Apa Saja Persyaratan Tokutei Ginou? Simak Penjelasannya!

Hai Jobbers! Jepang membuka program kerja untuk warga asing dan juga berhubungan dengan visa untuk izin tinggal di Jepang lhoo! Yuk berkenalan dengan Tokutei Ginou dan simak artikel berikut untuk persyaratan Tokutei Ginou yang diperlukan untuk mendaftarkan diri pada program tersebut.

Apa itu Tokutei Ginou?

Tokutei Ginou merupakan program yang berhubungan dengan visa izin tinggal di Jepang. Dengan adanya program Tokutei Ginou, izin tinggal di Jepang bertambah yakni Specified Skilled Workers 1 atau SSW I dan Specified Skilled Workers 2 atau SSW II.

Tokutei Ginou juga biasa disebut dengan visa keterampilan khusus bagi para pekerja asing dengan keterampilan spesifik seperti pertanian, perikanan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya program ini meningkatkan kesempatan untuk dapat bekerja di Jepang selain dengan jalur kerja magang ataupun pekerja profesional yang persyaratan Tokutei Ginou nya lebih banyak dan rumit untuk pemula.

Persyaratan Tokutei Ginou

Berikut persyaratan Tokutei Ginou, terdapat dua persyaratan yang harus dipenuhi yakni:

  1. Sertifikat Bahasa Jepang: Sertifikat Bahasa Jepang yang dimaksud yaitu sertifikat JLPT N4 atau sertifikat JFT Basic A2;
  2. Lolos Ujian Keterampilan: Ujian keterampilan yang dimaksud merupakan ujian keterampilan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Jepang sesuai bidang pekerjaan yang dipilih.

Persyaratan Tokutei Ginou : Dokumen Pendaftaran

Persyaratan Tokutei Ginou salah satunya yakni dengan menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, setidaknya ada lima dokumen utama yang dibutuhkan, yakni:

  1. Paspor yang masih berlaku.
  2. Formulir permohonan visa dan dan pasfoto terbaru dengan ukuran 4,5 x 3,5 cm
  3. Foto kopi KTP.
  4. Certificate of Eligibility.
  5. Hasil cetak Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (E-KTLN) yang diterbitkan lewat Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) BNP2TKI.

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Kerja di Jepang

Bidang Tokutei Ginou Populer

1. Perawat dan Tenaga Kesehatan

Dengan populasi lansia yang semakin meningkat, Jepang membuka program Tokutei Ginou salah satunya adalah membutuhkan lebih banyak perawat untuk merawat lansia. Program Tokutei Ginou dalam bidang ini memberikan peluang bagi perawat asing untuk belajar budaya dan sistem kesehatan Jepang.

2. Agrikultur dan Pertanian

Program ini membantu menyediakan tenaga kerja bagi sektor pertanian Jepang yang membutuhkan bantuan dalam menangani tanaman, panen, dan pekerjaan pertanian lainnya.

3. Industri Budidaya dan Penangkapan Perikanan

Untuk mendukung industri perikanan, Tokutei Ginou memberikan peluang bagi individu untuk bekerja di perairan Jepang, membantu dalam penangkapan ikan dan pemrosesan hasil tangkapan.

4. Hotel and Hospitality

Demi mendukung pariwisata yang berkembang pesat, program ini membantu dalam menyediakan staf hotel dan perhotelan yang dapat berkomunikasi dengan wisatawan asing.

5. Manufaktur

Industri manufaktur Jepang menghadapi kekurangan tenaga kerja, dan program ini membantu mengisi celah ini dengan menawarkan pelatihan untuk bekerja di sektor manufaktur.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jepang Bersama Schoters

Ingin bekerja di Jepang? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Jepang semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Persyaratan, lowongan yang dibuka, & proses pendaftarannya Tokutei Ginou atau kerja di luar negeri Jepang