7 Rekomendasi Buku SAT Terbaik untuk Pemula

 

Mempersiapkan diri sebelum menghadapi tes SAT merupakan hal penting untuk mendapatkan skor yang maksimal. Bagi Hunters yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, perlu diketahui bahwa beberapa negara  menjadikan tes SAT sebagai syarat masuk perguruan tinggi.

Tujuan pelaksanaan tes SAT adalah untuk mengukur kesiapan calon calon mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan S1 di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat. Oleh karena itu, memilih sumber belajar yang tepat merupakan salah satu faktor kunci untuk meraih skor tes SAT yang baik. 

 

Rangkaian Tes SAT

Terdapat tiga rangkaian yang diujikan dalam tes SAT, yaitu reading and writing, math, dan esai (opsional). Keseluruhan rangkaian tes umumnya berlangsung selama 3 jam, tidak termasuk bagian esai (opsional)

 

1. Reading and Writing

Bagian reading memfokuskan pada kemampuan membaca yang diikuti oleh pertanyaan-pertanyaan pemahaman tentang teks. Peserta tes akan diminta untuk membaca teks panjang, biasanya berupa artikel dari berbagai bidang (sastra, sejarah, ilmu sosial, dan sains). Alokasi waktu pada subtest ini adalah 65 menit.

Sedangkan di bagian writing, peserta diminta untuk menemukan kesalahan dan melakukan revisi pada teks.  Bagian writing memerlukan ketelitian agar kamu dapat menemukan kesalahan teks baik dari tata bahasa, struktur kalimat, dan logika. Alokasi waktu pada subtest ini adalah 45 menit.

Keseluruhan bagian reading and writing mencakup total 52 pertanyaan. Skor yang didapatkan berkisar antara 200 – 800 dengan total maksimum 1600.

2. Math

Pada bagian subtest ini terdapat dua segmen yaitu segmen dengan kalkulator dan segmen tanpa kalkulator. Tiap segmen memiliki alokasi waktu yang berbeda, dengan kalkulator durasi yang diberikan adalah 55 menit dan 25 menit pada segmen tanpa kalkulator. 

Topik yang diuji meliputi aljabar, geometri, dan analisis data. Formal soal pada bagian ini merupakan kombinasi antara pilihan ganda dan melengkapi bagian kosong.  Skor yang didapatkan berkisar antara 200 – 800 dengan total maksimum 1600.

 

3. Esai (opsional)

Beberapa perguruan tinggi mungkin mewajibkan peserta mengerjakan esai. Biasanya siswa diminta untuk menganalisis argumen yang diberikan dengan penulisan yang terstruktur.

 

Syarat Mendaftar Tes SAT

Berikut adalah syarat pendaftaran untuk tes SAT:

 

1. Melakukan registrasi online 

Calon peserta harus membuat akun di situs resmi College Board (collegeboard.org) untuk melakukan pendaftaran. Buat akun, lalu pilih lokasi dan tanggal tes yang tersedia.

 

2. Biaya pendaftaran

Biaya tes SAT reguler adalah sekitar $55 (sekitar Rp825.000). Terdapat biaya tambahan jika ingin mengubah jadwal, atau lokasi. Jadi, sebelum mendaftar pastikan mengisi data dengan teliti ya Hunters!1a1 

 

 3. Siapkan dokumen yang diperlukan

Kartu identitas yang sah dan pas foto adalah persyaratan penting dalam pendaftaran dan pelaksanaan tes SAT. Calon peserta harus menyertakan kartu identitas yang diakui secara resmi, seperti paspor atau kartu identitas lain yang sesuai dengan persyaratan lokasi tes. Selain itu, pas foto yang jelas juga diperlukan untuk identifikasi pada hari ujian. 

 

Tertarik mendaftar program beasiswa luar negeri tapi belum menguasai SAT? 

Yuk konsultasi dengan Schoters untuk bantu kamu mempersiapkan diri mengikuti tes SAT!

Silahkan klik tombol di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

7 Rekomendasi Buku SAT Terbaik untuk Pemula

 

7 Rekomendasi Buku Latihan SAT Terbaik untuk Pemula

Artikel ini akan membahas rekomendasi buku SAT yang cocok bagi pemula. Simak kelebihan buku dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu Hunters!

 

 1. Buku Kaplan’s SAT Prep Plus

Buku Kaplan’s SAT Prep Plus

Rekomendasi buku SAT pertama adalah Kaplan’s SAT Prep Plus. Buku ini memberikan rangkuman penjelasan mengenai test SAT, cara pengerjaan, jenis pertanyaan apa yang akan ditemukan pada saat pengerjaan test SAT. Terdapat lebih dari 1.500 soal latihan yang dilengkapi dengan penjelasan jawaban dan praktik tes dengan pola pertanyaan yang disesuaikan dengan tes sebenarnya. 

Buku ini akan sangat membantu bagi pemula yang ingin memahami format dan tipe soal dalam tes SAT. Harga buku ini berkisar antara Rp578.000 hingga 705.000.

 

2. SAT Prep Black Book Second Edition


SAT Prep Black Book Second Edition

SAT Prep Black Book memberikan wawasan mendalam tentang strategi menyelesaikan SAT. Rekomendasi buku SAT kedua ini tidak hanya memberikan soal latihan tetapi juga menyediakan saran berguna, strategi, tips dan trik untuk pemahaman logika di balik soal-soal tersebut. 

Fokusnya lebih pada pemahaman pola pertanyaan dan strategi menjawab soal.  Terkadang terdapat beberapa pertanyaan menjebak yang membuat bingung, buku ini mengajarkan cara menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Buku ini dibandrol dengan harga Rp700.000 hingga Rp850.000.

 

3. Barron’s SAT Study Guide

Barron’s SAT Study Guide

Jika kamu mencari buku yang memfokuskan pada latihan soal SAT, rekomendasi buku SAT ini akan cocok untuk kamu. Barron’s SAT Study Guide menyediakan 4 soal latihan yang terdapat di dalam buku dan 2 soal latihan yang dapat diakses melalui online. 

Buku ini juga dapat membantu Hunters memahami cara kerja SAT melalui latihan soal yang diberikan, serta memperbaiki kekurangan pemahaman pada bagian tes tertentu. Dengan melakukan latihan tes secara rutin, Hunters akan terbiasa dengan penggunaan kalimat yang rumit dan dapat menghindari pertanyaan menjebak. Hunters dapat membeli buku ini dengan harga Rp742.000 – Rp900.000

 

4. College Board’s Official SAT Study Guide

College Board’s Official SAT Study Guide

Rekomendasi buku SAT selanjutnya adalah College Board’s Official SAT Study Guide yang diterbitkan langsung oleh pembuat tes SAT, College Board. Latihan soal di buku ini pada dasarnya dibuat semirip mungkin dengan tes ujian SAT yang sebenarnya, sehingga soal-soal yang disajikan sangat akurat dan sesuai dengan format yang digunakan dalam tes SAT yang sebenarnya. 

Selain itu, buku  ini menyajikan delapan soal ujian lengkap dari tes SAT tahun-tahun sebelumnya, menjadikannya sumber yang paling lengkap dan akurat bagi Hunters yang ingin mempelajari latihan soal untuk tes SAT. Kisaran harga buku ini mulai dari Rp742.000 – Rp1.000.000 tergantung edisi buku.

 

5. Princeton Review SAT Premium Prep

Princeton Review SAT Premium Prep

Rekomendasi kelima buku SAT dari Schoters adalah Princeton Review SAT Premium Prep. Buku ini mirip dengan buku Barron yang memberikan gambaran lengkap tentang tes SAT, mulai dari konsep, tips dan trik,  hingga strategi untuk mengatur waktu dan menghadapi soal-soal tes. 

Kelebihan buku ini yaitu menyertakan empat tes latihan lengkap di dalam buku, serta akses tambahan kelima tes online. Setiap soal dilengkapi dengan jawaban dan penjelasan mendetail, hal ini akan membantu membentuk pola pikir yang tepat pada saat ujian SAT sebenarnya. 

Isi buku yang terorganisir dan tersusun dengan baik merupakan komponen ideal sebagai  panduan belajar mandiri. Buku Princeton Review SAT Premium Prep dihargai sekitar Rp548.000 hingga Rp750.000

 

6. The Critical Reader: The Complete Guide to SAT Reading

The Critical Reader The Complete Guide to SAT Reading

The Critical Reader: The Complete Guide to SAT Reading adalah rekomendasi buku SAT yang memberikan strategi yang berguna untuk setiap jenis soal, dengan penjelasan langkah demi langkah, strategi, serta cara cepat. Buku ini memberikan tips untuk menyederhanakan bacaan yang sulit, dan cara mengidentifikasi informasi penting dengan cepat dan efisien. 

Selain itu, terdapat puluhan soal latihan bergaya tes yang dirancang untuk membantu Hunters terbiasa dengan format asli SAT. Ini memungkinkan kamu mendapatkan gambaran yang jelas tentang ujian yang sebenarnya, serta membantu memperkuat pemahaman terhadap materi. Harga buku ini sekitar $28, belum termasuk  biaya pengiriman dan pajak ke Indonesia.

 

7. Hacking! SAT For Study Abroad

7 Rekomendasi Buku SAT Terbaik untuk Pemula

Nah, rekomendasi buku SAT terakhir yang akan dibahas adalah Hacking! SAT For Study Abroad. Dirancang oleh para expert di bidangnya, kamu bisa mendapat buku panduan yang mencakup keseluruhan materi SAT untuk meraih skor 1350+ pada ujian SAT.

Keunggulan utama buku ini adalah penggunaan pendekatan praktis yang mencakup keseluruhan materi SAT, menjadikannya pilihan tepat bagi Hunters yang berencana melanjutkan S1 ke luar negeri. Tak hanya itu, buku ini dilengkapi dengan tips dan trik sukses dari para alumni bimbingan Schoters yang bisa memaksimalkan persiapan kamu di mana saja. 

 

Tunggu apalagi, buat kamu yang ingin meraih skor tinggi di SAT dengan cara yang lebih efektif dan efisien, dapatkan buku Hacking SAT For Study Abroad sebagai solusi terbaik untuk kamu!

Dalam persiapan menghadapi ujian SAT, pemilihan buku panduan yang tepat memiliki dampak besar terhadap peningkatan skor dan rasa percaya diri. Bagi pemula, penting untuk memilih buku yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing. Hunters bisa merujuk pada rekomendasi buku SAT di atas untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu!

 

Baca juga: 6 Rekomendasi Buku IELTS Terbaik untuk Pemula