunters ingin menjadi seorang data scientists, kamu tentu harus menguasai sejumlah ilmu. Beberapa di antaranya, seperti ilmu Matematika, ilmu pemrograman, ilmu statistik, dan ilmu komputer. Semua ilmu tersebut dibutuhkan oleh seorang data scientists untuk menunjang pekerjaannya sehari-hari.

Di Jerman, rata-rata gaji seorang data scientists cukup tinggi. Tercatat, jika Hunters menjadi data scientists di Jerman, kamu akan mendapatkan gaji dengan rata-rata sebesar 70 ribu euro per tahun. Jumlah tersebut setara dengan Rp1,2 miliar per tahun. Cukup tinggi, bukan? 

2. UI/UX designer

Selain data scientists, UI/UX designer juga menjadi salah satu pekerjaan IT yang paling dicari di Jerman tahun 2024. UI designer kerap disamakan dengan UX designer. Padahal, keduanya merupakan pekerjaan yang berbeda. Dengan kata lain, UI designer dan UX designer memiliki tugas yang berbeda di antara satu sama lain.

User interface designer atau UI Designer merupakan seorang profesional yang bertugas mendesain tampilan sebuah aplikasi atau website. Jika Hunters saat ini sedang menggunakan aplikasi dengan desain menarik, maka UI designer-lah yang bertanggung jawab membuat desain tersebut.

Sementara itu, user experience designer atau UX designer merupakan seorang profesional yang bertugas mendesain alur pemrosesan sebuah aplikasi atau website untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Merekalah yang bertugas untuk membuat aplikasi atau website menjadi nyaman digunakan oleh pengguna.

Sama dengan data scientists, rata-rata gaji per tahun UI/UX designer di Jerman juga cukup tinggi. Tercatat, mereka akan mendapatkan gaji dengan rata-rata sebesar 45 ribu euro atau setara Rp784 juta per tahun.

 

Baca Juga: Peluang Kerja di Jerman

 

3. Cyber Security Analyst

Cyber security analyst merupakan seorang profesional yang bertugas melindungi jaringan, sistem komputer, dan data sebuah perusahaan dari ancaman siber. Ancaman siber tersebut bisa berupa serangan malware atau trojan (virus komputer) yang dikirim oleh peretas (hacker). Cyber Security Analyst juga menjadi pekerjaan paling dicari di Jerman tahun 2024.

Di Jerman, rata-rata gaji per tahun untuk seorang cyber security analyst juga cukup tinggi. Sebab, seorang cyber security analyst di Jerman akan mendapatkan gaji dengan rata-rata sebesar 63 ribu euro atau setara Rp1 miliar per tahun.

4. Web Developer

Web developer merupakan seorang profesional yang bertugas membangun sebuat website untuk berbagai keperluan. Web developer terbagi menjadi tiga kategori, yakni back end developer, front developer, dan fullstack developer

Rata-rata gaji per tahun untuk seorang web developer di Jerman terbilang tinggi. Sebab, jika Hunters menjadi web developer di negara tersebut, kamu akan mendapatkan gaji dengan rata-rata 39 ribu euro atau setara Rp679 juta per tahun.

5. Software Engineer

Pekerjaan IT terakhir yang paling dibutuhkan di Jerman pada 2024 ini adalah software engineer. Software engineer merupakan seorang profesional yang bertugas mendesain, mengembangkan, mengetes, dan merawat sebuah aplikasi.

Di Jerman, rata-rata gaji per tahun untuk seorang software engineer cukup tinggi. Jika Hunters menjadi seorang software engineer di Jerman, kamu akan mendapatkan gaji dengan rata-rata sebesar 43 ribu euro atau setara Rp748 juta per tahun. Cukup tinggi, bukan?

 

Baca Juga: Cara Kerja di Jerman

 

Cara Mendapatkan Pekerjaan IT di Jerman Lewat Program Ausbildung IT

Jika Hunters ingin mendapatkan pekerjaan IT di Jerman, kamu bisa mengikuti program Ausbildung IT. Ausbildung IT sendiri merupakan program pelatihan vokasional di bidang teknologi yang diadakan oleh pemerintah Jerman. Program ini berdurasi selama 2,5 sampai 3 tahun.

Program Ausbildung IT akan memberikan Hunters kesempatan untuk mempelajari ilmu teknologi dari berbagai ahli. Usai lulus dari program ini, Hunters juga bisa bekerja di perusahaan top yang ada di Jerman atau perusahaan top yang ada di negara-negara Eropa lainnya.

Jadi, gimana, Hunters? Setelah membaca artikel ini, apakah kamu jadi tertarik untuk dapat pekerjaan IT di Jerman?

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jerman

Ingin kerja IT di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.