fbpx

Pentingnya Menguasai Bahasa Saat Tinggal di Luar Negeri

Cerita Inspiratif

Ini satu saran saya untuk Anda yang (ingin) tinggal di luar negeri untuk belajar, bekerja, atau berkeluarga: kuasai bahasa setempat mulai dari sekarang.

Bahasa setempat yang saya maksud adalah bahasa yang digunakan penduduk lokal dalam kehidupan sehari-hari. Bukan bahasa Inggris – bahasa yang kita anggap sebagai bahasa universal – kecuali jika Anda tinggal di negara dengan penduduk lokal berbahasa Inggris.

Bahasa sebagai langkah pertama beradaptasi

Salah satu tantangan terbesar saat Anda memutuskan untuk tinggal di luar negeri adalah beradaptasi dengan lingkungan baru. Bayangkan Anda berada pada situasi dimana semua tulisan dan pembicaraan dilakukan dalam bahasa yang tidak Anda mengerti. Betapa sulit dan menyebalkan situasi ini; dunia layaknya mengabaikan keberadaan Anda. Apalagi jika Anda harus mengalami situasi tersebut berkali-kali dan bertahun-tahun lamanya. Penguasaan bahasa setempat adalah satu-satunya jalan keluar dari situasi tersebut. Anda akan mengerti hal-hal yang sedang terjadi di sekitar Anda; ini adalah langkah awal dalam mempelajari tingkah laku, kebiasaan, dan budaya masyarakat setempat. Bayangkan pula betapa mudah dan menyenangkan hidup Anda di luar negeri jika Anda bisa mendengar, membaca, dan berbicara dalam bahasa setempat layaknya Anda melakukannya dalam bahasa Indonesia. Dunia tidak terasa asing lagi bagi Anda.

Bahasa membuka dunia baru

Saat Anda berkomunikasi dalam bahasa setempat dengan fasih, Anda akan merasakan adanya perubahan; penduduk lokal tidak lagi berbicara seakan-akan Anda adalah orang asing. Mereka akan bersikap dan berinteraksi layaknya Anda adalah sesama penduduk lokal. Bagi saya inilah esensi dari membuka wawasan: melihat dunia penduduk lokal dari kacamata mereka sendiri. Anda mulai memahami pola pikir dan perilaku mereka. Sadar maupun tidak, Anda lalu menyesuaikan gaya berinteraksi Anda berdasarkan pemahaman Anda yang lebih baik atas penduduk lokal. Dari sini, menjalin pertemanan dengan penduduk lokal ternyata menjadi tidak sesulit yang Anda duga. Kinerja Anda dalam berkarir juga bisa banyak terbantu dengan pola pikir dan gaya interaksi Anda yang baru.

Ada 2 hal yang perlu Anda perhatikan dalam usaha Anda menguasai bahasa setempat.

1. Jangan cepat puas dengan kemampuan berbahasa Anda

Langkah awal yang tepat saat mulai belajar bahasa adalah menetapkan tujuan akhir dengan ambisi yang tinggi. Mengerti sedikit banyak percakapan serta mampu berinteraksi dengan kalimat-kalimat sederhana bukan berarti Anda telah menguasai bahasanya. Apalagi jika Anda kerap kembali menggunakan bahasa universal – bahasa Inggris – untuk menyampaikan maksud Anda. Tujuan akhir yang ambisius atas penguasaan bahasa adalah sampai penduduk lokal mengira Anda dilahirkan dan dibesarkan di negara tersebut. Apalagi jika mereka sampai berkomentar bahwa ada aksen daerah lokal pada gaya bahasa Anda.

2. Berikan prioritas tinggi untuk belajar bahasa

Kendala utama yang seringkali muncul adalah rendahnya prioritas untuk mempelajari bahasa setempat saat tinggal di luar negeri. Mungkin kita lebih disibukkan dengan banyak kegiatan lain yang kita anggap lebih penting daripada belajar bahasa. Kita juga seringkali berpikir bahwa penduduk lokal mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris sehingga kita tidak perlu mendalami bahasa setempat. Kedua hal ini menyebabkan kita tidak memberikan prioritas yang cukup tinggi untuk belajar bahasa. Akibatnya, waktu yang kita habiskan untuk belajar bahasa sangat terbatas sehingga menghambat kefasihan berbicara dalam bahasa setempat. Kembali ke penjabaran saya di awal tulisan ini: kita harus menyadari bahwa kemampuan berbahasa setempat adalah komponen utama untuk beradaptasi di lingkungan yang baru. Bagi Anda yang sedang bersiap-siap untuk tinggal di luar negeri, yakinlah bahwa kemampuan berbahasa setempat begitu penting sehingga Anda memberikan prioritas yang tinggi dalam hal ini sebagai bagian dari persiapan Anda. Bagi Anda yang saat ini tinggal di luar negeri, sadarkah bahwa Anda sedang berada di tempat terbaik di bumi ini untuk belajar bahasa setempat? Bisa jadi ada ribuan orang di tanah air yang memimpikan posisi Anda untuk belajar bahasa asing. Gunakan kesempatan ini untuk menghabiskan lebih banyak waktu dalam mempelajari bahasa setempat.

Lalu apakah kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa universal tidak cukup untuk tinggal di negara yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris? Sah-sah saja terus menggunakan bahasa Inggris untuk tinggal di sana; bukan dalam kapasitas beradaptasi, melainkan untuk bertahan hidup. Sesempurna apapun bahasa Inggris Anda tetapi jika ini bukan bahasa pertama negara tersebut dan Anda tidak menguasai bahasa setempat, Anda akan terus merasa asing terhadap lingkungan sekitar.

Pada akhirnya, kemampuan berbahasa setempat memegang peranan penting dalam menjalani keseharian hidup dan meniti karir di luar negeri. Jika Anda kerap merasakan kesulitan saat hidup di luar negeri, coba cermati dan tingkatkan kemampuan Anda berbahasa setempat. Bisa jadi bahasa adalah penawar kesulitan yang Anda cari selama ini.

 

Penulis:

Ricky Andriansyah, PhD

Eindhoven, 17 Mei 2017

 

Jika ingin belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Turki, bahasa Korea, bahasa Jerman dan bahasa-bahasa lainnya, segera daftarkan diri Anda dan bergabung dengan kelas bahasa asing bersama Schoters.

Pin It on Pinterest

Share This