10 Tips Jitu untuk Persiapan Wawancara LPDP

Hunters tau gak sih, tahapan paling penting pada saat proses seleksi mendapatkan beasiswa LPDP? Benar sekali, pada tahap wawancara. Untuk itu mari simak artikel berikut mengenai persiapan wawancara LPDP yang perlu Hunters ketahui!

Apa Itu Beasiswa LPDP?

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang ditujukan kepada para calon mahasiswa yang berkeinginan melanjutkan rencana studinya di dalam maupun luar negeri mulai dari tingkat sarjana, magister, hingga doktoral. Program ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Program Beasiswa LPDP ini telah bekerjasama dengan berbagai universitas dan instansi terkemuka, tak hanya di luar negeri, namun tingkat mancanegara yang reputasinya tidak perlu diragukan lagi. Dengan benefit yang diberikan, tak heran apabila proses seleksinya juga ketat. Sebagai kandidat, kamu harus melewati berbagai proses seleksi mulai dari seleksi administrasi, bakat skolastik, dan seleksi wawancara LPDP. 

10 Tips Jitu Persiapan Wawancara LPDP

Tahapan Paling Penting saat mendaftar LPDP yakni tahapan wawancara. Wawancara ini merupakan kesempatan besar bagi calon penerima beasiswa untuk mempresentasikan dan membranding diri, tujuan, rencana studi, hingga motivasi kepada tim panelis yang biasanya terdiri dari para profesional dan akademisi ahli terkait bidang studi calon penerima beasiswa. Supaya proses seleksi wawancara LPDP menghasilkan hasil yang memuaskan, berikut 10 tips jitu persiapan wawancara LPDP.

1. Persiapan mendalam

Tips persiapan wawancara LPDP yang pertama, tentunya Hunters perlu mempersiapkan segala keperluan mulai dari berkas dan formulir dengan lebih teliti melalui web. Formulir yang dibutuhkan biasanya berisikan: cv, esai, personal statement, kelebihan dan kekurangan diri, pengalaman organisasi, hingga kontribusi apa yang akan kamu lakukan setelah menempuh jenjang pendidikan. 

Beberapa hal tersebut perlu Hunters pahami dengan lebih mendalam jauh sebelum wawancara akan dimulai, karena pastinya akan ditanyakan saat wawancara berlangsung. Sebelumnya Hunters juga perlu mempelajari profil LPDP, tujuan program beasiswa, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh lembaga tersebut. 

2. Pahami dan kenali diri anda sendiri 

Tips persiapan wawancara LPDP yang kedua yakni kenali potensi, kelebihan, kelemahan, hingga prestasi yang Hunters miliki. Jawablah dengan jujur dan tidak di buat-buat. Hunters dianjurkan untuk membuat rangkuman singkat mengenai pengalaman kepemimpinan, prestasi, dan pengalaman yang relevan dengan bidang studi yang kamu pilih.

3. Kemukakan rencana studi dan tujuan karir

Persiapan wawancara LPDP berikutnya yakni kemukakan rencana studi dan tujuan karir mu. Jelaskan dengan seksama mengapa kamu memilih program studi, universitas, dan bagaimana rencana studimu  sesuai dengan karir dan kontribusi bagi Indonesia. Hunters juga harus membuktikan sejauh mana kamu memahami mengenai program studi yang akan kamu ambil. 

4. Paparkan motivasi yang kuat

Tips persiapan wawancara LPDP selanjutnya yakni ceritakan kepada panel mengenai kisah pribadi yang menginspirasi Hunters untuk melanjutkan studi dan bagaimana kamu yakin bahwa itu merupakan langkah penting dan efektif untuk pembangunan pribadi dan nasional. Sementara itu, Hunters dapat menjelaskan bagaimana studi yang kamu lakukan akan membantu tujuan yang kamu impikan. 

5. Ceritakan pengalaman organisasi dan kepanitiaan

Selanjutnya, Hunters bisa menceritakan pengalaman organisasi dan partisipasi dalam kepanitiaan. Kamu juga dapat memaparkan bagaimana organisasi dan kepanitiaan yang kamu ikuti membentuk keterampilan mu bekerja dalam tim, sikap tanggung jawab, inisiatif, kepemimpinan, dan problem solving. 

 

Baca Juga: Simak Syarat dan Tahap Pendaftaran Beasiswa LPDP

 

Tertarik mendaftar beasiswa LPDP dan bingung dengan persyaratannya? Yuk konsultasi dengan  Schoters untuk bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Universitas pilihanmu dengan beasiswa LPDP, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

 

Persiapan Wawancara LPDP

 

6. Persiapan Wawancara LPDP dengan terus berlatih/praktik wawancara

Tips persiapan wawancara LPDP selanjutnya adalah memperbanyak latihan wawancara. Jika kamu sempat mengikuti seleksi beasiswa lain dan terdapat seleksi wawancara, maka bisa dijadikan bahan untuk mengevaluasi diri. Pahami kelemahan yang membuat Anda kemungkinan gagal menjadi penerima beasiswa tersebut dan berusaha mengatasinya. Selain itu silahkan mencoba latihan dengan teman untuk menjawab pertanyaan dengan natural dan sebaik mungkin. 

7. Persiapan wawancara LPDP: Belajar mengontrol emosi

Dalam menghadapi wawancara beasiswa LPDP, disarankan untuk lebih bijak dalam mengontrol emosi dan selalu bersikap tenang. Kenapa? Sebab, tidak sedikit penerima beasiswa yang mengaku menerima pertanyaan dan pengakuan menyakitkan dari penyeleksi. 

8. Mengumpulkan referensi

Pertimbangkan untuk mengumpulkan bahan referensi sebelum diseleksi untuk wawancara LPDP. Di sini kamu bisa mencari referensi dengan cara wawancara dan konsultasi dengan senior-senior yang pernah menjuarai LPDP di masa lalu. kamu juga dapat mengumpulkan informasi, data, dan lainnya dari berbagai sumber yang terkait dengan universitas target Anda, negara. Semakin banyak referensi semakin punya pemahaman dan wawasan lebih. Sehingga bisa membantu menjawab pertanyaan apapun dengan lebih baik. 

9. Tampil percaya diri dan menyenangkan

Tunjukkan rasa percaya diri dengan bahasa tubuh yang positif, pandangan mata yang kontak, dan senyuman yang ramah. Hunters diharapkan dapat berbicara dengan tempo yang sesuai dan menghindari terlalu banyak filler atau kata pengisi.

10. Perbanyak berdoa dan berpikir positif

Tips persiapan wawancara LPDP yang terakhir adalah sebaiknya tidak terlupa untuk dilakukan adalah memperbanyak berdoa. Berdoa kepada Tuhan bisa membantu mendapat hati dan pikiran yang lebih tenang, sehingga berdampak positif bagi kelancaran proses wawancaramu. Selain itu, penting sekali untuk belajar bagaimana berpikir positif setiap saat. Pastikan sudah yakin akan berhasil dan melewati seleksi wawancara dengan baik.

 

Baca Juga: Rekomendasi Bimbingan Supaya Lolos Beasiswa LPDP

 

Tertarik dengan program tersebut? Yuk ikut bimbingan persiapan wawancara LPDP!

Ingin lolos beasiswa LPDP? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswamu lebih terarah. Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Persiapan Wawancara LPDP