fbpx

5 Cara Planning yang Baik untuk Mengejar Beasiswa

Cerita Inspiratif, Fakta Menarik, Tips & Trik

Hunters, mempersiapkan rencana untuk  kuliah di luar negeri atau bahkan untuk dapat beasiswa ke luar negeri merupakan langkah yang besar dan penting untuk direnungkan. Walau sudah direncanakan sedemikian rupa, terkadang kita pun juga bisa missed di beberapa hal. Benjamin Franklin menyebutkan “If You Fail to Plan, You are Planning to Fail”, yang membuktikan bahwa kesuksesan meraih tujuan sangat dipengaruhi oleh bagaimana kita merencanakannya. 

Lantas, bagaimana cara melakukan perencanaan yang baik? Apa yang harus dipersiapkan? Simak 5 Cara Planning yang Baik untuk Mengejar Beasiswa berikut ini dikutip dari podcast kolaborasi Schoters x Inspigo “Rancang Rencana Raih Tujuan” bersama Kak Gugi Yogaswara (Alumni di Kyoto University). 

1. Tentukan Target-mu! Be Clear & Precise

Sebelum memulai untuk melakukan perencanaan yang matang, perjelas kembali target atau tujuan yang ingin diperoleh saat kembali dari kuliah di luar negeri. Target harus diputuskan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti waktu persiapan, persistensi, dan kemauan untuk mengejar beasiswa. Untuk membantu Hunters dalam menentukan target, Hunters dapat menggunakan teknik SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-Bound). Dengan menggunakan teknik SMART, Hunters dapat lebih mudah menentukan tujuan dengan menggunakan 5 dimensi yang ada.

2. Evaluasi Diri Rutin

Setelah memutuskan target dan perencanaannya, Hunters perlu melakukan evaluasi diri untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Terlebih, ketika kita ingin mencapai impian besar seperti berkuliah di luar negeri, penolakan bukan sesuatu yang aneh. Dalam hal ini, Hunters dapat me-review kembali mengenai target yang ingin dicapai, relevansi kegiatan yang sudah diikuti beberapa waktu terakhir dengan tujuan, serta melihat kembali apakah dokumen aplikasi seperti recommendation letter, motivation letter, dan CV akademis perlu diperbaiki. Pahami pepatah dari John Wooden bahwa “Without proper self-evaluation, failure is inevitable”.

Baca juga: 10 Negara Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri

3. Tanamkan Growth Mindset!

Untuk mencapai tujuan besar seperti meraih beasiswa ke luar negeri, perencanaan perlu dilihat sebagai proses yang taktis. Setelah evaluasi rutin dilakukan, perhatikan kembali rencana Anda, seperti “Apa yang kurang dari rencana sebelumnya? Apa yang bisa saya perbaiki?”. Menurut Kak Gugi Yogaswara di podcast kolaborasi Schoters x Inspigo, semangat untuk memberikan yang terbaik dan memperbaiki diri sangat membantunya untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Hal ini membuktikan bahwa meraih impian ke luar negeri membutuhkan growth mindset dan semangat untuk terus bertumbuh dan memperbaiki diri agar mencapai hasil yang optimal. 


4. Starts with Why!

Setelah siap dengan semua perencanaan dan evaluasi dirimu, timbulkan pertanyaan “Mengapa saya memilih jalur ini?” tidak boleh berhenti ketika persiapan saja. Jawaban dari pertanyaan tersebut akan membantu untuk memilih tujuan yang relevan dengan alasan ingin berkuliah di luar negeri. Tujuan dan alasan yang relevan juga akan membantumu dalam proses seleksi beasiswa ke luar negeri karena biasanya akan ditanyakan di Motivation Letter atau esai rencana studi-mu. 

Baca juga: Ratusan Kali Gagal dapat Beasiswa di Luar Negeri, Akhirnya Berhasil dan Tamat sampai S3

5. Perbaiki Niat!

Sering berpikir untuk cari beasiswa ke luar negeri agar bisa berkuliah sambil jalan-jalan? Hmm.. sebenarnya tidak ada yang salah dengan jawaban tersebut. Namun, ketika Hunters ingin memutuskan untuk mencari beasiswa ke luar negeri, niat kita akan sangat mempengaruhi bagaimana kita menjalankannya. Niat yang baik tidak hanya membantu memperjelas motivasi awal, namun juga membantu Anda menjelaskan alasan dengan baik kepada interviewer saat seleksi beasiswa. 

Nah bagaimana Hunters? Penasaran bagaimana mengaplikasikan 5 cara tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari? 

Simak podcast “Rancang Rencana Raih Tujuan” bersama Kak Gugi Yogaswara (S2 di Kyoto University) untuk mengetahui lengkapnya di https://player.inspigo.id/KzEdLIdUgt 

Pin It on Pinterest

Share This