Mengenal RMIT University Lebih Dekat

Ingin belajar di Australia namun bingung memilih untuk belajar dimana?

Salah satu kota di Australia yang barangkali bisa kamu masukkan ke dalam daftar kamu adalah Melbourne, salah satu kota di Australia yang secara konsisten masuk ke dalam daftar kota pelajar terbaik di Australia maupun dunia setiap tahunnya. Relatif rendahnya biaya hidup yang harus dikeluarkan, beragamnya budaya yang bisa ditemui di Melbourne, kota yang relatif aman hingga banyaknya kesempatan kerja yang bisa didapatkan saat kuliah maupun setelah lulus, merupakan beberapa alasan utama yang membuat Melbourne terus menjadi salah satu destinasi studi paling favorit dunia.

Tentu saja, alasan paling utama yang mendorong banyak mahasiswa untuk terbang ke Melbourne adalah deretan universitas kelas dunia yang berlokasi di Melbourne – termasuk salah satunya Royal Melbourne Institute of Technology atau yang biasa disingkat menjadi RMIT University. RMIT University yang sudah berdiri sejak tahun 1887 ini adalah salah satu universitas negeri Australia yang berorientasi riset yang memiliki spesialisasi bidang technology, design dan enterprise serta memiliki banyak partnership menarik dengan banyak industri di tingkat nasional maupun internasional.

Sebelum memutuskan untuk mendaftar masuk ke RMIT University, ada beberapa informasi menarik yang perlu kamu ketahui sebelum mulai mempersiapkan diri masuk ke universitas ini. Apa saja informasi tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.  

 

Informasi Umum Tentang RMIT University

Berikut adalah beberapa informasi umum tentang RMIT University yang perlu kamu ketahui.

Lokasi, peringkat dan sistem pendidikan RMIT University

RMIT University memiliki 3 (tiga) kampus utama dan 2 (dua) situs pelatihan yang berlokasi di kota Melbourne yang, tidak hanya merupakan salah satu kota pelajar terbaik di dunia namun sering mendapat julukan world’s most liveable city. Selain itu, RMIT juga memiliki 2 (dua) kampus cabang di Vietnam, sebuah pusat penelitian dan kolaborasi industri di Spanyol serta membuka beragam program melalui kerjasama dengan mitra yang tersebar di banyak negara, mulai dari Hongkong hingga Srilangka.

Secara akademik, RMIT University secara konsisten terus berada dalam deretan teratas perguruan tinggi terbaik di dunia. Berdasarkan daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis oleh QS Tahun 2023, RMIT University berhasil mencapai peringkat 190 perguruan tinggi terbaik dunia. Selain itu, RMIT University juga berhasil menjadi salah satu institusi pendidikan yang mendapatkan rating 5 bintang dari QS berkat track record penelitian yang baik dan berbagai fasilitas kelas dunia yang dimiliki universitas.

Salah satu hal yang paling menarik dari RMIT University adalah sistem pendidikan tingginya yang bersifat dual-sector, yang berarti pendidikan yang ditawarkan di RMIT University merupakan kombinasi dari keahlian yang bersifat praktis (vocational) serta pendidikan tinggi yang bersifat akademis dalam satu institusi. Kurikulum, materi belajar dan program studi yang dibuka di RMIT University banyak menyesuaikan dengan kebutuhan serta perkembangan dunia kerja yang terbaru, sehingga mahasiswa RMIT bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk praktik bekerja sambil belajar. Beberapa perusahaan yang bekerjasama dengan RMIT University adalah BMW, Deloitte, Adidas dan L’OReal. 

Tidak heran kalau kemudian, RMIT University memiliki graduate employability yang tinggi atau dengan kata lain, kemampuan lulusan RMIT University untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari kuliah sangat tinggi. Berdasarkan daftar Graduate Employability Ranking yang dirilis oleh QS pada tahun 2022, RMIT University berhasil menduduki peringkat 1 di Australia dan peringkat 43 dunia untuk tingkat graduate employability universitas global.  

Kegiatan kemahasiswaan di RMIT University

Selain kegiatan perkuliahan, mahasiswa di RMIT University juga mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan lebih dari 100 klub mahasiswa yang ada di universitas, mulai dari klub olahraga, klub spiritual, klub dansa, klub literatur, klub menggambar dan masih banyak lagi.

Selain bergabung dengan berbagai macam klub yang menarik, mahasiswa di RMIT University juga bisa menjadi bagian dari banyak komunitas kreatif di kampus, berkontribusi dalam badan kemahasiswaan di bawah RMIT University Student Union (RUSU) sekaligus juga mengikuti berbagai kegiatan menarik yang diselenggarakan secara berkala di kampus, termasuk berbagai career fairs, tur wisata sampai screening film khusus untuk mahasiswa.    

Fasilitas mahasiswa di RMIT University

Untuk mendukung proses belajar mengajar, RMIT University juga menyediakan berbagai fasiitas yang menarik untuk mahasiswa termasuk di antaranya :

  1. Swanston Academic Building, gedung perkuliahan RMIT University yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih

  2. RMIT Trading Facility, fasilitas pelatihan RMIT University yang menerima data langsung atau live data dari Thomson Reuters, sumber global berbagai informasi intelijen untuk pelaku bisnis dan pekerja professional.

  3. Beragam fasilitas penelitian kampus mulai dari Food Research and Innovation Centre sampai Micro Nano Recearch Facility

  4. Fasilitas parkir sepeda gratis yang tersebar di seluruh penjuru kampus

  5. RMIT Sport Centre, sebuah pusat kebugaran yang memiliki fasilitas olahraga indoor dan outdoor

  6. Bioskop The Capitol yang ikonik, dan masih banyak lagi.

 

Jurusan Yang Tersedia di RMIT University

RMIT University membuka banyak program studi untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari jenjang Sarjana, Master hingga Doktoral. Bidang studi yang ditawarkan pun beragam, mulai dari architecture, art, aviation, biomedical sciences, building, business, communication, design, education, engineering, environment, fashion, health, information technology, law, media, property, psychology, science serta social and community. 

Selain program studi pada jenjang pendidikan tinggi, RMIT University juga membuka banyak program lainnya seperti program persiapan studi yang mempersiapkan calon mahasiswa untuk mengikuti kegiatan belajar di RMIT University dan juga program pertukaran pelajar. 

Rata-rata program studi di RMIT University membuka 2 (dua) kali penerimaan mahasiswa baru yaitu :

  1. January Intake untuk perkuliahan yang dimulai pada bulan Januari. Untuk January Intake, pendaftaran mahasiswa baru umumnya dibuka di RMIT University sekitar bulan Oktober setiap tahunnya.  
  2. July Intake untuk perkuliahan yang dimulai bulan Juli. Untuk July Intake, pendaftaran mahasiswa baru umumnya dibuka di RMIT University sekitar bulan Mei setiap tahunnya.  

 

Persyaratan Masuk RMIT University

Untuk mendaftar masuk ke RMIT University, berikut adalah beberapa tahapan utama yang perlu kamu ikuti. 

Mencari program studi yang diinginkan

Tahap pertama yang perlu dilakukan saat mendaftar ke RMIT University adalah mencari program studi yang kamu mau dan sesuai dengan jenjang pendidikan yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk memastikan timeline waktu pendaftaran untuk program pendidikan yang kamu tuju, karena tidak semua program studi membuka pendaftaran mahasiswa baru di tengah tahun (July Intake) sehingga kamu hanya bisa mendaftar 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun. 

Memastikan persyaratan masuk untuk program studi yang dituju

Persyaratan masuk yang dibutuhkan untuk mendaftar ke RMIT University dapat berbeda-beda tergantung program studi yang dituju.

Secara umum, persyaratan masuk yang dibutuhkan untuk menjadi mahasiswa di RMIT University antara lain :

  1. Persyaratan usia minimal 18 (delapan belas) tahun. Pelajar internasional yang belum mencapai usia 18 (delapan belas) tahun yang ingin mendaftar masuk ke program studi di RMIT University harus bisa menunjukkan sumber pendanaan (welfare arrangement) agar bisa mendapatkan visa pelajar di Australia.

  2. Menunjukkan bukti kemampuan berbahasa Inggris dengan menggunakan hasil skor bahasa Inggris yang diterima secara internasional, seperti IELTS Academic, TOEFL iBT atau PTE Academic. Skor minimal yang diterima berbeda-beda tergantung program studi dan jenjang pendidikan yang dituju namun rata-rata, program studi menerima mahasiswa dengan skor IELTS Academic minimal 6.5 (tidak ada band yang kurang dari 6.0), TOEFL iBT minimal 79 dan PTE Academic minimal 58.

  3. Persyaratan akademik khusus yang ditetapkan oleh program studi tujuan, seperti ijazah SMA dan IPK  

  4. Persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh program studi tujuan, seperti portofolio, dokumen tambahan lain dan wawancara.  

 

Baca Juga: Agar CV Dapat Tembus Beasiswa

 

Mengumpulkan dokumen pendukung

Untuk mendaftar ke RMIT University, beberapa dokumen pendukung wajib yang dibutuhkan antara lain :

  1. Transkrip nilai dari jenjang pendidikan sebelumnya

  2. Ijazah dari jenjang pendidikan sebelumnya, yang mencantumkan nama gelar, tanggal gelar diperoleh dan nama penerima gelar

  3. Bukti kemampuan Bahasa Inggris, sesuai persyaratan program studi

  4. Dokumen lain yang dibutuhkan seperti kopi paspor, terjemahan dokumen dalam Bahasa Inggris, resume atau CV, personal statement, surat rekomendasi dari atasan, surat dari penyedia beasiswa, proposal penelitian dengan 2 (dua) nama supervisor penelitian dan daftar penelitian yang pernah dilakukan.

Mengunggah Berkas dan Dokumen Pendukung Ke Portal Pendaftaran Online

Setelah semua berkas persyaratan dan dokumen pendukung selesai dikumpulkan, kamu bisa mengunggah semua dokumen ke dalam portal pendaftaran online yang tersedia.

 

Beasiswa Yang Dapat Dicoba di RMIT University

Pelajar internasional yang tertarik melanjutkan pendidikan tinggi di RMIT University dapat mencoba beberapa alternatif beasiswa sebagai berikut.

Australia Awards Scholarship

Australia Awards Scholarship (AAS) adalah beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Australia setiap tahunnya untuk pelajar internasional dari berbagai negara, termasuk Indonesia, untuk melanjutkan pendidikan pasca sarjana jenjang S2 dan S3 untuk berbagai bidang studi. Setiap tahunnya, AAS menentukan area prioritas untuk bidang studi yang bisa dipilih oleh calon penerima beasiswa.

Beasiswa AAS termasuk kategori beasiswa fully funded, yang mencakup beberapa hal seperti biaya kuliah, biaya penerbangan, uang saku bulanan selama menempuh pendidikan, biaya pelatihan persiapan sebelum studi dimulai, biaya asuransi kesehatan dan masih banyak lagi.

Beasiswa AAS biasanya dibuka dari bulan Februari – April setiap tahunnya.

 

Baca Juga: Ingin Kuliah Sambil Healing? Intip 3 Universitas Dengan Tempat Wisata Pelajar Menarik di Sydney!

 

Academic Merit Scholarship

Academic Merit Scholarship adalah beasiswa yang diberikan RMIT University kepada pelajar internasional dari negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yang sudah diterima di salah satu program studi di RMIT University untuk seluruh jenjang pendidikan yang ada di universitas serta memiliki IPK minimal 2.5 atau nilai rata-rata 70% pada jenjang pendidikan sebelumnya. Beasiswa ini termasuk kategori beasiswa partial, yang memberikan pembebasan biaya kuliah sebesar 20%.  

RMIT University Research Scholarship

RMIT University Research Scholarship adalah beasiswa yang diberikan RMIT University kepada pelajar internasional yang ingin melakukan riset di RMIT University, melalui program studi Master by Research atau PhD, untuk bidang studi STEM, business and law dan design and social context.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

LPDP adalah program beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Indonesia kepada pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3 di banyak universitas di luar negeri, termasuk RMIT University. Di tahun 2023, beasiswa LPDP untuk RMIT University dibuka khusus untuk bidang Art and Design.

Beasiswa LPD merupakan beasiswa fully funded yang mencakup beberapa hal antara lain biaya kuliah termasuk biaya pendaftaran, tunjangan buku, tunjangan penelitian, tunjangan seminar internasional dan tunjangan publikasi jurnal internasional, tunjangan hidup bulanan selama periode studi, tunjangan kedatangan, biaya asuransi kesehatan, biaya perjalanan, biaya aplikasi visa serta tunjangan keluarga (hanya untuk pendaftar program studi Doktoral).

 

Baca Juga: Tips Kuliah Gratis Dengan LPDP

 

MORA-RMIT University Scholarship

MORA-RMIT University Scholarship adalah program beasiswa yang dibuka oleh Kementerian Agama, Republik Indonesia yang bekerjasama dengan RMIT University untuk mahasiswa Indonesia yang berminat mengambil program studi doktoral di RMIT University. Beberapa bidang studi prioritas yang dibuka dalam skema program beasiswa ini antara lain bidang building, business, communication, education, health science, law, science dan social science.

Program beasiswa ini mencakup pembebasan biaya kuliah sepenuhnya selama durasi studi maksimal 4 (empat) tahun, tunjangan bulanan, tunjangan buku, tunjangan kedatangan, biaya asuransi kesehatan, biaya perjalanan, biaya konferensi, biaya penelitian dan tunjangan keluarga, apabila dibutuhkan.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Masuk RMIT University

Ingin lolos masuk ke RMIT University? Yuk konsultasi langsung dengan konsultan expert Schoters supaya persiapan kamu mendaftar RMIT University menjadi lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan mendaftar masuk ke RMIT University? Jangan lupa untuk cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)