10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

Kalau kamu berminat untuk melanjutkan studi di bidang agribisnis, kamu tidak perlu bingung mencari pekerjaan setelah lulus nanti karena peluang kerja lulusan program studi yang mempelajari berbagai aspek pertanian modern ini terbuka lebar di banyak bidang. Ingin mengetahui lebih lanjut? Simak berbagai prospek kerja Jurusan Agribisnis yang menarik dan cukup menjanjikan di bawah ini.

Overview Jurusan Agribisnis

Secara umum, Jurusan Agribisnis adalah jurusan yang mempelajari cara mengaplikasikan prinsip bisnis dan ekonomi ke dalam proses produksi, distribusi, dan pemasaran berbagai hasil pertanian. Lulusan Agribisnis sendiri memiliki banyak sekali prospek kerja yang bisa dicoba dan dapat masuk ke berbagai bidang pekerjaan termasuk business and finance, manajemen, marketing, sampai pembentukan kebijakan di pemerintahan.

Prospek kerja Jurusan Agribisnis yang patut dicoba  

Berikut adalah beberapa prospek jurusan kerja agribisnis yang menarik dan memiliki peluang besar di masa depan.

1. Agribusiness Manager

Prospek kerja Jurusan Agribisnis pertama dalam daftar ini adalah Agribussines Manager. Profesi ini bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh proses dalam usaha atau fasilitas agribisnis, mulai dari akuntasi, logistik, hingga produksi pertanian.

2. Agribusiness Marketer

Prospek kerja Jurusan Agribisnis selanjutnya adalah Agribusiness Marketer. Tanggung jawab utama profesi ini adalah mempromosikan berbagai komoditas khusus di bidang pertanian atau peternakan. Profesi ini juga biasanya melakukan riset di bidang pemasaran pertanian, membuat materi promosi hasil pertanian, mengawasi kegiatan hubungan masyarakat, dan lain sebagainya.

3. Agriculture Operation Specialist

Profesi ini memiliki tugas untuk mendukung bisnis pertanian melalui pengaturan dan pengawasan fasilitas pertanian, pengaturan anggaran dan jadwal produksi, pengawasan staf, dan lain sebagainya.

4. Compliance Officer

Tanggung jawab utama profesi ini adalah memastikan fasilitas pertanian dan peternakan telah mematuhi peraturan yang berlaku melalui pengumpulan sampel, investigasi, dan melakukan inspeksi lapangan.

5. Konsultan Pertanian

Tugas utama profesi ini adalah memberikan saran dan pengetahuan mengenai produksi pertanian, khususnya melalui workshop, evaluasi fasilitas pertanian, penyusunan rencana pengembangan produksi pertanian dan lain sebagainya, melalui kerjasama dengan lembaga pemerintahan, pendidikan maupun swasta.

6. Market Analyst

Profesi ini umumnya bertugas melakukan riset atau analisis data pasar yang berhubungan dengan supply dan demand di bidang pertanian yang kemudian digunakan oleh petani, produsen, dan perusahaan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

7. Quality Assurance

Secara umum, tanggung jawab profesi ini adalah memastikan tingkat kualitas produk pertanian dan peternakan yang dihasilkan sudah sesuai dengan standar yang diinginkan sebelum masuk ke pasar.

8. Agricultural Systems Manager

Profesi yang ini bertugas untuk mengawasi penggunaan berbagai tools dan teknologi agar produksi pertanian dapat berjalan dengan efektif. Selain itu, profesi ini juga bertanggung jawab untuk pembelian dan instalasi teknologi di berbagai fasilitas pertanian.

9. Pegawai Pemerintahan

Tentu saja, lulusan jurusan agribisnis juga bisa bekerja di berbagai instansi pemerintahan, termasuk di antaranya Kementerian Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, dan lain sebagainya. Melalui berbagai instansi pemerintahan, lulusan jurusan agribisnis dapat berkontribusi dalam pembuatan kebijakan di bidang pertanian dalam skala nasional.

10. Dosen

Prospek kerja Jurusan Agribisnis terakhir dalam daftar ini adalah Dosen. Lulusan Agribisnis juga dapat menjadi pendidik profesional di berbagai perguruan tinggi untuk melakukan penelitian dan membimbing mahasiswa di bidang studi agribisnis dan bidang studi terkait lainnya. Namun, seorang lulusan Agribisnis yang ingin menjadi dosen minimal harus menempuh pendidikan hingga S2.

 

Baca Juga: Berminat Studi Jurusan Agribisnis di Australia? Simak Berbagai Info Penting Kuliah di Australia

 

Nah, itu dia, Hunters, prospek kerja Jurusan Agribisnis yang bisa kamu coba. Kalau kamu lulusan Agribisnis, prospek kerja mana nih yang mau kamu tekuni?

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos universitas luar negeri

Ingin mengambil jurusan agribisnis di universitas luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan mendaftar jurusan agribisnis? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

prospek kerja jurusan agribisnis