7 Persiapan Beasiswa ke Luar Negeri untuk Pelajar SMA

Kuliah di Luar Negeri, 11 Nov 2022

Bagi para Hunters yang punya cita-cita untuk langsung kuliah ke luar negeri setelah SMA, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Berikut 7 tips persiapan beasiswa ke luar negeri untuk pelajar SMA versi Schoters!

1. Kenali Universitas dan Beasiswa Tujuan

Tentunya hal pertama yang harus lakukan akan mengenali universitas dan beasiswa tujuan. Beberapa hal yang harus benar-benar kamu pastikan adalah jurusan yang kamu ambil hingga rencana karir yang kamu ambil dari bidang tersebut, apakah universitas menyediakan lingkungan belajar yang kamu butuhkan, dan apakah ada beasiswa yang akan membantu belajarmu nantinya.

Perhatikan pula persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan dan lakukan persiapan beasiswa luar negeri sedini mungkin. Perlu diketahui pula, mengumpulkan informasi di atas dan mempersiapkan dokumen bisa menjadi kegiatan yang menguras waktu dan tenagamu. Oleh karena itu buatlah rencana atau milestone agar persiapanmu semakin matang dan jelas ya.

2. Persiapan Sertifikat Bahasa

Hampir setiap beasiswa yang ada mewajibkan adanya sertifikat bahasa, terlebih untuk TOEFL/IELTS, ataupun sertifikat bahasa lainnya. Ini adalah salah satu persiapan beasiswa luar negeri yang penting. Bagi kamu yang tidak terlalu percaya diri dengan kemampuanmu, kamu bisa mulai ikut kursus bahasa mulai dari sekarang ya. Persiapkan segera bersama Schoters di tautan ini. 

3. Persiapkan SAT Test

Bagi kamu yang masih asing dengan SAT Test, SAT Test adalah ujian standarisasi yang dibuat oleh College Board, lembaga nirlaba yang ada di Amerika Serikat. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat, persiapan beasiswa luar negeri yang harus kamu persiapkan adalah SAT Test. 

Bagi pelajar Amerika Serikat yang telah lulus SMA, mereka membutuhkan SAT Test untuk melanjutkan ke perguruan tinggi ataupun beasiswa. Bagi kamu yang masih duduk di bangku SMA, kamu sudah bisa menyiapkan SAT Test mulai dari sekarang ya. Persiapkan di sini bersama Schoters.

4. Persiapkan Motivation Letter

Salah satu dokumen krusial untuk persiapan beasiswa luar negeri adalah Motivation Letter. Surat motivasi ini digunakan untuk menilai profil seseorang apakah dia memiliki kualifikasi yang dicari oleh universitas atau beasiswa tersebut. Jadi dengan kata lain, motivation letter merupakan jendela para juri untuk mengenal kamu.

5. Persiapkan Diri dengan Prestasi

Selagi kamu menempuh pendidikan di bangku SMA, persiapan beasiswa luar negeri yang bisa kamu lakukan adalah menambah prestasi atau kegiatan organisasi/bakti masyarakat. Kebanyakan dari beasiswa, mencari seorang calon pemimpin dunia yang peduli sesama dan juga bagus dibidang akademik.  

Dengan menambah pengalaman dan prestasimu selama duduk di bangku SMA, kamu bisa menambah kredibilitas di seleksi beasiswa nantinya.  

6. Dapatkan Izin Orang Tua

Persiapan beasiswa luar negeri yang tak kalah penting adalah mendapatkan izin orang tua dan keluargamu dari rumah. Meski kamu merasa sangat bersemangat untuk meraih mimpimu, orang tuamu bisa saja belum siap melepasmu pergi untuk kuliah jauh di negeri orang. Oleh karena itu pastikan kamu sudah mendapatkan izin dari mereka ya.

             Baca juga: 7 Tips Meyakinkan Orang Tua untuk Kuliah ke Luar Negeri

7. Pikirkan Plan B

Persiapan beasiswa luar negeri lainnya adalah pikirkan Plan B! Merencanakan Plan B bukan berarti kamu tidak optimis untuk bisa meraih mimpi ya, tapi sesungguhnya banyak hal yang tidak bisa kamu kontrol dan untuk mempersiapkan dirimu pada kemungkinan terburuk. Plan B mu bisa berupa kuliah di dalam negeri, menunggu tahun berikutnya, atau lain sebagainya. Kamu juga bisa merundingkan ini dengan orang terdekatmu ya.

Beberapa tips persiapan beasiswa luar negeri di atas merupakan garis besar dari persiapan lainnya. Pastikan kamu mempersiapkan dirimu sebaik mungkin dan jangan ragu untuk meminta bantuan atau nasihat dari yang berpengalaman ya. 

                Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri 

Konsultasikan Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Berikut negara dengan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk informasi lebih banyak tentang beasiswa dunia, yuk konsultasi dengan pakar beasiswa di sini.

persiapan beasiswa luar negeri