7 Lowongan Profesi Perawat di Jerman: Persyaratan dan Peluang Karir

Hai Jobbers! Ketika mendengar profesi perawat, mungkin yang kalian bayangkan hanyalah bekerja di fasilitas kesehatan. Namun, ternyata tidak demikian! Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang lowongan profesi perawat di Jerman bagi warga asing yang mungkin belum kalian ketahui, tetapi sangat diminati!

7 Lowongan Profesi Perawat di Jerman yang Dapat Kamu Daftar sebagai Warga Asing

1. Perawat Forensik

Lowongan profesi perawat di Jerman yang jarang diketahui namun banyak peminat yang pertama adalah perawat forensik. Perawat forensik bertugas untuk melakukan perawatan bagi para korban dari tindak kejahatan. Perawat forensik di Jerman telah diakui secara resmi dan telah terintegrasi dalam kedokteran forensik selama beberapa dekade terakhir.

Profesi perawat di negara seperti Jerman, Swiss, dan Austria yang menangani forensik telah meluncurkan proyek untuk membentuk tenaga kesehatan forensik di negara-negara yang berbahasa Jerman. Seperti perawat khusus dokumentasi bukti pengadilan, mengamankan barang bukti, dan mengatur dukungan psikososial bagi korban dan pelaku.

Profesi perawat forensik di Jerman memiliki kisaran gaji fantastis dari Badan Tenaga Kerja Federal dengan gaji kotor bulanan rata-rata sekitar 4.200an Euro atau sekitar 74 juta Rupiah.

2. Perawat Perkemahan

Lowongan profesi perawat di Jerman yang kedua adalah perawat perkemahan. Di Jerman, perawat perkemahan semakin banyak peminatnya dan semakin banyak dipekerjakan bersama staff pendukung dengan jobdesk memastikan kesehatan dan keselamatan para peserta kemah. Profesi perawat di Jerman ini akan bekerja secara musiman. Tidak hanya menjadi perawat, namun perawat perkemahan juga menjadi pengasuh bagi anak-anak dan remaja di perkemahan.

Perawat perkemahan biasanya mendapat gaji sangat bervariasi, tergantung pada negara, durasi, dan klien. Menurut nursingprocess.org, gaji rata-rata di Amerika adalah $34 per jam atau sekitar 500 ribu Rupiah . Di Jerman, Perawat Perkemahan sering dipekerjakan secara sukarela. Hal ini menyebabkan perawat di perkemahan biasanya tidak menerima gaji yang tinggi, dan hanya berupa tunjangan seperti makanan dan tempat tinggal.

3. Perawat Penerbangan

Lowongan profesi perawat di Jerman yang ketiga tidak hanya bekerja di fasilitas kesehatan, namun bekerja di pesawat atau helikopter. Perawat penerbangan biasanya sudah terlatih untuk menangani evakuasi darurat dan transportasi pasien kritis menggunakan helikopter atau pesawat. Sebagai Perawat Penerbangan akan melakukan perjalanan ke seluruh dunia, dan akan bekerja di perjalanan dalam beberapa waktu untuk setiap penugasannya.

Perawat Penerbangan bisa menemukan peluangnya melalui maskapai penerbangan, tetapi bisa juga dengan penyedia transportasi pasien di pesawat terjadwal atau transportasi pasien di pesawat ambulans. Berikut ini beberapa penerbangan yang membuka peluang sebagai Perawat Penerbangan seperti Malteser, Air Alliance, atau German International Repatriation.

Rata-rata gaji harian yang bisa didapatkan perawat penerbangan bisa mencapai 350-500 Euro atau 6-8 juta Rupiah perhari. Sementara di perusahaan-perusahaan besar bisa mencapai sekitar 1.5 juta Rupiah per jam nya. Jadi jika hanya berencana untuk menerima beberapa tugas per bulan, gaji tetap akan tergantung pada penghasilan dari pekerjaan paruh waktu.

4. Perawat Medis di Sekolah

Lowongan profesi perawat di Jerman selanjutnya adalah perawat medis di sekolah. Perawat sekolah profesional terutama bekerja di sekolah internasional. Sebagai perawat sekolah, ia sangat dipercaya oleh murid-muridnya.

Oleh karena itu, dalam bekerja sebagai perawat sekolah diperlukan sikap yang positif dan terbuka.  Bekerja dengan anak-anak, remaja, dan orang tua juga memerlukan keterampilan komunikasi yang kuat dan pengetahuan tentang manajemen konflik.

Rata-rata gaji yang bisa didapatkan oleh perawat medis di sekolah mencapai 46.500 Euro per tahun atau setara dengan 700 Juta rupiah berdasarkan jenis sekolahnya.

 

Baca Juga: Cara Mudah Menjadi Perawat di Jerman

 

5. Perawat Medis di Kapal Pesiar

Lowongan profesi perawat di Jerman yang kelima adalah perawat medis di kapal pesiar. Perawat medis di kapal pesiar akan bekerja di kapal saat tur berlangsung selama beberapa bulan, saat perjalanan perawat akan memastikan kesehatan penumpang dan awak kapal. Untuk menjadi perawat medis di kapal pesiar setidak memiliki pengalaman profesional selama tiga tahun.

Menjadi perawat medis di kapal pesiar juga memerlukan sertifikat Avance Cardiac Life Suport (ACLS) dan Advanced Trauma Life Support (ATLS),  sertifikat memenuhi persyaratan kelautan yang masih berlaku, dan berbagai bukti pengalaman lainnya. Hal tersebut untuk memastikan kesehatan pasien, terutama pasien internasional.

Kisaran gaji perawat medis di kapal pesiar bisa mencapai 500 juta pertahun. Untuk mengimbangi gaji yang relatif rendah, pemberi kerja memberikan tunjangan berupa makanan, seragam, akomodasi, dan banyak tunjangan lainnya sepanjang bekerja. Dan sebagai perawat kapal pesiar, kamu dapat menikmati udara laut yang segar setiap hari dan berkeliling dunia tanpa biaya perjalanan.

6. Perawat di Daerah Krisis

Lowongan profesi perawat di Jerman yang keenam adalah perawat di daerah krisis. Perawat di daerah krisis bertugas untuk meningkatkan kondisi kehidupan dan perawatan kesehatan di negara – negara berkembang dan bahkan zona perang. Gaji rata-rata perawat medis di daerah krisis berkisar 2.200 hingga 5.500 Euro sebulan, atau setara dengan 38 juta hingga 98 juta Rupiah perbulan.

Sementara apabila menjadi perawat di daerah krisis akan mendapatkan banyak benefit seperti tunjangan akomodasi, hunian, kontribusi peralatan & perabotan, pendidikan & perawatan anak, tunjangan reintegrasi, dan asuransi.

7. Perawat Perjalanan

Lowongan profesi perawat di Jerman selanjutnya adalah perawat perjalanan. Perawat perjalanan umumnya bekerja secara temporer dan mendukung fasilitas perawatan kesehatan di seluruh negeri dalam jangka waktu yang terbatas.

Perawat perjalanan mendapatkan penghasilan rata-rata hingga 30 persen lebih banyak daripada profesional kesehatan. Selain itu, biasanya mendapatkan keuntungan dari rata-rata 30 hari liburan per tahun dan banyak keuntungan lainnya, seperti:

  1. Pembayaran gaji yang berkelanjutan
  2. Pensiun yang didanai oleh perusahaan
  3. Mobil perusahaan
  4. Kursus pelatihan gratis

 

Baca Juga: Simak Informasi Mengenai Ausbildung Kesehatan

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jerman

Tertarik bekerja di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Jerman semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Persyaratan dan Peluang Karir Lowongan Profesi Perawat atau Tenaga Kesehatan di Jerman