Serba-Serbi Seleksi Mandiri PTN: Kuota, Biaya, hingga Jadwal

Kalau kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi, kamu perlu tahu bahwa berbagai PTN juga membuka mekanisme seleksi mandiri sebagai salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru. Melalui seleksi mandiri PTN, kamu bisa mendaftar di salah satu perguruan tinggi negeri tujuanmu. 

Tapi, apa yang dimaksud dengan seleksi mandiri PTN? Universitas mana saja yang menyelenggarakan seleksi mandiri PTN dan apa saja persyaratannya? Lalu ada alternatif apa lagi yang tersedia bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, selain seleksi mandiri PTN? Simak informasi lengkap tentang serba-serbi seleksi mandiri PTN di bawah ini.

 

Seleksi Mandiri PTN

Seleksi mandiri PTN adalah mekanisme penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan langsung oleh PTN yang bersangkutan. Dengan demikian, persyaratan pendaftaran, tata cara seleksi, timeline seleksi, dan biaya pendaftaran berbeda-beda tergantung dari universitas yang menyelenggarakan ujian mandiri PTN. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang seleksi mandiri PTN.

Kuota seleksi mandiri PTN

Untuk jenjang S1, seleksi mandiri PTN biasanya diselenggarakan setelah seleksi terpusat seperti SNMPTN dan UTBK-SBMPTN. Sehingga, seleksi mandiri PTN biasanya dijadikan opsi jalur terakhir bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. 

Kuota seleksi mandiri PTN juga tidak sebesar kuota jalur seleksi lainnya, yaitu maksimal sebesar 30% dari jalur seleksi yang tersedia di PTN (pengecualian diberikan kepada PTN yang berbadan hukum seperti UI, ITB dan UGM yang dapat membuka kuota seleksi mandiri hingga 50% dari jalur seleksi yang tersedia). Oleh karena kuota yang tidak besar, seleksi mandiri PTN terkadang bisa lebih kompetitif dibandingkan jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya sehingga calon mahasiswa yang berminat untuk mengikuti seleksi mandiri PTN, harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar lolos seleksi.

Kesempatan mengikuti banyak seleksi mandiri PTN

Karena ujian mandiri PTN dikelola secara mandiri, calon mahasiswa juga bisa mendaftar pada banyak seleksi mandiri di banyak perguruan tinggi yang berbeda selama jadwal seleksi mandiri PTN yang diikuti tidak bertabrakan satu sama lain.

Biaya pendaftaran seleksi mandiri PTN

Biaya pendaftaran seleksi mandiri PTN umumnya lebih mahal dibandingkan seleksi terpusat yang diselenggarakan oleh negara, sehingga hal ini juga perlu menjadi salah satu pertimbangan saat memutuskan untuk mengikuti seleksi mandiri PTN. Jangan lupa, biaya kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa yang lolos diterima masuk PTN melalui jalur seleksi mandiri PTN juga umumnya berbeda dengan mahasiswa yang masuk melalui jalur lainnya.

Kebijakan seleksi mandiri PTN yang berbeda-beda

Tentu saja, mengingat seleksi mandiri PTN diselenggarakan secara mandiri, kebijakan seleksi mandiri PTN pun berbeda-beda tergantung perguruan tinggi masing-masing. Oleh karena itu, calon mahasiswa juga harus terus aktif mencari tahu informasi terbaru tentang kebijakan seleksi mandiri PTN yang ingin diikuti.

 

Daftar Universitas yang Membuka Seleksi Mandiri PTN

Lalu universitas mana saja yang membuka seleksi mandiri PTN? Simak daftar beberapa universitas yang membuka seleksi mandiri PTN beserta ketentuan seleksi mandiri PTN di masing-masing universitas di bawah ini.

1. Universitas Indonesia

Salah satu perguruan tinggi negeri terbaik Indonesia, Universitas Indonesia, juga membuka seleksi mandiri yang disebut dengan Seleksi Masuk UI (SIMAK UI). SIMAK UI sendiri adalah ujian seleksi terpadu masuk Universitas Indonesia yang diselenggarakan UI untuk calon mahasiswa yang ingin mengikuti program studi di UI, mulai dari program vokasi (D3 dan D4), Sarjana (S1), Sarjana Kelas Khusus Internasional (S1 KKI), Sarjana dan Vokasi dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (S1 RPL dan Vokasi RPL), Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Bagi calon mahasiswa yang berasal dari SMA atau sederajat yang sudah memiliki ijazah Paket C atau mendapatkan sertifikasi A Level, IB Diploma atau sudah mendapatkan surat penyetaraan dari Departemen Pendidikan Nasional dapat mengikuti SIMAK UI tanpa harus mengikuti UN (Ujian Nasional).

Materi Ujian

Materi ujian SIMAK UI S1 dan Vokasi 2023 terdiri dari :

1. Kemampuan Dasar (KD), yang terdiri dari matematika dasar, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

2. Kemampuan IPA (KA), yang terdiri dari Matematika, IPA, Fisika, Kimia, Biologi

3. Kemampuan IPS (KS), yang terdiri dari Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi

Biaya Pendaftaran

Untuk mengikuti Simak UI di tahun 2023, calon mahasiswa harus membayar biaya sejumlah berikut :

1. Biaya pendaftaran untuk SIMAK UI S1 dan Vokasi 2023 akan diinformasikan kemudian melalui portal Pendaftaran SIMAK UI.

2. Biaya pendaftaran SIMAK UI S1 RPL juga akan diinformasikan kemudian.

Timeline Seleksi Mandiri PTN

1. Untuk SIMAK UI S1 dan Vokasi, pendaftaran dibuka pada bulan Mei – Juni 2023, dengan ujian dan pengumuman hasil yang dikeluarkan pada bulan Juli 2023

2. Untuk SIMAK KKI, pendaftaran dibuka pada bulan Mei – Juni 2023, dengan ujian dan pengumuman hasil yang dikeluarkan pada bulan Juli 2023

3. Untuk SIMAK RPL, pendaftaran dibuka pada tanggal 19 Mei – 26 Juni 2023, dengan ujian dan pengumuman hasil yang dikeluarkan pada bulan Juli 2023

 

2. Universitas Gadjah Mada

Universitas terbaik Indonesia lainnya, Universitas Gadjah Mada, juga membuka jalur seleksi mandiri yang diberi nama Ujian Masuk – Computer Based Test UGM (UM-CBT UGM). Jalur seleksi mandiri ini menggunakan kombinasi nilai/skor UM-CBT UGM yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai/skor UTBK-SNBT. Dengan demikian, calon mahasiswa harus mengikuti dan memiliki skor UTBK-SNBT pada tahun berjalan.

Materi Ujian

Pendaftar jalur seleksi mandiri ini dapat memilih 2 (dua) jenis program studi pada program sarjana dan/atau program sarjana terapan di UGM. Kelompok ujian UM-CBT UGM terbagi menjadi 3 (tiga) jenis yaitu :

1. Kelompok ujian sains dan teknologi (saintek)

2. Kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum)

3. Kelompok ujian campuran (saintek dan soshum)

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran untuk seleksi mandiri di PTN di UGM dibedakan berdasarkan lokasi ujian dan kelompok ujian antara lain :

1. Lokasi Yogyakarta :

    a. Kelompok ujian saintek/soshum, biaya pendaftaran yang dibutuhkan adalah IDR 325.000

    b. Kelompok ujian campuran, biaya pendaftaran yang dibutuhkan adalah IDR 350.000

2. Lokasi Pekanbaru, Medan, Jakarta, Balikpapan, Makassar :

     a. Kelompok ujian saintek/soshum, biaya pendaftaran yang dibutuhkan adalah IDR 325.000

     b. Kelompok ujian campuran, biaya pendaftaran yang dibutuhkan adalah IDR 350.000

Timeline Seleksi Mandiri PTN

1. Pendaftaran untuk UM-CBT UGM Tahun 2023 dibuka pada tanggal 22 Mei – 13 Juni 2023

2. Pelaksanaan UM-CBT UGM Tahun 2023 dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut :

     a. Tanggal 21-23 Juni 2023 di Pekanbaru

     b. Tanggal 22-24 Juni 2023 di Medan

     c. Tanggal 23-25 Juni 2023 di Makassar

     d. Tanggal 24-26 Juni 2023 di Balikpapan

     e. Tanggal 1-8 Juli 2023 di Yogyakarta

     f. Tanggal 3-8 Juli 2023 di Jakarta

3. Pengumuman UM-CBT UGM Tahun 2023 dirilis pada tanggal 13 Juli 2023

 

Baca Juga: Simak Langkah-Langkah Mendaftar Ujian Mandiri

 

3. Institut Teknologi Bandung

Perguruan tinggi negeri lainnya yang juga membuka jalur seleksi mandiri PTN adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), yang dikenal dengan sebutan Jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). SM-ITB dibuka sebagai jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang akan berjalan tanpa subsidi biaya. Mahasiswa yang diterima ITB melalui program SM ITB bertanggung jawab untuk membiayai secara penuh pendidikan program sarjananya di ITB. Meskipun demikian, proses penerimaan SM-ITB tetap menggunakan kriteria kemampuan akademik sebagai kriteria kelulusan.

Khusus bagi calon peserta SM-ITB yang merupakan pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T, ITB membebaskan biaya pendaftaran SM-ITB dan biaya pendidikan di ITB.

Materi Ujian

Untuk SM-ITB, proses penerimaan mahasiswa baru akan menggunakan komponen penilaian berikut :

1. Hasil ujian seleksi (daring), nilai UTBK dan nilai raport (kecuali pendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain/FSRD) 

2. Hasil ujian seleksi (daring), nilai UTKB, nilai raport dan hasil tes keterampilan seni rupa (daring) bagi pendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

Materi yang akan diujikan pada SM-ITB 2023 adalah Matematika, yang diikuti oleh seluruh peserta SM-ITB dan Fisika (Mekanika), yang diikuti oleh calon mahasiswa yang memilih fakultas/sekolah/program studi bidang sains dan teknik.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SM-ITB tahun 2023 adalah sebesar IDR 500.000 per pendaftar, termasuk biaya pelaksanaan Ujian Seleksi dan Tes Kemampuan Seni Rupa (bagi pendaftar program FSRD). Masing-masing pendaftar dapat memilih paling banyak 3 (tiga) pilihan untuk SM-ITB.

Timeline Seleksi Mandiri PTN

1. Pendaftaran peserta secara daring pada tanggal 31 Mei – 30 Juni 2023

2. Pelaksanaan ujian seleksi secara daring pada tanggal 6 Juli 2023

3. Pelaksanaan Tes Kemampuan Seni Rupa pada tanggal 8 Juli 2023

4. Pengumuman hasil seleksi pada tanggal 19 Juli 2023

 

4. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran (Unpad) juga membuka seleksi mandiri PTN, yang disebut dengan SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran). SMUP dapat diikuti semua WNI yang lulus pada pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Atas di tahun 2021, 2022 dan 2023, dengan tidak harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta sebagai peserta SNMPTN/SNBP atau SBMPTN/SNBT. Pendaftar dapat memilih paling banyak 2 (dua) program studi sesuai minatnya dari kelompok yang sama atau berbeda. Terdapat 2 (dua) skema pendaftaran dan seleksi mandiri di Unpad antara lain :

1. Skema 1 : Peserta menggunakan nilai SNBT/UTBK 2023

2. Skema 2 : Peserta menggunakan nilai SMUP (untuk siswa lulusan tahun 2021, 2022, 2023)

Materi Ujian

Materi ujian SMUP berupa Ujian Tes Kemampuan Belajar (TKB) yang sepadan dengan ujian SNBT dan dilakukan secara daring.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran yang diperlukan untuk mengikuti SMUP UNPAD adalah sebagai berikut :

1. Skema 1 sebesar IDR 100.000

2. Skema 2 sebesar IDR 200.000

Timeline Seleksi Mandiri PTN

1. Pendaftaran peserta secara daring pada tanggal 28 Maret – 26 Juni 2023

2. Simulasi Ujian SMUP 20223 pada tanggal 5-6 Juli 2023

3. Pelaksanaan Ujian SMUP 2023 pada tanggal 8-10 Juli 2023  

4. Pengumuman pada tanggal 21 Juli 2023

 

 Alternatif Studi Di Luar Negeri

Kalau kamu tidak berhasil lolos seleksi mandiri PTN, kamu juga tidak perlu khawatir karena kamu masih punya banyak alternatif yang bisa kamu lakukan untuk menempuh studi, termasuk memilih perguruan tinggi di luar negeri. 

Melanjutkan pendidikan di luar negeri pun sesungguhnya tidak sesulit yang dipikirkan banyak orang. Kamu bisa mencoba mendaftar berbagai program beasiswa yang tersedia untuk mendukung proses studi di luar negeri, baik beasiswa partial sampai beasiswa fully funded yang mencakup seluruh komponen pembiayaan yang dibutuhkan saat belajar di luar negeri.

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara mencari perguruan tinggi di luar negeri yang sesuai dengan minat, bakat dan rencana karier di masa depan, kamu bisa mengikuti bimbingan kuliah ke luar negeri bersama Schoters Study Abroad Academy (SAA).

 

Baca Juga: Kuliah S1 di Belanda Yuk! Simak Info Beasiswa yang Bisa Kamu Coba disini

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri

Ingin dibimbing untuk mendapatkan pilihan beasiswa dan universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah. 

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa dan masuk universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

seleksi mandiri ptn