7 Pekerjaan yang Cocok Sambil Kuliah: Temukan Pilihan Terbaikmu!

Ingin mendapatkan penghasilan tambahan sambil kuliah?

Bekerja sambil kuliah bukanlah hal yang mustahil, lho. Percaya atau tidak, ada banyak orang yang memutuskan untuk terus bekerja sambil tetap belajar di perguruan tinggi. Kalau kamu tertarik, kamu perlu tahu beberapa pekerjaan yang cocok sambil kuliah. Simak berbagai rekomendasi pekerjaan yang cocok sambil kuliah di bawah ini.

Kuliah Sambil Bekerja

Secara sederhana, kuliah sambil bekerja terjadi ketika mahasiswa yang menempuh studi memutuskan untuk mengambil pekerjaan paruh waktu. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika mahasiswa bekerja sambil kuliah, mulai dari kesempatan mendapatkan penghasilan tambahan, membangun portofolio sekaligus pengalaman kerja sedari dini, membangun relasi kerja di luar lingkungan kampus sampai kesempatan untuk menemukan minat karier. Melihat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan ketika bekerja sambil kuliah, tidak heran kalau banyak mahasiswa yang memutuskan untuk bekerja tanpa mengabaikan pendidikan.

Tentu saja, kuliah sambil bekerja bukan hal yang mudah. Ada beberapa strategi yang perlu dilakukan agar pekerjaan dan pendidikan tetap berjalan dengan lancar, termasuk di antaranya :

  1. Mengatur jadwal pekerjaan dengan baik
  2. Memilih jenis pekerjaan yang tidak menganggu kuliah
  3. Disiplin dan komitmen terhadap jadwal pendidikan dan pekerjaan

7 Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok Sambil Kuliah    

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa kamu coba sambil tetap menempuh pendidikan.

1. Penulis Konten Freelance

Bekerja sebagai penulis freelance bisa dicoba oleh mahasiswa yang gemar menulis. Menariknya, pekerjaan ini umumnya dilakukan secara online dan tidak terikat lokasi, sehingga lebih fleksibel.

2. Penerjemah

Pekerjaan lainnya yang bisa kamu lakukan sambil kuliah adalah menjadi penerjemah. Lingkup pekerjaan sebagai penerjemah cukup luas, mulai dari menerjemahkan dokumen, artikel, buku hingga penerjemah lisan.

3. Pengusaha Online Shop

Salah satu pekerjaan lain juga bisa dilakukan sambil kuliah adalah membuka usaha online shop. Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa pun tanpa terkecuali dan bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

4. Social Media Admin

Pekerjaan lain yang cukup banyak diminati mahasiswa yang ingin bekerja sambil kuliah adalah social media admin, yang bertanggung jawab akan konten media sosial sebuah perusahaan sekaligus interaksi bersama konsumen melalui akun media sosial.

5. Guru Privat

Kalau kamu merasa memiliki kemampuan akademik yang baik, kamu juga bisa mencoba menawarkan jasa sebagai guru privat, baik secara mandiri maupun melalui bimbingan belajar.

6. Fotografer/Videografer

Pekerjaan ini cocok dilakukan bagi mahasiswa yang merasa memiliki minat dan skill di bidang fotografi. Kamu bisa bergabung dengan production atau creative house untuk mendapatkan berbagai proyek fotografi. Jangan lupa untuk mengumpulkan portofolio hasil fotografi untuk ditawarkan kepada calon klien lainnya.

7. Waiter dan Barista

Salah satu pekerjaan paruh waktu lain yang menarik untuk dipertimbangkan adalah barista dan pramusaji, mengingat banyaknya kafe dan coffee shop yang dibuka belakangan. Karena pekerjaan ini dilakukan dalam bentuk shift, kamu bisa lebih leluasa menentukan shift yang sesuai dengan jadwal studi kamu.

Baca Juga: Simak Tips Mengatur Waktu untuk Kuliah Sambil Bekerja

Rekomendasi Bimbingan Kuliah Sambil Bekerja

Ingin tahu lebih banyak strategi kuliah sambil bekerja dan pekerjaan yang cocok sambil kuliah lainnya? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar kuliah sambil bekerja kamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja dan meningkatkan skill? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.
Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)