Ketahui 4 Tokoh Polyglot di Indonesia Yang Menguasai Banyak Bahasa

Polyglot adalah seseorang yang dapat berbicara 5 atau lebih bahasa. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani “polyglōttos”, yang berarti “banyak bahasa”. Seorang polyglot biasanya memiliki kemampuan untuk berbicara, membaca, menulis, dan memahami bahasa-bahasa yang berbeda dengan tingkat kemahiran yang tinggi.

Kecakapan berbahasa tingkat tinggi ini dapat diperoleh melalui berbagai cara, seperti belajar secara formal di sekolah atau universitas, hidup di berbagai budaya yang menggunakan berbagai bahasa sehingga dapat berbicara banyak bahasa, atau belajar secara mandiri menggunakan berbagai sumber belajar seperti buku, audio, video maupun media daring.

Beberapa orang memilih untuk menjadi polyglot karena hobi dan ketertarikan mereka dalam mempelajari bahasa. Sementara yang lain memanfaatkan kemampuan bahasa mereka dalam pekerjaan atau karier internasional sebagai seorang penerjemah atau diplomat.

Tokoh Polyglot Indonesia

Beberapa tokoh polyglot di Indonesia yang terkenal adalah:

1. Fiki Naki 

Seorang polyglot yang tenar berkat videonya bercakap-cakap dengan orang dari berbagai dunia ini adalah seorang blogger dan YouTuber. Di berbagai videonya ia juga membagikan pengalamannya dalam mempelajari berbagai bahasa asing

2. Denny Santoso

Denny adalah seorang polyglot yang juga dikenal sebagai seorang motivator dan pelatih bisnis. Ia mampu menguasai lebih dari 10 bahasa, termasuk bahasa-bahasa asing seperti Inggris, Jerman, Prancis, dan Mkalianrin.

3. Taufik Abdullah

Taufik merupakan seorang akademisi yang juga dikenal sebagai seorang polyglot. Ia mampu menguasai lebih dari 10 bahasa, termasuk bahasa Arab, Inggris, Jerman, Prancis, dan Rusia.

Baca Juga: Ketahui Karakteristik Bahasa Jerman

4. Dr. Rizal Sukma

Dr. Rizal merupakan seorang diplomat dan akademisi dikenal sebagai seorang polyglot. Ia mampu menguasai lebih dari 10 bahasa, termasuk bahasa-bahasa asing seperti Inggris, Perancis, dan Jerman.

 

Tips Menjadi Polyglot

Berikut beberapa tips untuk mempelajari banyak bahasa dan menjadi seorang polyglot:

1. Mulailah dengan bahasa yang paling diminati atau yang paling diperlukan

Hal ini dapat membantu kalian tetap termotivasi selama proses belajar bahasa. Memilih bahasa yang paling diminati atau diperlukan juga dapat membantu kalian memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Gunakan metode pembelajaran yang berbeda-beda

Setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda-beda. Cobalah mencari tahu dan menggunakan metode-metode belajar yang berbeda-beda untuk mempelajari bahasa seperti mendengarkan lagu, menonton film, membaca buku atau mengambil kursus bahasa.

3. Jangan takut untuk berbicara

Jangan merasa malu atau takut untuk berbicara bahasa yang sedang dipelajari meski baru belajar beberapa kata. Teruslah berbicara dan berlatih untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan kepercayaan diri kalian.

4. Imersi dalam bahasa

Cobalah untuk menciptakan lingkungan yang memaksa kalian untuk terus menerus menggunakan bahasa yang sedang kalian pelajari. Misalnya, mendengarkan radio dalam bahasa tersebut, menonton film dengan subtitle dalam bahasa tersebut, atau bergaul dengan orang-orang yang berbicara dalam bahasa tersebut.

5. Jangan menyerah

Mempelajari bahasa bukanlah hal yang mudah, membutuhkan waktu dan kerja keras. Bersabar dan pantang menyerah dalam berlatih bahasa untuk mencapai tujuan sebagai seorang polyglot.

 

Baca Juga: Pelajari Kosakata Bahasa Jepang

 

Bimbingan Belajar Bahasa Asing Agar Dapat Menjadi Polyglot

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk konsultasikan dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama 

Butuh program bimbingan persiapan tes bahasa Inggris? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)