10 Pertanyaan Wawancara Beasiswa S2 dan Jawabannya

Salah satu tahap seleksi yang paling menentukan apakah seseorang dinilai memenuhi persyaratan untuk mendapatkan beasiswa adalah tahap wawancara. Tentu saja kandidat penerima beasiswa harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi wawancara. Apa saja pertanyaan wawancara beasiswa S2 yang perlu kamu ketahui? Simak daftar pertanyaannya di bawah ini.

 

Tahap wawancara beasiswa

Secara umum, wawancara beasiswa adalah salah satu tahap dalam proses seleksi beasiswa di mana penyedia beasiswa dapat bertemu langsung dengan kandidat penerima beasiswa. Sehingga, penyedia beasiswa dapat menilai kesesuaian nilai, visi dan misi kandidat penerima beasiswa dengan nilai, visi dan misi beasiswa dengan menggunakan berbagai pertanyaan. Selain untuk melihat kesesuaian pribadi, wawancara beasiswa juga digunakan untuk melihat aspirasi personal dan profesional kandidat setelah menyelesaikan studi menggunakan beasiswa. 

 

10 pertanyaan wawancara beasiswa S2

Untuk jenjang master, deretan pertanyaan berikut adalah beberapa pertanyaan wawancara beasiswa S2 yang umumnya ditanyakan saat wawancara beasiswa.

1. Silahkan perkenalkan diri Anda

Salah satu pertanyaan wawancara beasiswa S2 yang sering menjadi pembuka wawancara adalah pertanyaan yang mempersilahkan kandidat untuk memperkenalkan diri sendiri. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa memberikan beberapa informasi pribadi yang relevan dengan keperluan beasiswa seperti latar belakang pendidikan, pekerjaan saat ini, keahlian yang dimiliki hingga pencapaian penting yang pernah kamu dapatkan sebelumnya. Pertanyaan ini merupakan kesempatan emas bagi kandidat beasiswa untuk memberikan kesan pertama yang baik di mata penyedia beasiswa.

 

Baca Juga: Simak Cara Memperkenalkan Diri yang Baik Saat Wawancara Beasiswa

 

2. Apa saja kelebihan dan kelemahan Anda

Berikutnya adalah pertanyaan yang menilai apakah kandidat memiliki kesadaran diri yang baik. Untuk kelebihan, kamu bisa menjawab dengan menyebutkan sifat positif yang kamu miliki sebagai individu lengkap dengan contoh spesifik, agar kamu tidak terkesan menyombongkan diri.

Untuk kelemahan, kamu bisa menyebutkan kelemahan diri kamu yang sedang kamu coba perbaiki saat ini untuk memberikan kesan bahwa kamu adalah seseorang yang selalu berusaha untuk memperbaiki diri sendiri. Tentu saja, berikan contoh yang spesifik.

3. Kenapa Anda memilih jurusan ini

Saat wawancara beasiswa, kandidat juga harus bisa menjelaskan alasan mengapa kandidat memilih suatu jurusan tertentu. Untuk jenjang Master, kandidat biasanya juga akan diminta untuk menjelaskan relevansi jurusan yang dipilih di jenjang S2 dengan jurusan di jenjang sebelumnya atau dengan pekerjaan yang dimiliki saat ini. Apabila jurusan yang dipilih tidak serumpun dengan jurusan di jenjang sebelumnya, kandidat biasanya juga akan diminta menjelaskan alasan mengapa memilih jurusan yang berbeda.

Tentu saja, untuk menjawab pertanyaan ini, kandidat harus bisa memberikan justifikasi yang tepat seperti mata kuliah yang ditawarkan, hubungan antara jurusan yang dipilih dengan pekerjaan, minat penelitian atau rencana masa depan dan alasan-alasan lain dengan spesifik.

4. Kenapa Anda memilih universitas ini

Sama seperti pertanyaan tentang jurusan, kandidat juga harus bisa memberikan justifikasi untuk menjelaskan alasan mengapa memilih suatu universitas. Justifikasi yang diberikan juga sebaiknya spesifik, untuk menunjukkan bahwa kandidat sudah melakukan riset yang cukup serta memiliki rencana studi yang jelas sehingga dapat memilih universitas yang tepat untuk studi yang akan ditempuh.

5. Ceritakan sedikit tentang rencana penelitian Anda

Untuk jenjang pascasarjana baik S2 maupun S3, penyedia beasiswa juga biasanya akan bertanya tentang rencana penelitian yang akan dilakukan saat menyusun tesis atau disertasi. Pertanyaan ini diberikan untuk melihat sejauh mana kandidat mempersiapkan penelitian sampai melihat kesesuaian rencana penelitian kandidat dengan program studi dan rencana karier kandidat pasca studi. Berikan jawaban yang spesifik dan logis, dengan didukung data dan informasi yang relevan sehingga penyedia beasiswa bisa memahami rencana penelitian dengan jelas.

6. Apa rencana karier Anda setelah menyelesaikan studi

Pertanyaan wawancara beasiswa S2 berikutnya yang penting untuk dipersiapkan adalah pertanyaan tentang rencana karier setelah menyelesaikan studi. Untuk menjawab pertanyaan ini, berikan outline rencana karier jangka pendek, menengah dan panjang yang spesifik, konkrit dan realistis sehingga memberikan kesan bahwa kandidat tahu apa yang ingin dilakukan setelah lulus. 

Selain itu, tunjukkan juga bahwa program studi yang dipilih kandidat penting untuk membantu kandidat mencapai rencana karier pasca studi. Hindari memberi jawaban yang terlalu general atau rencana pasca studi yang terlalu ambisius yang mustahil dilakukan.

7. Ceritakan tantangan terbesar yang pernah Anda hadapi

Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, berikan jawaban menggunakan contoh kejadian di kehidupan nyata. Ceritakan secara rinci tentang situasi yang kamu hadapi serta tanggung jawab yang harus kamu jalankan dalam situasi tersebut, sebelum kemudian kamu bisa memberikan penjelasan tentang apa yang kamu lakukan untuk menghadapi tantangan, hasil serta pelajaran yang kamu dapatkan (lesson learned) dari tantangan tersebut.

8. Mengapa Anda memilih beasiswa ini

Pertanyaan wawancara beasiswa S2 ini biasanya ditanyakan untuk melihat seberapa dalam pengetahuan kandidat tentang program beasiswa yang sedang mereka lamar. Seperti pertanyaan-pertanyaan wawancara lainnya, berikan jawaban yang spesifik dan logis untuk menjawab pertanyaan ini. Kandidat bisa menyebutkan keuntungan yang bisa didapatkan dari beasiswa atau visi misi program beasiswa yang sesuai dengan rencana studi dan rencana karier di masa yang akan datang.

9. Kontribusi apa yang akan Anda berikan untuk negara?

Pertanyaan ini biasanya ditanyakan untuk melihat apa yang akan diberikan kandidat setelah lulus studi ini untuk berkontribusi kepada negara. Salah satu cara menjawab pertanyaan ini adalah dengan mengkaitkannya dengan permasalahan atau isu terkini yang sedang dihadapi oleh negara. Jawablah dengan yakin dan tegas, serta usahakan jawaban yang diberikan relevan dengan rencana karir setelah menyelesaikan studi.

10. Mengapa Anda layak untuk menerima beasiswa ini?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kandidat dapat menjelaskan alasan layak menerima beasiswa tersebut, seperti mengkaitkan dengan penelitian, kontribusi, latar belakang dan pengalaman, atau manfaat yang akan didapatkan oleh negara, serta penting untuk memahami kriteria penerima beasiswa yang mereka cari.

 

Baca Juga: Ketahui Tips Sukses Menghadapi Wawancara Beasiswa!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos beasiswa S2

Ingin lolos beasiswa S2? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa S2? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Pertanyaan Wawancara Beasiswa S2