Mengenal Berbagai Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Saat belajar atau bekerja di luar negeri, membangun kesan pertama yang baik dengan orang-orang di sekitar adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Kesan pertama yang baik dapat berlanjut dalam dialog yang lebih akrab, sebelum kemudian berlanjut ke dalam hubungan lain yang dekat sebagai rekan kerja, teman dekat, anggota keluarga dan masih banyak lagi. Salah satu kunci membangun kesan pertama yang baik dan tidak mudah dilupakan saat kamu belajar atau bekerja di luar negeri adalah perkenalan diri dalam bahasa Inggris.

Meskipun awalnya terasa sulit, perkenalan diri dalam bahasa Inggris sebenarnya tidak sesusah yang kita pikirkan sebelumnya, lho. Mau tahu cara perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang baik sehingga kamu bisa merasa lebih percaya diri membaur dalam berbagai situasi? Simak berbagai cara perkenalkan diri dalam bahasa Inggris di bawah ini, ya!

Step by step perkenalan diri dalam bahasa Inggris

Pada dasarnya, selain perbedaan bahasa yang digunakan, tahapan yang digunakan untuk perkenalan diri dalam bahasa Inggris tidak berbeda jauh dengan perkenalan diri dalam bahasa Indonesia. Berikut adalah step by step yang sebaiknya dilakukan untuk perkenalan diri dalam bahasa Inggris.

1. Mulai dengan salam atau sapaan

Saat memulai perkenalan diri dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan ungkapan salam yang menyapa orang lain dalam percakapan. Kamu bisa menggunakan beberapa kata atau ungkapan sebagai berikut:

  1. Hi! (Hai!);
  2. Hello! (Hello!);
  3. Hi everyone! (Hai semuanya!);
  4. Hello everybody! (Hello semuanya!);
  5. Good morning! (Selamat pagi!);
  6. Good afternoon! (Selamat sore!);
  7. Good evening! (Selamat malam!).

 

Contoh kalimat lengkap dengan menggunakan ungkapan di atas adalah:

  1. “Hello everybody! Good morning!” (Halo semuanya! Selamat pagi!);

  2. “Hi everyone! Good evening!”.

 

2. Menyampaikan maksud perkenalan diri dalam bahasa Inggris

Dalam konteks yang sedikit formal atau saat berbicara di depan publik, kamu bisa menyampaikan tujuan mengapa kamu memulai perkenalan diri dalam bahasa Inggris, sebelum masuk ke dalam percakapan lebih lanjut. Berikut adalah beberapa ungkapan yang bisa digunakan untuk menyampaikan maksud perkenalan dalam bahasa Inggris.

  1. Let me introduce myself (Izinkan saya memperkenalkan diri);
  2. Allow me to introduce myself (Izinkan saya memperkenalkan diri);  
  3. I would like to introduce myself (Saya ingin memperkenalkan diri saya);  
  4. I am here to introduce myself (Saya di sini untuk memperkenalkan diri saya).

  

Dalam konteks percakapan yang lebih santai, kamu bisa langsung memulai percakapan dengan menyebutkan nama, tanpa menggunakan salah satu ungkapan di atas.

3. Menyebutkan identitas diri

Tahapan selanjutnya dalam proses perkenalan diri dalam bahasa Inggris adalah memberikan informasi tentang identitas diri kita kepada lawan bicara, mulai dari nama lengkap, nama panggilan sehari-hari (nickname), tempat dan tanggal lahir, latar belakang pendidikan, pekerjaan saat ini, hobi, tempat tinggal dan lain-lain. Tambahan informasi tentang identitas diri ini disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks percakapan. Selain untuk perkenalan diri, informasi ini juga berguna untuk mencari kesamaan (common grounds) dengan lawan bicara.

Beberapa ungkapan yang bisa digunakan untuk menyebutkan identitas diri adalah :

A. Ungkapan untuk menyebutkan nama lengkap atau nama panggilan

  1.  My name is … (Nama saya adalah …);
  2. My full name is … (Nama lengkap saya adalah …);
  3. My nickname is … (Nama panggilan saya adalah …);
  4. You can call me by … (Kamu bisa memanggil saya dengan sebutan …);
  5. Just call me … (Panggil saya dengan …);
  6. People call me … (Orang lain memanggil saya dengan sebutan …).

 

B. Ungkapan untuk menyebutkan tambahan informasi lainnya

  1. I was born in … (Saya terlahir di …);
  2. I am … old (Usia saya …);
  3. I am from … (Saya berasal dari …);
  4. I come from … (Saya berasal dari …);
  5. I live in … (Saya tinggal di …);
  6. I used to go to school in … (Saya dulu bersekolah di …);
  7. I study at … (Saya belajar di …);
  8. I studied … at … (Saya dulu belajar … di ….);
  9. I enjoy … during my free time (Saya senang melakukan … di waktu luang saya);
  10. My hobby is … (Hobi saya adalah …);
  11. I work at … (Saya bekerja di …);
  12. I used to work at … (Saya dulu bekerja di …);
  13. My favorite book is … (Buku favorit saya adalah …).

 

4. Menutup percakapan

Di akhir perkenalan diri, kamu bisa menutup percakapan dengan menggunakan beberapa ungkapan khusus sebagai berikut.

  1. This is the end of my self-introduction (Ini adalah akhir dari perkenalan diri saya);
  2. Nice to meet you (Senang bertemu dengan anda);
  3. Glad to meet you (Senang bertemu dengan anda);
  4. Pleased to meet you (Senang bertemu dengan anda);
  5. It is a pleasure to meet you (Senang bertemu dengan anda);
  6. Thank you very much (Terimakasih banyak);
  7. Thank you for your attention (Terimakasih atas perhatiannya).

 

Tentu saja, perkenalan diri dalam bahasa Inggris ini harus disertai juga dengan bahasa tubuh dan gestur yang natural dan percaya diri sehingga bisa menimbulkan kesan yang baik di mata lawan bicara.

Contoh perkenalan diri dalam berbagai situasi

Dari banyak ungkapan yang sudah dibahas di atas, kamu bisa menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut dalam berbagai situasi seperti berikut.

1. Perkenalan diri dalam bahasa Inggris secara umum

  1. Contoh kalimat :  “Hi everyone. My name is Jimin. Nice to meet you!”.
  2. Terjemahan : “Halo semuanya. Nama saya Jimin. Senang bertemu dengan anda!”.

 

2. Perkenalan diri dalam bahasa Inggris untuk murid baru

  1. Contoh kalimat : “Good morning everyone! Let me introduce myself. My name is Jimin. It is a pleasure to meet you. I was born in Jakarta, October 13th, 2005 and now I live in Tangerang with my parents and my sister. I enjoy reading books and watching movies and my favorite movie is Iron Man. Glad to meet you, guys! Thank you!”.
  2. Terjemahan : “Selamat pagi semuanya! Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Jimin. Senang bertemu dengan kalian. Saya lahir di Jakarta, tanggal 13 Oktober 2005 dan sekarang saya tinggal di Tangerang bersama orang tua dan kakak perempuan saya. Saya senang membaca buku dan menonton film dan film favorit saya adalah Iron Man. Senang bertemu dengan kalian! Terimakasih!”.

 

3. Perkenalan diri dalam bahasa Inggris untuk mahasiswa baru

  1. Contoh kalimat : “Hello everybody! Allow me to introduce myself. My full name is Park Jimin, but you can call me Jimin. I was born in Tangerang, October 13th, 2005. I come from Jakarta. I choose to study Psychology at Gadjah Mada University because I love learning about human behavior. During my free time, I love playing soccer and singing. I would like to join singing competition at the university. Nice to meet everyone and thank you!”.
  2. Terjemahan : “Halo semuanya! Izinkan saya memperkenalkan diri saya. Nama lengkap saya adalah Park Jimin, tapi kamu bisa memanggil saya Jimin. Saya lahir di Tangerang, 13 Oktober 2005. Saya datang dari Jakarta. Saya memilih untuk belajar Psikologi di Universitas Gadjah Mada karena saya suka belajar tentang perilaku manusia. Di waktu luang saya, saya suka bermain sepakbola dan bernyanyi. Saya ingin mengikuti kompetisi bernyanyi di universitas. Senang bertemu semuanya dan terima kasih!”.

 

Baca Juga: 13 Situs yang Cocok Untuk Belajar Bahasa Inggris

 

4. Perkenalan diri dalam bahasa Inggris saat wawancara kerja

  1. Contoh kalimat : “Hi everyone. Allow me to introduce myself. My name is Park Jimin, but people used to call me Jimin. I am one of the new employees here, but I have the experience of working at the same industry for the last 2 years. I studied Human Resources Management at Sydney University, Sydney, Australia. While finishing my undergraduate degree, I also used to work as freelance content writer at various publishers as well as barista at a coffee shop near my apartment. Moving forward, I would like to gain more experience in project management at this company. Which is why I am interested to join this company”.

  2. Terjemahan : “Halo semuanya. Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Park Jimin, tapi orang-orang biasa memanggil saya dengan sebutan Jimin. Saya adalah salah satu karyawan baru di sini, tapi saya memiliki pengalaman bekerja di industri yang sama selama 2 tahun terakhir. Saya belajar di jurusan Human Resource Management di Sydney University, Sydney, Australia. Sambil menyelesaikan gelar sarjana saya, saya juga bekerja sebagai penulis konten freelance di berbagai perusahaan penerbitan sekaligus bekerja sebagai barista di coffee shop di dekat apartemen saya. Selanjutnya, saya ingin mendapatkan pengalaman lebih di bidang manajemen proyek di perusahaan ini. Saya berharap kita bisa bekerja sama sebagai tim dan senang bertemu dengan semua orang hari ini. Inilah sebabnya saya tertarik untuk bergabung di perusahaan ini!”.

 

5. Perkenalan diri dalam bahasa Inggris untuk memulai presentasi

  1. Contoh kalimat : “Good morning! Let me introduce myself before I start my presentation. My name is Jimin and I am studying clinical psychology at Gadjah Mada University. Today I would like present my research on the effect of music therapy for stress management in rehabilitation program that I have gathered for my undergraduate thesis.
  2. Terjemahan : “Selamat pagi. Izinkan saya memperkenalkan diri saya sebelum saya memulai presentasi. Nama saya adalah Jimin dan saya mempelajari psikologi klinis di Universitas Gadjah Mada. Hari ini, saya ingin menampilkan penelitian saya tenang efek terapi music untuk manajemen stress di program rehabilitasi yang sudah saya kumpulkan untuk skripsi jenjang sarjana saya.”

 

Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris secara lengkap

Ingin memperkenalkan diri dengan lengkap? Simak contoh di bawah ini.

“Hello everyone! My name is Park Jimin but you can call me Jimin. I am 27 years old. I was born and grew up in Jakarta, but recently I have just moved to Bandung with my whole family. I graduated from University in Indonesia majored in Clinical Psychology. I did research on musical therapy for my undergraduate thesis.

As for my family, I have a very big family with 4 (four) big brothers and 2 (two little brothers). I am currently working as child therapist in one of hospital in Bandung. I love talking to people and hang out with my friends during my spare time. I also enjoy listening to music and my favorite musical group of all time is the South Korean band, BTS. Glad to see you everyone here. Thank you!”

Terjemahan:

“Hello semuanya! Nama saya Park Jimin, tapi kamu bisa memanggil saya Jimin. Usia saya 27 tahun. Saya lahir dan besar di Jakarta, tapi akhir-akhir ini saya baru saja pindah ke Bandung dengan seluruh keluarga saya. Saya lulus dari Universitas Indonesia, jurusan Psikologi Klinis. Saya melakukan penelitian tentang terapi musik untuk skripsi jenjang S1.

Kalau soal keluarga, saya punya keluarga besar dengan 4 (empat) kakak laki-laki dan 2 (dua) adik laki-laki. Sekarang saya bekerja sebagai terapis anak di salah satu rumah sakit di Bandung. Saya gemar berbicara dengan orang lain dan berkumpul dengan teman-teman saya selama waktu luang. Saya senang mendengarkan musik dan grup musik favorit saya adalah grup dari Korea Selatan, BTS. Senang bertemu dengan semua orang di sini. Terima kasih!”

 

Baca Juga: Pelajari Slang Bahasa Inggris

 

Rekomendasi bimbingan belajar bahasa Inggris

Ingin bisa melakukan perkenalan diri dalam bahasa Inggris dengan baik? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih terarah.

Butuh program bimbingan belajar bahasa Inggris agar kemampuan bahasa Inggris kamu lebih sempurna? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan belajar bahasa Inggris dijamin terlengkap.

perkenalan diri dalam bahasa inggris