Melanjutkan Pendidikan Master dengan Schwarzman Scholarship

Memahami Cina, sebagai salah satu negara adidaya dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia, menjadi sangat krusial artinya bagi percaturan politik dan ekonomi global. Beasiswa Schwarzman (Schwarzman Scholarship) adalah beasiswa yang memberikan kesempatan besar kepada calon pemimpin muda dari berbagai negara untuk memahami Cina dalam konteks sosio-kultural, ekonomi, dan geopolitik dari dekat, sehingga kemudian dapat mendukung terwujudnya kerjasama di berbagai bidang antara Cina dan negara-negara lain di dunia.  

Untuk mendukung tujuan ini, setiap tahunnya, Beasiswa Schwarzman memberikan beasiswa kepada rata-rata 200 orang mahasiswa dari Amerika Serikat, Cina dan seluruh dunia untuk mengikuti program Master selama 1 (satu) tahun di bidang studi Global Affairs di Tsinghua University, universitas terbaik di Asia. Sejak dibuka pada tahun 2015, Beasiswa Schwarzman sudah menjadi salah satu program beasiswa yang paling kompetitif di dunia dan telah diikuti oleh peserta dari 81 negara.

Persyaratan Umum Beasiswa

Persyaratan umum yang diperlukan untuk mengikuti program beasiswa ini adalah:

  • Berusia 18-28 tahun
  • Sudah menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya dan memiliki ijazah Sarjana
  • Lancar berbahasa Inggris

             Baca Juga: Simak juga Chinese Government Scholarship (CGS), Beasiswa CGS Tiongkok

Prosedur Aplikasi dan Dokumen yang Diperlukan

Aplikasi untuk program Beasiswa Schwarzman seluruhnya dilakukan secara online, dengan menggunakan bahasa Inggris. 

Dokumen yang dibutuhkan untuk mengikuti program beasiswa ini antara lain:

  1. Resume terbaru (maksimal 2 halaman)
  2. 2 (dua) jenis esai berupa Leadership Essay (sebanyak 750 kata) dan Statement of Purposes (500 kata) yang merupakan bagian penting dalam aplikasi beasiswa. Kedua esai akan membantu selection committee untuk membantu memahami calon pelamar beasiswa dari segi kepribadian, kepemimpinan, kemampuan menulis serta analisis
  3. Scan ijazah dan transkrip pendidikan tinggi
  4. 3 (tiga) surat rekomendasi. Rekomendasi disarankan dapat diberikan oleh pihak yang memahami kemampuan intelektual, kepemimpinan dan karakteristik pribadi calon penerima beasiswa.  
  5. Video perkenalan diri selama kurang lebih 1 (satu) menit. Calon pelamar beasiswa dipersilahkan untuk membuat video dengan gaya pilihan masing-masing.

Hanya dokumen-dokumen yang disebutkan di atas saja yang harus disertakan dalam aplikasi program beasiswa ini. Dokumen lain yang tidak disebutkan seperti portofolio, contoh tulisan, tambahan surat rekomendasi dan dokumen lain tidak perlu dimasukkan ke dalam aplikasi.

Deadline aplikasi untuk program Beasiswa Schwarzman adalah sekitar akhir bulan September untuk pelamar dari Amerika Serikat dan negara lainnya di dunia, dengan seleksi beasiswa yang dilaksanakan sekitar bulan Oktober–November. 

Untuk pelamar yang memiliki paspor Cina, program beasiswa akan ditutup sekitar bulan Mei, dengan seleksi beasiswa dilaksanakan sekitar bulan Juni–Juli. Program perkuliahan di Tsinghua University akan dilaksanakan pada bulan Agustus setiap tahunnya.

            Baca Juga : Informasi Pendaftaran Beasiswa MOE Taiwan untuk Kuliah S-1, S-2, atau S-3 di Taiwan 

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

schwarzman scholarship