Ini 7 Perbedaan Aupair dan Ausbildung yang Wajib Diketahui!

Aupair adalah program bekerja di Jerman dengan tanggung jawab membantu keluarga di Jerman untuk mengasuh anak. Sedangkan Ausbildung adalah program pendidikan sekaligus bekerja di perusahaan Jerman yang sesuai dengan pendidikan tujuan. Dari definisi ini, dapat dilihat bahwa Aupair dan Ausbildung sangat berbeda. Artikel ini akan memberikan informasi lebih mendalam seputar 7 perbedaan Aupair dan Ausbildung yang wajib diketahui.

 

7 Perbedaan Aupair dan Ausbildung

1. Tanggung jawab hari kerja

Program Aupair bekerja secara penuh membantu keluarga di jerman pada 5 hari kerja, sedangkan pada program Ausbildung akan berlangsung pada 3 hari kerja dan 2 hari sekolah.

2. Pendapatan utama

Saat mengikuti program Aupair Jerman, Hunters akan mendapatkan pendapatan utama berkisar dari €200 sampai €350 per bulan, sedangkan pada program Ausbildung pendapatan yang diperoleh Hunters berkisar dari €850 sampai €1.300 per bulannya.

3. Biaya hidup di Jerman

Saat mengikuti program Aupair Jerman, biaya hidup Hunters selama bekerja disana akan ditanggung oleh keluarga tempat Hunters bekerja yang ada di Jerman, sedangkan untuk program Ausbildung biaya hidup selama di Jerman berasal dari gaji yang didapatkan.

4. Tujuan mengikuti program

Tujuan utama mengikuti program Aupair adalah mengenal dan mempelajari budaya di Jerman serta meningkatkan kemampuan bahasa Jerman karena Hunters dapat langsung berinteraksi dengan seorang native dari Jerman. Selain itu, Hunters juga mendapatkan pengalaman hidup di Jerman secara langsung. Sedangkan tujuan dari mengikuti program Ausbildung adalah lebih kepada mengejar karier profesional kerja karena Hunters akan mendapatkan keahlian yang diakui sehingga dapat bekerja di Jerman.

 

Baca Juga : Cari Tahu Gaji dan Persyaratan Aupair Jerman!

 

5. Durasi mengikuti program

Perbedaan Aupair dan Ausbildung selanjutnya adalah dari sisi durasi program. Lamanya program Aupair berlangsung selama 1 tahun, sedangkan program Ausbildung akan berlangsung hingga 3 tahun. Oleh karena itu, program Ausbildung adalah program untuk jangka panjang.

6. Perbedaan jurusan

Perbedaan Aupair dan Ausbildung lainnya adalah dilihat dari jurusan atau bidang kerjanya. Aupair hanya bertanggung jawab terhadap anak-anak sehingga kegiatan yang dilakukan akan berkaitan dengan anak-anak. Sementara itu, program Ausbildung memiliki jurusan yang diantaranya adalah Ausbildung Perhotelan, Ausbildung Restoran, Ausbildung Chef, Ausbildung Keperawatan, dan Ausbildung Teknik.

7. Bahasa Jerman

Syarat  berbahasa Jerman juga turut menjadi perbedaan Aupair dan Ausbildung. Untuk dapat mengikuti Aupair, Hunters harus memiliki kemahiran bahasa Jerman di level A1/A2, sedangkan pada program Ausbildung, Hunters harus memiliki kemahiran bahasa Jerman di level B1/B2.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan Aupair dan Ausbildung

Ingin lolos Aupair atau Ausbildung? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.