Perbedaan SNBT dan SNBP: Istilah Baru Jalur Masuk PTN 2023

 

Bagi kamu yang akan lulus SMA/SMK/MA tahun 2023 dan berencana ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka kamu harus mencermati perbedaan SNBT dan SNBP agar mengetahui peluang masuk ke PTN mana yang lebih besar atau bahkan bisa mencoba kedua jenis seleksi tersebut.

 

SNBT

SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berbasis Tes. SNBT dulunya disebut SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNBT dilaksanakan menggunakan komputer atau secara umum disebut Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). UTBK-SNBT ini adalah kunci kalian untuk masuk ke PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTN Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Dalam UTBK-SNBT nilai rapor tidak akan diperhitungkan. Satu-satunya yang menentukan siswa eligible masuk ke universitas yang didaftarkan adalah hasil ujian UTBK-SNBT. Peserta UTBK-SNBT ini adalah siswa SMA/SMK/MA serta Paket C yang lulus pada tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun.

 

Baca Juga : Info Lengkap Seputar SNBT yang Wajib Kamu Ketahui!

 

SNBP

Selain SNBT, terdapat juga jalur lain untuk masuk universitas favorit kalian, yakni SNBP atau Seleksi Nasional Berbasis Prestasi. Jalur ini dulunya bernama SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi.

Dalam jalur ini, sekolah yang akan mengajukan nama-nama siswa berprestasi yang terpilih kepada Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) untuk diikutsertakan dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Dalam pengajuannya, ada beberapa hal yang akan dipertimbangkan, diantaranya adalah:

  1. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  2. Akreditasi sekolah
  3. Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh sekolah
  4. Prestasi siswa yang mencakup:
    1. Olahraga; 
    2. Seni Rupa, Desain, dan Kriya; 
    3. Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari); 
    4. Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama); 
    5. Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik); 
    6. Seni Karawitan; 
    7. Etnomusikologi; 
    8. Fotografi; 
    9. Film dan Televisi; dan
    10. Seni Pedalangan.

 

Perbedaan SNBT dan SNBP

Jika dilihat dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa SNBT dapat diikuti oleh siapa saja, sedangkan SNBP hanya bisa diikuti oleh siswa berprestasi yang terpilih pada tiap sekolah.

Jika kamu terpilih sebagai siswa eligible untuk mengikuti SNBP, namun tidak lolos pada SNPMB yang diumumkan pada bulan Maret, kamu bisa mengikuti SNBT pada bulan Mei. Jika masih tidak lolos, kamu bisa mengikuti ujian masuk yang diselenggarakan secara mandiri pada universitas yang dituju.

 

Baca Juga : Masih bingung memilih PTN? Cek Daftar 10 PTN terbaik disini!

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri

Sambil mempersiapkan SNBT dan SNBP, kamu ingin mencari alternatif universitas di luar negeri sebagai cadangan? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap. 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)