fbpx

3 Peran Penting Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Tips & Trik

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang harus diperoleh setiap anak. Dengan pendidikan, anak akan mendapatkan ilmu, pengetahuan, dan wawasan yang luas. Secara tidak langsung, hal tersebut membentuk pola pikir dan cara pandang anak sehingga menjadi lebih bijak dan rasional. Pendidikan ibarat investasi jangka panjang. Mengenyam pendidikan hingga ke jenjang tinggi memberikan anak kesempatan untuk memiliki kehidupan yang layak secara sosial maupun ekonomi. Meski demikian, di usianya yang masih muda, anak tentu belum mengerti pentingnya pendidikan bagi dirinya sendiri. Oleh karena itu, sebagai orang tua sudah seharusnya Ayah/Bunda merencanakan dan memantau pendidikan anak sebaik mungkin. Berikut adalah beberapa peran penting orang tua dalam memberikan pendidikan terbaik bagi anak:

1. Menciptakan lingkungan yang nyaman untuk belajar

Kondisi dan situasi di rumah sangat mempengaruhi mood anak dalam belajar. Hubungan keluarga yang harmonis akan membuat anak lebih mudah fokus dan bersemangat. Namun, tentu tetap ada kalanya anak merasa malas, bosan, down, dan lain sebagainya. Menyikapi hal ini, Ayah/Bunda dapat mengajak anak berbicara terlebih dahulu. Tanyakan apa yang membuat mereka merasa demikian. Kemudian, berikan respon dengan menciptakan obrolan yang membuat anak merasa lebih lega dan nyaman. Apabila dibutuhkan, temani proses belajarnya agar anak tidak merasa sendiri. Jika memungkinkan Ayah/Bunda juga bisa menyediakan amunisi belajar untuk menjaga mood mereka selama proses belajar seperti camilan atau susu.

Baca Juga : Jangan Ragu! Ini Dia Manfaat Kuliah di Luar Negeri bagi Anak

peran orang tua dalam pendidikan anak

2. Menanyakan keseharian di sekolah

Sebagai orang tua, beberapa kondisi mungkin membuat Ayah/Bunda tidak bisa membersamai anak selama 24 jam penuh termasuk ketika anak di sekolah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menanyakan keseharian mereka. Misalnya bertanya mengenai apa yang dipelajari hari ini, sudah mengerjakan tugas atau belum, atau terkait nilai mereka. Hal tersebut dapat membuat anak merasa lebih diperhatikan dan dihargai usahanya dalam menuntut ilmu. Selain tentang akademik, Ayah/Bunda juga perlu menanyakan tentang aspek sosial mereka di sekolah. Seperti hal atau kejadian menarik selama di sekolah, menu makan siang yang mereka beli, bagaimana teman-teman mereka, dan lain sebagainya. Apabila anak masih kurang terbuka, Ayah/Bunda sebaiknya membangun komunikasi yang baik dengan guru atau wali kelas untuk mengetahui perkembangan mereka. Meski demikian, tetap lakukan pendekatan dengan anak sehingga perlahan anak bisa lebih terbuka.

Baca Juga : Sedang Mempersiapkan Anak Kuliah ke Luar Negeri? Simak Tips Berikut!

3. Memilih institusi pendidikan yang tepat

Mengapa Ayah/Bunda perlu memilih institusi pendidikan yang tepat untuk anak? Hal ini berkaitan dengan kurikulum, metode pembelajaran, fasilitas, lingkungan, serta pengembangan minat dan bakat yang akan mereka dapatkan. Memasuki jenjang SMA, Ayah/Bunda sebaiknya mulai mengikutsertakan anak dalam merencanakan pendidikannya. Sebab pada fase ini anak sudah mulai paham akan pentingnya pendidikan dan sudah bisa menentukkan target-target yang ingin dicapai. Memilih institusi pendidikan di luar negeri bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berdasarkan data QS World University Ranking, daftar universitas terbaik di dunia selalu didominasi oleh universitas-universitas di luar negeri. Dapat dikatakan jika institusi pendidikan di luar negeri bisa lebih menjamin kualitas pendidikan yang diterima anak. Dengan demikian anak bisa memiliki kesempatan karir yang lebih baik. Studi di luar negeri anak juga akan memberikan anak kesempatan untuk mengenal hal-hal baru yang berbeda dengan di Indonesia. Hal tersebut tentunya bisa menjadi pengalaman hidup yang berkesan bagi anak dan dapat membentuk mereka menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bijak dalam menyikapi sesuatu.

Jika tertarik untuk menyekolahkan anak ke luar negeri namun masih bingung bagaimana mempersiapkannya, Ayah/Bunda bisa berkonsultasi bersama mentor kami. Ayah/Bunda tidak perlu khawatir soal biaya karena ada banyak program yang menawarkan beasiswa ke luar negeri untuk berbagai jenjang.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak memperoleh pendidikan yang terbaik. Semoga bermanfaat untuk Ayah dan Bunda.

Ingin tahu strategi mempersiapkan anak kuliah ke luar negeri? Langsung saja konsultasi bersama mentor kami.

Ingin tahu jadwal beasiswa luar negeri tiap tahunnya? Langsung cek Kalender Beasiswa Schoters.

peran orang tua dalam pendidikan anak

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This